Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Sakit yang Aneh?

PERTANYAAN ANDA

Kepala saya sering pusing, namun pemeriksaan medis menunjukkan bahwa saya sehat dan tidak ada gangguan apa-apa. Dapatkah Bapak memberikan penjelasan atas gejala yang saya alami ini?

Apabila dokter medis sudah menyatakan bahwa Anda sehat dan tidak menderita gangguan apa pun, dugaan saya adalah Anda menderita gangguan psikosomatik, yaitu gangguan fisik yang disebabkan oleh faktor kejiwaan. Dalam kasus Anda, saya meminta Anda untuk menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini: 1. Bagaimanakah Anda bereaksi tatkala orang lain melukai perasaan Anda? Berdiam diri atau mengkonfrontasikannya? 2. Akhir-akhir ini seringkah Anda dilukai oleh orang lain atau tertekan oleh situasi tanpa Anda berdaya untuk mengatasinya? 3. Mudahkah bagi Anda mengungkapkan atau membicarakan perasaan Anda dengan orang lain?

Apabila jawaban Anda untuk Pertanyaan 1 adalah berdiam diri, Pertanyaan 2 adalah sering, dan Pertanyaan 3 adalah tidak, kemungkinan besar memang Anda sedang menderita tekanan atau stres yang berlebihan namun tidak dapat diatasi. Stres yang berlebihan acap kali mengakibatkan ketegangan secara fisik dan yang biasanya terpengaruh adalah otot-otot di sekitar bahu dan leher. Ketegangan di sekitar bahu dan leher menjalar ke kepala, yang akhirnya Anda rasakan sebagai rasa pusing atau pening.

Saya mohon maaf oleh karena keterbatasan ruangan, saya tidak bisa membahas penyelesaiannya. Di samping itu, saya memang tidak dapat membicarakan penyelesaiannya secara terarah tanpa saya mendengar lebih lanjut tentang penyebab ketegangan Anda. Saya sarankan agar Anda menghubungi gembala sidang Anda atau kami di sini untuk konsultasi lebih lanjut. Terima kasih.

Sumber
Halaman: 
--
Judul Artikel: 
Parakaleo (Edisi Juli - Sept. 1995)
Penerbit: 
Dept. Konseling STTRI

Komentar