Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

Bagaimana Menunjukkan Empati pada Orang Lain: 5 Cara Orang Kristen

Empati didefinisikan sebagai: perasaan yang Anda pahami dan sama dengan berbagai pengalaman dan emosi yang dirasakan orang lain; kemampuan untuk merasakan perasaan orang lain. (Merriam-Webster.com) Saya takut jika kata ini dihapus dari kamus dalam 30 tahun ke depan jika kita tidak menunjukkan anak-anak kita bagaimana mengasihi orang lain. Orang-orang di dunia yang menolak Kristus umumnya semua tentang "saya." Hal ini tentu saja hampir tidak memiliki ruang untuk membantu atau mendengarkan orang lain. Orang-orang yang memanggil saya "teman" di tempat kerja bahkan tidak melihat ke arah saya ketika kami berbicara karena mereka terlalu sibuk mengetik atau memperbarui status mereka di Facebook. Empati adalah sebuah sifat yang datang dari hati. Anda harus memiliki keinginan untuk berada di dekat seseorang untuk menjadi empatik. Berikut ini adalah 5 cara orang Kristen yang dengannya Anda dapat menunjukkan rasa empati kepada orang lain.

Kontak Mata

Hal ini terdengar sangat mendasar, tapi seperti yang saya katakan di awal, kebanyakan orang-orang yang bekerja dengan saya tidak melihat ke arah saya selama kami berbicara karena mereka berfokus pada ponsel mereka. Jenis bahasa tubuh ini mengatakan, "Saya lebih peduli pada ponsel saya dan orang-orang di dalamnya daripada Anda saat ini." Jika Anda ingin menjadi empatik, maka pertahankanlah kontak mata ketika seseorang sedang berbicara dengan Anda. Mereka ingin tahu bahwa Anda sedang mendengarkan mereka. Mengabaikan seseorang ketika mereka bercerita tentang dirinya pada Anda adalah sebuah tamparan BESAR di wajah. Ketika seseorang benar-benar membutuhkan Anda untuk mendengar, tunjukkan pada mereka bahwa Anda peduli dengan menatap mereka. Dan yang lebih penting, tempatkan diri Anda di posisi mereka sehingga Anda dapat mengerti apa yang sedang mereka jalani. Mereka akan yakin bahwa Anda peduli terhadap mereka ketika Anda menatap mata mereka dan mencoba untuk memahami situasi mereka.

Mengajak Seseorang

Beberapa orang sangat pemalu dan sangat susah untuk mencurahkan isi hatinya pada orang lain. Namun, banyak kali Anda akan dapat mengetahui dari ekspresi mereka bahwa mereka memiliki masalah. Sebuah cara yang baik untuk menunjukkan empati adalah dengan mendekati mereka dan menanyakan jika ada sesuatu yang salah. Biarkan mereka tahu bahwa Anda benar-benar peduli terhadap situasi mereka dan bahwa Anda akan merasa senang untuk mendengarkan dan membantu mereka dengan cara apa pun yang dapat Anda lakukan. Orang-orang merasakan empati ketika orang lain dengan rela berusaha untuk memastikan bahwa mereka baik-baik saja. Dan tentu saja, selalu mencoba dan melihat hal-hal dari sudut pandang mereka. Ketika Anda dapat melihat hal tersebut dengan mata mereka, mereka akan mengetahuinya. Ini akan menolong mereka merasa aman saat itu.

Penuhi Kebutuhan

Orang-orang menghadapi berbagai jenis permasalahan dalam kehidupan mereka. Beberapa dapat diselesaikan sementara yang lain tidak dapat. Jika seseorang bercerita kepada Anda tentang sebuah masalah dan Anda memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan mereka, kemudian pertimbangkan untuk membantu mereka. Ketika menolong sesorang menyelesaikan sebuah masalah, mereka akan merasa seolah-olah Anda memahami persoalan mereka, karenanya hal itu menjadi alasan Anda menolong mereka. Ini adalah cara lain untuk berkata, "Saya mengerti apa yang sedang terjadi dan saya ingin membantu karena saya tidak ingin hal ini terjadi juga pada saya." Ini adalah salah satu dari cara terbaik untuk menunjukkan empati karena hal ini mungkin saja menjadi sebuah memori/ingatan yang menyebabkan mereka membantu orang lain di lain waktu. Bayarlah di muka!

Berdoa

Berdoa adalah cara terbaik yang dapat Anda lakukan dengan seseorang yang sedang bergumul. Ketika Anda berdoa untuk seseorang, mereka akan merasa seolah-olah Anda peduli pada mereka. Berdoalah secara khusus mengenai kebutuhan mereka dan Allah akan memberi kedamaian pada mereka melalui persoalan yang sedang mereka lalui. Berdoalah agar Allah ada bersama-sama dengan mereka dalam segala hal dan agar jika itu adalah kehendak-Nya, Ia akan memakai Anda dengan cara apa pun agar Anda dapat menolong. Seperti contoh-contoh sebelumnya, hal ini benar-benar tentang menunjukkan bahwa Anda peduli pada seseorang. Anda akan menginginkan seseorang untuk berdoa dengan Anda pada waktu susah dan itu adalah salah satu alasan mengapa Anda harus berdoa untuk orang lain di waktu susah. Mereka akan mengerti bahwa Anda sedang mencoba untuk memahami situasi mereka ketika Anda meluangkan waktu untuk berbicara dengan mereka tentang yang sedang terjadi dan kemudian mendoakan hal tersebut.

Berduka dengan Mereka

Ketika Anda menangis dengan seseorang Anda berkata, "Saya turut berduka. Saya tahu bahwa hal ini sangat menyakitkan. Saya ingin berada di sini bersama Anda."

Saya tidak dapat memikirkan cara yang lebih baik untuk menunjukkan empati selain daripada menangis dengan seseorang yang sedang bersedih. Ketika Anda menangis dengan seseorang Anda berkata, "Saya turut berduka. Saya tahu bahwa hal ini sangat menyakitkan. Saya ingin berada di sini bersama Anda." Mereka akan melihat bahwa Anda melihat hal-hal dari mata mereka karena Anda merasakan apa yang sedang mereka rasakan saat itu. Dan ya, para pria, tidak masalah jika Anda ingin menangis! Allah menciptakan kita serupa dengan gambar-Nya! Jadi, jangan takut untuk membiarkan air mata Anda mengalir ketika hal tersebut harus terjadi.

Kesimpulan

Semua cara-cara untuk menunjukkan empati ini dapat disimpulkan dengan 1 Korintus 13:7, " Kasih itu tahan menanggung segala sesuatu, mempercayai segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, dan sabar menanggung segala sesuatu." Jika Anda mengasihi seseorang seperti ini, mereka akan mengetahui dengan pasti bahwa Anda mencoba untuk melihat hal-hal dari sudut pandang mereka dan empati Anda akan menyentuh mereka. Kiranya Allah memberkati Anda sembari Anda terus menjalani kehidupan yang berpadanan dengan panggilan Anda. (t/Hossiana)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : What Christians Want to Know
Alamat URL : http://www.whatchristianswanttoknow.com/how-to-show-empathy-to-others-5-christian-ways/
Judul asli artikel : How To Show Empathy To Others: 5 Christian Ways
Penulis artikel : Derek Hill
Tanggal akses : 22 Juli 2015

Kasih itu tahan menanggung

Kasih itu tahan menanggung segala sesuatu, mempercayai segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, dan sabar menanggung segala sesuatu TellDunkin.

Komentar