Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Tips: Menghadapi Dosa

Edisi C3I: e-Konsel 058 - Manusia dan Dosa

Seandainya Saudara harus berhadapan muka dengan seseorang anggota gereja yang berbuat dosa, bagaimana cara yang terbaik untuk menghadapinya?

PERTAMA, telitilah dahulu motif Saudara. Apakah Saudara melakukan hal ini benar-benar untuk kebaikan orang itu dan kebaikan seluruh jemaat, atau apakah Saudara melakukannya karena ingin membalas dendam atau karena ingin mempermalukan orang itu?

KEDUA, telitilah faktanya. Apakah itu memang benar atau hanya kabar burung? Apakah Saudara yakin bahwa semua fakta itu betul?

KETIGA, temuilah orang itu secara pribadi dan terangkan mengapa Saudara menganggap kelakuannya itu salah dan merugikan dirinya maupun jemaat Tuhan.

Jikalau orang itu menolak untuk mendengarkan atau melihat bahwa kelakuannya itu salah, maka dalam situasi seperti itu sebaiknya Saudara menghadap pemimpin gereja dan menyerahkan kepada mereka untuk menyelesaikannya (Matius 18:15-17). Petunjuk-petunjuk ini tidak berlaku untuk pertengkaran atau percekcokan yang kecil-kecil, melainkan hanya untuk dosa terang-terangan yang mencolok, yang sangat menganggu usaha gereja atau pertumbuhan orang percaya lainnya.

Sumber
Halaman: 
774
Judul Artikel: 
Pola Hidup Kristen
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas, Malang, 2002

Komentar