Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Bebas dari Minuman Keras

Tips berikut ini dapat Anda bagikan kepada mereka yang ingin bebas dari kecanduan minuman keras:

  1. Sekarang adalah saatnya untuk bebas dari obat-obatan. Bebas dari obat-obatan berarti menjadi bebas dari segala obat-obatan, termasuk minuman keras. Hal ini tidak mungkin dilakukan sendiri, oleh karena itu Anda perlu ikut serta dalam sebuah program penyembuhan.

  2. Sembuh dari kecanduan minuman keras adalah proses yang panjang, yang tidak hanya dalam satu waktu saja. Anda harus menjalani program ini melalui proses setahap demi setahap. Proses ini membutuhkan waktu agar pikiran dan tubuh Anda dapat sembuh kembali dan Tuhan dapat mengubah Anda.

  3. Carilah pertolongan dari seseorang yang berkualitas. Jangan mencoba melakukannya sendiri.

  4. Jangan menyerah jika Anda kambuh. Tidak pernah ada kata terlambat untuk kembali ke jalan yang benar. Allah kita adalah Allah yang akan memberikan kesempatan kedua bahkan lebih.

  5. Jangan berjuang melawan minuman keras dengan menggunakan kekuatan Anda sendiri. Kita harus bergantung pada kekuatan dan kuasa Allah untuk tetap bebas dari minuman keras. Baca Galatia 5:16 dan Filipi 4:13.

  6. Anda harus menjauhi semua minuman keras dan teman-teman Anda yang menggunakan minuman keras. Bergabung bersama mereka merupakan cara paling mudah untuk kambuh. Seperti tertulis dalam 1Korintus 15:33, "Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik."

  7. 7. Jangan terkejut apabila Anda tergoda untuk menggunakan minuman keras lagi. Godaan itu sendiri bukanlah dosa - itu merupakan keadaan (lihat 1Korintus 10:13; Yakobus 1:13-15).

  8. Akuilah bahwa berbohong pada diri sendiri adalah lebih mudah daripada berbohong kepada orang lain yang Anda kenal. Anda harus sadar dengan kemampuan Anda untuk menganggap benar sikap dan perilaku yang salah (baca Yeremia 17:9; Mazmur 51:6).

  9. Jangan bangga dan merasa cukup saat Anda menjadi bebas dari minuman keras, karena Anda tidak dapat mengklaim kesembuhan Anda. "Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan." (Amsal 16:18)

  10. Percayalah kepada Tuhan. Ia mengetahui keinginan di dalam hati Anda. Hukum Murphy tidak mengontrol kehidupan orang Kristen (Roma 8:28).

  11. Setiap hari sediakan waktu bagi Tuhan. Ia mengetahui masalah dan keinginan Anda (Matius 6:25-34; Filipi 4:6-7).

  12. Setiap hari sediakan waktu untuk berdoa. Doa adalah "perekat" agar kita tetap dekat kepada Allah. Melalui doa, Allah dapat mengubah kita (Yakobus 5:13-18).

  13. Bacalah Alkitab Anda setiap hari. Firman Allah mempunyai jawaban dari masalah-masalah Anda dan petunjuk yang Anda butuhkan (Mazmur 3:5-6).

  14. Hadirilah kebaktian di gereja setiap minggu. Gereja adalah tempat dimana Anda dapat menyembah dan melayani Tuhan. Anda akan bertumbuh saat Anda menyerahkan diri (Ibrani 10:24-25).

  15. Buatlah sebuah sistem yang mendukung, buatlah sebuah kelompok yang terdiri dari orang-orang Kristen lain dimana Anda dapat sharing mengenai pergumulan Anda dan Anda menerima dukungan dari mereka. Sistem yang seperti ini akan menolong Anda dalam mengatasi tekanan hidup (Galatia 6:1-2).

  16. Ingatlah doa berikut ini: Allah, berilah saya kemampuan untuk menerima sesuatu yang tidak dapat kuubah keberanian untuk mengubah hal-hal yang dapat kuubah dan kebijaksanaan untuk mengetahui pebedaan.

Sumber
Halaman: 
504
Judul Artikel: 
Christian Counseling a Comprehensive Guide
Penerbit: 
Word Publishing, USA, 1988

Komentar