Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Bagian D: Tritunggal

Tritunggal
Latar Belakang

Umat Kristen percaya akan Tritunggal Kudus, yaitu Allah yang Esa yang menyatakan diri dalam tiga Pribadi berbeda: Bapa, Putra dan Roh Kudus. Masing-masing berdiri sendiri, tetapi tidak bertindak sendiri-sendiri. Masing-masing memiliki Pribadi sendiri, tetapi selalu satu dalam tujuan, hakekat dan sifat. Akal manusia yang terbatas sulit menangkap misteri Allah; sesungguhnya itu harus diterima dengan iman. "Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia." (Ibr 11:6).

Pengakuan Iman Rasuli yang sudah berabad-abad diterima oleh Gereja segala abad menyatakan: "Aku percaya kepada Allah, Bapa yang Mahakuasa, Pencipta langit dan bumi; dan kepada Yesus Kristus, Anak-Nya yang tunggal, Tuhan kita, yang dikandung oleh Roh Kudus."

Demikianlah ada tiga Pribadi dalam KeAllahan; Bapa, Putra dan Roh Kudus; dan ketiganya ini adalah Allah yang Esa, satu Hakekat, setara dalam kuasa dan kemuliaan.

Karya Penebusan Allah tidak dapat dimengerti terpisah dari Tritunggal. Bapa mengutus Anak (Yoh 3:16); Anak memberi Diri-Nya sendiri (Gal 2:20); Bapa memberi Roh Kudus yang melahirkan kembali (Yoh 3:8).

Tidak ada satu pun ajaran-ajaran sesat seperti Saksi Yehovah, Ilmu Pengetahuan Kristen, Mormon, Spiritis, atau agama-agama lain yang menerima Tritunggal.


Latar Belakang
Ayat Alkitab
Strategi Bimbingan
  1. Hargai usahanya mencari kebenaran. Katakan bahwa anda senang bisa melayani dia, sebab Alkitab, Firman Allah, bicara jelas tentang fakta Tritunggal. Jelaskan bahasan dalam Latar Belakang tadi.
  2. Tantang dia untuk menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. Katakan kepadanya bahwa cara terbaik untuk mengerti Tritunggal adalah menerima dulu kehidupan kekal melalui Yesus Kristus. Jelaskan "Damai dengan Allah", 17750. Ayat Firman lainnya yang bisa membantu ialah: "Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus, yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua manusia." (1Tim 2:5,6).
    Juga Titus 3:5; Yohanes 1:12 dan Yohanes 3:36.
  3. Jika orang tadi mengundang Kristus masuk ke dalam hidupnya, jelaskan "Kepastian", 17752 dan 17619, dan anjurkan dia melakukan hal-hal berikut:
    1. Tetapkan hati mengikut Kristus dengan sungguh-sungguh.
    2. Mulailah membaca dan mempelajari Firman Tuhan. Tawarkan Hidup dalam
    3. Libatkan diri dalam suatu gereja yang mementingkan Firman, yang di dalamnya dia dapat bersekutu, menyembah Tuhan, berdoa, bersaksi dan sebagainya. (lihat 2Tim 2:13).
  4. Berdoalah bersamanya agar dia setia mengiring Kristus dan memiliki pengertian jelas tentang Firman Tuhan.

Latar Belakang
Strategi Bimbingan
Ayat Alkitab

Alkitab membuat dukungan jelas terhadap keesaan dan keberbagaian dalam diri Pribadi Allah Tritunggal. Berikut ini adalah contoh, yang walaupun tidak lengkap, tetapi jelas menyatakan fakta ini.

Bapa:
Satu Allah dan Bapa 1Kor 8:6
Bapa dan Yesus Kristus, Tuhan kita Ef 1:3
Mahakuasa Ef 4:6
Tidak berubah Yak 1:17
Perencana penebusita Gal 1:3,4
Bapa orang benar 2Kor 6:17,18
Yesus Kristus Sang Putra:
Kekal sejak mulanya Yoh 1:1
Menjelma menjadi manusia Yoh 1:14
Perancang kasih karunia dan kebenaran Yoh 1:17
Putra Allah, Juruselamat kita Yoh 3:16
Bapa mengasihi Anak Yoh 3:35
Anak mengasihi Bapa Yoh 14:31
Anak dan Bapa, Satu adanya Yoh 10:30
Roh Kudus:
Allah adalah Roh Yoh 4:24
Penulis utama Alkitab 2Pet 1:21
Pemimpin ke dalam segala kebenaran Yoh 16:13
Diutus Bapa ke dalam dunia Yoh 14:26
Mendiami hati orang beriman Yoh 14:17
Meneguhkan bahwa kita adalah milik Allah Rom 8:16
Orang beriman dapat dipenuhi-Nya Kis 4:31
Tritunggal bersama-sama:
Yesus dibaptis; Roh Kudus turun ke atas-Nya; Bapa bersabda Mat 3:16,17
Orang-orang beriman, harus dibaptis dan dimuridkan di dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus Mat 28:18,19
Pelayanan unik Tritunggal dalam Penebusan:
Bagian karya BapaEf 1:3-6
Bagian karya AnakEf 1:6-12
Bagian karya Roh Kudus Ef 1:13,14

Komentar