Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Membuat Rekaman Natal

Edisi C3I: e-Konsel 053 - Natal

"Dahulu kala leluhur kami menyanyikan lagu seperti pada hari ini didendangkan."

Natal adalah saat dimana keluarga besar biasanya berkumpul dan makan bersama. Manfaatkan saat-saat tersebut dengan merekamnya dengan video atau audio sebagai kenangan keluarga.

  • * Mintalah anggota keluarga Anda untuk menceritakan kenangan Natal favorit mereka. Mintalah mereka menceritakan saat-saat mengejutkan favorit mereka.

  • * Mintalah pada kakek nenek dan kerabat senior lainnya untuk menceritakan Natal ketika mereka masih anak-anak. Dorong anak-anak Anda untuk menanyakan pertanyaan tertentu. "Hadiah apa yang Kakek terima pada hari Natal? Bagaimana cara gereja Nenek merayakan Natal? Apakah pada masa Natal ada pertandingan sepak bola di televisi?"

  • * Jelajahi aneka perbedaan. Mungkin sukar bagi anak-anak untuk membayangkan bahwa orangtua atau kakek nenek mereka mempunyai keadaan atau kebiasaan yang berbeda. Seringkali anak-anak tidak tahu cukup banyak untuk menanyakan sesuatu yang memancing jawaban yang menarik. Beri mereka petunjuk. "Sayang, tahukah kau bahwa tempat tinggal Kakek waktu kecil udaranya sangat dingin pada musim dingin? Coba tanyakan apa yang beliau lakukan pada hari-hari bersalju. Tanyakan pada Kakek bagaimana cara merawat ternak ketika ada badai."

  • * Kalau kerabat yang datang mempunyai pengalaman merayakan Natal jauh dari rumah, pada masa perang, pada masa Depresi Panjang, atau di rumah sakit, tanyakan tentang Natal itu. Apa yang berbeda atau istimewa tentang tahun-tahun itu?

  • * Kalau kakek nenek anak Anda atau kerabat lain berimigrasi dari negara lain, tanyakan tentang kebiasaan yang mereka lakukan di negara kelahiran mereka.

  • * Apakah ada saudara ipar Anda yang berasal dari aliran gereja yang berbeda? Tanyakan tentang perayaan Natal mereka.

Jaga Agar Tetap Wajar

Dalam beberapa kasus, kerabat senior Anda mungkin malu berhadapan dengan kamera atau tape recorder. Kalau begitu, Anda mungkin bisa meletakkan perekam agak tersembunyi (dengan ijin orang tersebut, tentu saja), supaya orang yang diwawancarai tidak merasa kaku. Jaga agar percakapan tetap wajar. Biarkan lelucon dan jawaban spontan dari anak-anak Anda.

Kalau ada acara nyanyi bersama keluarga, memainkan musik Natal, acara lelucon, atau aneka pertunjukan, atau kalau Anda mengadakan program Natal khusus sebagai keluarga, rekamlah itu juga.

Kenangan di atas pita ini akan menjadi semakin berharga sebagai harta keluarga seiring berlalunya waktu. Mungkin Anda ingin membuat duplikat kaset itu dan memberi satu copy pada tiap orang yang hadir. Seiring berlalunya tahun, keluarga Anda akan mempunyai rekaman acara dan kebiasaan keluarga yang indah.

Sumber
Halaman: 
93 - 95
Judul Artikel: 
52 Cara Sederhana Membuat Natal Menjadi Istimewa
Penerbit: 
Interaksara, Batam, 1999

Komentar