Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Bagian II Program Pemuridan dengan Penghafalan Ayat

Indeks Buku2: KEMERDEKAAN DI DALAM KRISTUS

BAGIAN II ~~ PROGRAM PEMURIDAN DENGAN PENGHAFALAN AYAT

(Pertahankanlah Identitas Baru Anda dalam Yesus Kristus Melalui Penghafalan Ayat)

DAFTAR AYAT HAFALAN (tanpa teks ayat)

Nomor Judul
  1. Identitas Baru dalam Kristus
  2. Hidup oleh Iman
  3. Pembaharuan Budi
  4. Peperangan Rohani
  5. Memperbaharui Kepercayaan
  6. Menghilangkan Perasaan Sakit
  7. Hubungan yang Harmonis
  8. Mengampuni
  9. Mencari Pengampunan

Pertahankanlah ... Melalui Penghafalan Ayat ..

[Lanjutan]



Bagian II: KEMERDEKAAN DI DALAM KRISTUS

BAGIAN II ~~ Program Pemuridan dengan Penghafalan Ayat

PROGRAM PEMURIDAN
dengan
PENGHAFALAN AYAT

Pertahankanlah Identitas Baru Anda dalam Yesus Kristus melalui Penghafalan Ayat!

Menyimpan Firman Allah di dalam hati anda akan menolong anda untuk tidak berbuat dosa. Pada umumnya penghafalan ayat memberikan kepada anda kesempatan untuk merenungkan Kebenaran, dan seperti yang dijanjikan dalam Yosua 1:8*, perjalanan anda akan berhasil dan beruntung. Penghafalan ayat akan menambah-nambahkan keyakinan anda dalam hubungan anda dengan Allah serta kemampuan untuk melayani orang-orang lain.

Ayat-ayat ini telah dipilih untuk menolong anda memusatkan diri pada identitas anda yang baru di dalam Kristus dan untuk memperoleh kemenangan dalam peperangan rohani. Jika anda menyimpan ayat-ayat ini dalam ingatan anda, anda akan mempunyai banyak kesempatan untuk sungguh-sungguh mengoreksi kehidupan anda. Dengan demikian anda dapat terus berpegang kuat pada posisi anda di dalam Kristus, dan anda mengalami kemerdekaan melalui kemenangan Anak Allah Terkasih yang penuh sukacita.

Anda pun dapat menggunakan penghafalan ayat sebagai kerangka program pelatihan pemuridan. Misalnya anda mengenal seorang petobat baru atau seseorang yang tidak pernah bertumbuh secara rohani, dan anda harus memuridkannya, tetapi anda tidak tahu bagaimana caranya, ajaklah ia menghafalkan ayat-ayat ini bersama anda, mungkin selama dua minggu. Bahaslah maksud dari ayat-ayat itu dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang melibatkan orang itu. Doakanlah agar ayat- ayat ini merasuk dalam kehidupan anda. Ini adalah cara yang paling sederhana untuk memimpin seseorang menuju kedewasaan di dalam Kristus. Jika anda selesai menghafalkan ayat-ayat ini, Para Navigator telah menghasilkan sebuah sistem penghafalan ayat yang baik sekali agar anda dapat beroleh kemajuan selanjutnya.

Kunci keberhasilan dalam penghafalan ayat ialah:

  1. Kutip kata demi kata dengan sempurna
  2. Selain kata demi kata, hafalkanlah juga alamat ayatnya
  3. Kerjakanlah bersama-sama dengan seorang teman
  4. Ulangi satu set ayat setiap hari selama 2-3 minggu

Memulai sesuatu yang baru selalu sulit. Tetapi jika anda telah memulainya, anda akan lebih menikmati kemenangan anda di dalam Kristus.

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

A. IDENTITAS BARU DALAM KRISTUS

1Pet 2:9-10*
1Yohanes 3:1-2*
Efesus 2:10*
2Korintus 5:17*
2Korintus 5:18-20*

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

A. IDENTITAS BARU DALAM KRISTUS

1Pet 2:9-10* Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terangNya yang ajaib: kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umatNya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

1Yohanes 3:1-2* Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia. Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan DiriNya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaanNya yang sebenarnya.

Efesus 2:10* Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

2Korintus 5:17* Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

2Korintus 5:18-20* Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diriNya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami. Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diriNya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami. Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

B. HIDUP OLEH IMAN

Galatia 2:20*
Ibrani 11:1,6*
Roma 5:1-4*

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

B. HIDUP OLEH IMAN

Galatia 2:20* Aku telah disalibkan dengan Kristus, namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi akudan menyerahkan diriNya untuk aku.

Ibrani 11:1,6* Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berpaling kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari dia.

Roma 5:1-4* Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan allah. Dan bukan hanya itu saja. Kita juga malah bermegah dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

C. PEMBAHARUAN BUDI

1. Ibadah yang Sejati Roma 12:1-2*
2. Kemenangan Atas Dosa 1Korintus 10:13*
3. Peranan Pribadi Roma 12:3-8*
4. Sukses Kolose 3:23-24*
5. Kepuasan 2Timotius 4:6-8*
6. Kebahagiaan Filipi 4:11-13*
7. Jaminan Roma 8:31-34*
8. Terkasihi Roma 8:35, 37-39*
9. Kesukacitaan Mazmur 16:11*
10. Perdamaian Filipi 4:6-7*
11. Arti Hidup 1Korintus 3:12-14*

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

C. PEMBAHARUAN BUDI

  1. IBADAH YANG SEJATI Roma 12:1-2* Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

  2. KEMENANGAN ATAS DOSA 1Korintus 10:13* Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

  3. PERANAN PRIBADI Roma 12:3-8* Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing. Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain. Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita. Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar; jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita.

