Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Adakan Pesta Gaya Lama

Marilah kita bergembira,
Dan bernyanyi dengan suara ceria,
Karena tibalah saatnya, untuk bersuka-ria.

-- God Bless the Master of This House --

Jadikan Natal sebagai saat untuk berbagi karunia nyanyian.

  1. Undang teman-teman Anda suatu sore atau malam untuk bernyanyi di sekeliling piano.

  2. Pergilah ke rumah jompo, panti asuhan, atau rumah sakit bersama kelompok pemuda gereja Anda, pramuka, atau teman-teman Anda sendiri. Bawa gitar atau nyanyilah acappella (tanpa iringan musik).

  3. Mungkin Anda ingin membawa sedikit kegembiraan di kota Anda atau lembaga pemasyarakatan, atau bergabung dengan kebaktian yang diadakan di penampungan tuna wisma atau pusat penanggulangan krisis (crisis centre).

  4. Sedang ingin berbaju tebal dan membawakan lagu Natal (caroling) dengan gaya lama dari pintu ke pintu? Pertimbangkan untuk mencari data anggota jemaat gereja Anda yang terpaksa tinggal di rumah. Atau bernyanyilah bagi para pegawai yang harus bekerja dua puluh empat jam sehari sepanjang masa Natal. Mungkin Anda juga ingin memberi penghargaan khusus dengan mengunjungi para pendeta Anda.

Sediakan Makanan Kecil
Kebiasaan tradisional bagi caroling adalah mereka yang didatangi mengundang para penyanyi untuk masuk dan menghidangkan minuman panas dan kue manis. Sebagai penyanyi, jangan harapkan itu. Kalau Anda didatangi, usahakan menyediakannya. Simpanlah sekaleng kue kering atau coklat untuk kunjungan menyenangkan tamu-tamu ini. Seduh kopi atau teh dan nikmati persahabatan yang manis selama beberapa saat. Mungkin Anda bahkan diajak ikut menyanyi ke tempat lain.

Pilih Pemimpin
Di dalam ruangan atau di luar ruangan, pilih seseorang untuk menjadi pemimpin kelompok untuk mengawali dan mengakhiri lagu. Pastikan Anda menyediakan cukup banyak salinan partitur atau lirik lagu sehingga maksimal satu kertas dipakai oleh dua atau tiga orang. Pilihlah lagu Natal lama dan baru. Nyanyikan bait yang akrab di telinga maupun yang tidak akrab.

Dan terutama, bernyanyilah dengan semangat. Jaga agar temponya riang dan suasananya gembira. Ini adalah saat untuk bersukacita, dan musik adalah bahasanya!

Sumber
Halaman: 
90 - 92
Judul Artikel: 
52 Cara Sederhana Membuat Natal Menjadi Istimewa
Penerbit: 
Interaksa, Batam, 1999

Komentar