Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Memulihkan Patah Hati

Edisi C3I: e-Konsel 153 - Cinta Pertama

Matius 5:4, "Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur."

Bagaimana mengalami ketenangan di dalam Tuhan.

  1. Sadari bahwa Tuhan ada bersama kita.

    "TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya." (Mazmur 34:18)

    Yang harus kita ingat:

    1. Tuhan mengetahui.
      "... segala tindak tandukku Kau awasi, ...." (Ayub 13:27)

    2. Tuhan peduli.
      "TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya." (Nahum 1:7)

    3. Tuhan ingin menolong kita.
      "Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya." (Ibrani 4:16)

  2. Bagaimana melepaskan luka?

    Saya harus berhenti memfokuskan diri pada apa yang hilang dan mulai memfokuskan diri pada apa yang ada sekarang.

    1. Firman-Nya: "Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala!" (Yesaya 43:18)

    2. "Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan." (Roma 12:19)

    3. "Engkau memang melihatnya, sebab Engkaulah yang melihat kesusahan dan sakit hati, supaya Engkau mengambilnya ke dalam tangan-Mu sendiri." (Mazmur 10:14)

  3. Bergantung pada kekuatan Tuhan.

    Alat-alat yang Tuhan gunakan untuk memulihkan dengan cepat.

    1. Firman Tuhan (membaca Alkitab)
      "Jiwaku melekat kepada debu, hidupkanlah aku sesuai dengan firman-Mu." "... ya TUHAN, maka terhiburlah aku." (Mazmur 119:25,52)

    2. Saudara-saudara seiman
      "Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah." (2 Korintus 1:3-4)

    3. Roh Tuhan
      "Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan." (Roma 15:13)

Ayat-ayat di atas hanyalah beberapa ayat dasar yang bisa Anda gunakan untuk memulihkan Anda atau seseorang yang sedang patah hati. Harapan kami bagi Anda yang sedang patah hati, bersedia mencoba melakukan apa yang sudah kami tuliskan. Proses pemulihan mulai bekerja saat Anda mulai melakukannya. Tuhan memberkati. (t/Ratri)

Sumber
Halaman: 
--
Judul Artikel: 
Christian Fellowship Devotionals
Penerbit: 
--

Komentar