Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Buat Koleksi Hiasan untuk Tiap Anak

Biarkan setiap rumah terang bercahaya;
Biarkan puji pujian terus bergulir;
Dengan kemurahan yang tiada akhir
Kristus kita membawa damai sejahtera.

-- Robbins --

Apa yang membuat Natal benar-benar istimewa? Hiasan! Tanyakan pada orang dewasa mana pun untuk menceritakan seperti apa pohon Natal keluarganya dihiasi ketika ia masih kecil, dan kemungkinan besar ia bisa menceritakannya dengan rinci.

Kami memakai pohon hijau, biasanya sekitar satu setengah meter yang dihiasi dengan lampu-lampu berwarna, bola-bola berkilat berwarna cerah (yang sangat mudah pecah) dan tinsel atau benang perak (yang kami pasang `asal-asalan`). Puncak pohon itu dipasangi bintang alumunium besar yang disisipi satu-satunya lampu putih dalam untaian lampu kami.

Seorang teman di dekat rumah selalu memasang pohon tinggi berdaun rapat dengan hanya hiasan berwarna biru. Pohon keluarga lain berdaun rapat dan dihiasi dengan hiasan berbentuk malaikat. Ah, aneka hiasan itu! Semua itu, dalam dan dari sendirinya, bisa menjadi tradisi.

Satu Hiasan Setiap Tahun
Pertimbangkan untuk memberi satu hiasan baru bagi tiap anak setiap hari Natal. Biarkan anak-anak Anda membuka hiasan mereka sendiri dan menambahkannya ke pohon Natal pada malam Natal. Letakkan hiasan tiap anak di kotak khusus, ditandai dengan namanya. Kotak hiasan sebagai hadiah bagi anak Anda ketika ia menikah, atau kirimkan pada anak Anda kalau ia merayakan Natal pertama di apartemen atau rumah barunya.

Mungkin Anda ingin menyarankan koleksi hiasan Natal pada orangtua baptis atau paman bibi sebagai hadiah Natal yang berkesinambungan. Anak Anda akan menyukai ide itu sekarang dan nanti. Bahkan anak yang masih sangat kecil senang menunjuk hiasan pribadinya di pohon keluarga. Orangtua baptis dan kerabat lain akan menghargai kesempatan untuk memberi hadiah dengan harga yang terjangkau namun masih berarti.

Kalau sudah tiba waktunya untuk menghiasi pohon Natal keluarga, biarkan anak Anda memasang hiasannya sendiri di dahan yang ia inginkan.

Hiasan yang Anda berikan pada anak yang Anda sayangi bisa mempunyai tema:

  1. hiasan kayu,
  2. malaikat,
  3. hiasan dicat atau bola berwarna,
  4. kepingan berlapis perak,
  5. hiasan buatan sendiri,
  6. hiasan antik,
  7. burung,
  8. lonceng.

Tapi tentu saja, Anda bisa saja memberi hiasan apa saja yang sedang Anda sukai setiap tahun.

Hiasan untuk Aneka Acara
Anda tidak perlu membatasi koleksi Anda pada anak-anak. Mungkin Anda ingin membeli hiasan setiap ulang tahun perkawinan Anda. Atau bertukar hiasan dengan teman dewasa, pasangan, atau kerabat.

Catat siapa pemberi hiasan dan tahun berapa hiasan itu diberikan. Simpan catatan itu bersama dengan hiasannya. Anda akan senang mempunyai catatan lengkap seiring berlalunya waktu.

Hiasan Natal bisa penuh arti sekaligus indah. Nikmatilah! Hiasan Natal adalah salah satu cara terindah untuk merayakan Natal.

Sumber
Halaman: 
96 - 98
Judul Artikel: 
52 Cara Sederhana Membuat Natal Menjadi Istimewa
Penerbit: 
Interaksa, Batam, 1999

Komentar