Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Alkitab dan Masa Muda

Edisi C3I: e-Konsel 072 - Pemuda Kristen

Dari semua orang yang disebutkan di dalam Alkitab, tidak ada orang yang lebih sering muncul dari Daud. Sejarah kehidupannya dicatat di dalam empat kitab Perjanjian Lama dan disepanjang Alkitab namanya dicatat, bahkan lebih sering daripada Yesus sendiri (Gene A. Getz, David: God´s Man in Faith and Failure, Ventura, Calif.: Regal, 1978, h. 4). Kadang-kadang kita lupa gaya kehidupan Daud yang terus bergerak, perjuangannya dengan Saul, persahabatannya dengan Yonathan, pertumbuhan imannya, dan mungkin kesulitan-kesulitannya dalam pernikahannya (2Samuel 6:16,20-23), yang semuanya terjadi sebelum dia berusia 30 tahun (2Samuel 5:4). Banyak Mazmur yang pasti telah ditulis ketika Daud masih menginjak masa muda dewasa.

Tidak seperti para penulis modern, Alkitab tidak menunjukkan masa muda dewasa sebagai suatu periode usia yang spesifik, akan tetapi, mungkin kebanyakan orang di dalam Alkitab memberi tanda pada sejarah ketika mereka masih muda seperti Daud. Yesus masih muda ketika Dia mengerjakan pelayanan-Nya dan mengubah sejarah. Banyak dari para pemimpin gereja mula-mula yang muncul pada saat mereka masih muda. Mereka semua berjuang, akan tetapi banyak yang dipakai Tuhan dengan cara yang dahsyat. "Jangan biarkan orang merendahkanmu karena kamu muda," pesan Rasul Paulus kepada Timotius, yang mungkin pada waktu itu masih muda. "Berilah contoh untuk orang percaya dalam perkataan, hidup, kasih, iman, dan kesucian." (1Timotius 4:12).

Meskipun masa muda dewasa tidak ditunjukkan secara spesifik di dalam Alkitab, tetapi pada kelompok usia ini banyak mendapat perhatian dan permasalahan yang timbul pada usia tersebut sering disebutkan. Kegelisahan, tidak semangat, pernikahan, seks, pengaturan uang, karier, hubungan dengan orangtua dan anak, godaan, pertumbuhan iman, semuanya itu merupakan permasalahan khusus yang dihadapi ileh orang- orang muda dewasa yang disebutkan di dalam Alkitab.

Sumber
Halaman: 
16 - 20
Judul Artikel: 
Christian Counseling: a Comprehensive Guide
Penerbit: 
Lembaga Literatur Baptis, Bandung, 1982

Komentar