Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Tips: 7 Rahasia Menjadi Ayah yang Efektif

Edisi C3I: e-Konsel 042 - Peran Seorang Ayah

Peranan dan tanggung jawab sebagai seorang ayah benar-benar sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan anak-anak. Tugas menjadi seorang ayah memang bukan hal yang mudah tetapi keahlian itu dapat dipelajari.

Berikut ini kami sajikan tujuh rahasia untuk menjadi seorang ayah yang efektif khususnya dalam mendidik anak-anaknya:

  1. Komitmen.
    Komitmen mencakup lebih dari sekedar mengakui anak Anda sebagai milik Anda, tapi juga suatu pilihan untuk menjadi ayah bagi anak Anda dan keputusan untuk bekerja bagi keuntungan anak Anda. Komitmen itu bukan hanya sekedar dorongan kemauan dari dalam hati kita tetapi juga suatu ekspresi yang berupa tindakan. Jika kita memilih untuk tidak secara aktif menjadi ayah dari anak-anak kita, maka seseorang atau hal lain yang akan melakukannya, misalnya televisi, sekolah, pacar, dll.
  2. Mengenal anak Anda.
    Kenali bagaimana anak Anda bertumbuh dan mengembangkan pikiran- pikiran dan kreativitasnya. Hasil riset yang telah dilakukan menemukan bahwa 'seorang ayah yang berhasil' mengetahui apa yang dilakukan oleh anaknya ketika merasa sedih, menghadapi hari yang sulit, hal-hal apa saja yang membuat anak mereka merasa senang, kelebihan dan kekurangan dari anak-anak mereka, nama-nama teman anak mereka, dan lain sebagainya. Anda dapat mengenal anak Anda dengan meluangkan waktu sejenak bersama dengan anak-anak Anda.
  3. Konsistensi.
    Maksudnya adalah seorang ayah harus dapat menepati apa yang telah diucapkan atau dijanjikannya dalam suatu tindakan yang nyata, misalnya dengan menepati janjinya pada anak-anak. Dengan demikian maka ia dapat menjadi contoh seorang pemimpin bagi anak-anaknya.
  4. Pelindung dan pemberi nafkah.
    Peran sebagai pelindung dapat ditunjukkan dengan memberikan rasa aman dan tenang bagi keluarganya di saat krisis terjadi sehingga segala permasalahan dapat diselesaikan dengan efektif. Peran sebagai pemberi nafkah ditunjukkan dengan memberikan pendapatan yang tetap dan dapat dipercaya serta dapat menyediakan kebutuhan materi keluarga.
  5. Mengasihi ibu dari anak-anak itu (istri Anda).
    Tunjukan kasih sayang Anda pada istri di depan anak-anak. Perkataan dan tindakan yang berjalan bersama-sama memberikan bukti yang menyakinkan bahwa ayah mencintai ibu dan semua berjalan dalam satu kesatuan. Hal ini penting karena bagi anak seorang ayah merupakan contoh seorang pemimpin yang patut ditiru.
  6. Mendengar aktif.
    Mendengar anak-anak Anda secara aktif berarti berkomunikasi dengan mereka dan menganggap bahwa mereka cukup istimewa untuk menerima perhatian penuh dari Anda. Berikan tanggapan yang bukan hanya sekedar basa-basi ketika anak Anda mengungkapkan atau menceritakan apa yang telah terjadi atau yang mereka rasakan.
  7. Perlengkapan rohani.
    Bantulah anak-anak Anda untuk menemukan hubungan dengan Allah. Tanamkan nilai-nilai kristiani dalam diri anak-anak Anda pada kehidupan mereka dengan menjadi contoh yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Sumber
Halaman: 
31 - 237
Judul Artikel: 
7 Rahasia Menjadi Ayah yang Efektif
Penerbit: 
Yayasan ANDI, Yogyakarta, 1997

Komentar