Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Konselor

Dalam proses konseling seringkali konselor melakukan kesalahan- kesalahan yang dapat menyebabkan konseling tidak berjalan lancar. Lima kesalahan yang perlu dihindari oleh konselor selama proses konseling berlangsung antara lain:

  1. Dalam menetapkan tujuan hubungan pembimbingan janganlah terlalu bersikap dominan. Demi membangkitkan motivasi, rasa memiliki, dan fokus yang tepat, ajaklah orang yang Anda bimbing untuk bersama- sama menetapkan sasaran pembimbingan.
  2. Jangan terlalu cepat memberikan tugas-tugas yang banyak. Biarkan orang yang dibimbing mengatur langkahnya.
  3. Hati-hatilah terhadap kemunduran di tengah jalan. Hubungan pembimbingan cenderung kehilangan semangat mula-mulanya di tengah perjalanan. Pastikan bahwa orang yang dibimbing membuat kemajuan, dan seringlah adakan kontak.
  4. Adakan penilaian dan seleksilah secara hati-hati orang yang akan Anda bimbing. Periksa motivasinya, sikap cepat tanggapnya dan apakah waktunya tepat.
  5. Hati-hatilah terhadap "penyelesaian yang lemah" dan pertanggungjawaban yang buruk. Hendaknya Anda penuh perhatian kepada orang yang Anda bimbing selama pembimbingan itu dan akhirilah hubungan dengan baik.

Sumber
Halaman: 
193 - 194
Judul Artikel: 
Mentor (Anda Perlu Mentor dan Bersedia Menjadi Mentor)
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas, Malang, 1996

Class

Every command is ready for the know work and get the access too many part of the computer how to open command prompt in windows 10. MAximum case now you can solve here. Thanks a lot

Komentar