  4. SUKSES Kolose 3:23-24* Apa un juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hambaNya.

  5. KEPUASAAN 2Timotius 4:6-8* Mengenai diriku, darahku sudah mulai dicurahkan sebagai persembahan dan saat kematianku sudah dekat. Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hariNya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatanganNya.

  6. KEBAHAGIAAN Filipi 4:11-13* Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan. Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan. Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

  7. JAMINAN Roma 8:31-34* Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? Ia, yang tidak menyayangkan AnakNya sendiri, tetapi yang menyerahkanNya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia? Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi pembela bagi kita?

  8. TERKASIHI Roma 8:35, 37-39* Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang? Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang mengasihi kita. Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang diatas, maupun yang dibawah, ataupun sesuatu mahluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Yesus Kristus, Tuhan kita.

  9. KESUKACITAAN Mazmur 16:11* Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapanMu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kananMu ada nikmat senantiasa.

  10. . PERDAMAIAN Filipi 4:6-7* Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

  11. . ARTI HIDUP 1Korintus 3:12-14* Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami, sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu. Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah.

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

D. PEPERANGAN ROHANI

2Korintus 10:3-5*
2Korintus 2:10-11*
2Korintus 11:3*
Filipi 4:8*

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

D. PEPERANGAN ROHANI

2Korintus 10:3-5* Memang kami masih hidup didunia, tetapi kami tidak berjuang secara duniawi, karena senjata kami dan perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng. Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukannya kepada Kristus,

2Korintus 2:10-11* Sebab barangsiapa yang kamu ampuni kesalahannya, aku mengampuninya juga. Sebab jika aku mengampuni, ~~ seandainya ada yang harus kuampuni ~~, maka hal itu kubuat oleh karena kamu di hadapan Kristus, supaya Iblis jangan beroleh keuntungan atas kita, sebab kita tahu apa maksudnya.

2Korintus 11:3* Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan olah ular itu dengan kelicikannya.

Filipi 4:8* Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

E. MEMPERBAHARUI KEPERCAYAAN

1. Kekurangan Filipi 4:19*
2. Ketakutan 2Timotius 1:7*
3. Dikuasai 1Yohanes 4:4*
4. Kekalahan 2Korintus 2:14*
5. Bingung Yakobus 1:5-8*
6. Perbudakan Galatia 5:1*
7. Kesepian Ibrani 13:5*
8. Harga Diri 2Korintus 5:21*
9. Keberanian Yohanes 16:33*
10. Tertekan Ratapan 3:22-25*

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

E. MEMPERBAHARUI KEPERCAYAAN

  1. KEKURANGAN Filipi 4:19* Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaanNya dalam Kristus Yesus.

  2. KETAKUTAN 2Timotius 1:7* Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

  3. DIKUASAI 1Yohanes 4:4* Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

  4. KEKALAHAN 2Korintus 2:14* Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenanganNya. Dengan perantaraan kami Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana-mana.

  5. BINGUNG Yakobus 1:5-8* Tetapi apabila diantara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, ~~ yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit ~~, maka hal itu akan diberikan kepadanya. Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin. Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan. Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.

  6. PERBUDAKAN Galatia 5:1* Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.

  7. KESEPIAN Ibrani 13:5* Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."

  8. HARGA DIRI 2Korintus 5:21* Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuatNya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.

  9. KEBERANIAN Yohanes 16:33* Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia."

  10. TERTEKAN Ratapan 3:22-25* Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmatNya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaanMu! "TUHAN adalah bagianku," kata jiwaku, oleh sebab itu aku berharap kepadaNya. TUHAN adalah baik bagi orang yang berharap kepadaNya, bagi jiwa yang mencari Dia.

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

F. MENGHILANGKAN PERASAAN SAKIT

Efesus 4:26-27*
1Petrus 5:6-9*a

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

F. MENGHILANGKAN PERASAAN SAKIT

Efesus 4:26-27* Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.

1Petrus 5:6-9*a Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan pada waktunya. Serahkanlah segala kekuatiranmu kepadaNya, sebab Ia yang memelihara kamu. Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah di dengan iman yang teguh

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

G. HUBUNGAN YANG HARMONIS

Roma 15:1*
Roma 15:5-7*
1Petrus 3:8-9*
Filipi 2:3-5*

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

G. HUBUNGAN YANG HARMONIS

Roma 15:1* Kita, yang kuat, wajib menanggung kelemahan orang yang tidak kuat dan jangan kita mencari kesenangan kita sendiri.

Roma 15:5-7* Semoga Allah, yang adalah sumber ketekunan dan penghiburan, mengaruniakan kerukunan kepada kamu, sesuai dengan kehendak Kristus Yesus, sehingga dengan satu hati dan satu suara kamu memuliakan Allah dan Bapa Tuhan kita, Yesus Kristus. Sebab itu terimalah satu akan yang lain, sama seperti Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah.

1Petrus 3:8-9* Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati, dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab:

Filipi 2:3-5* ... dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri, dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

H. MENGAMPUNI

Efesus 4:31-32*
Matius 18:21-22*
Matius 18:27*

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

H. MENGAMPUNI

Efesus 4:31-32* Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

Matius 18:21-22* Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.

Matius 18:27* Lalu tergeraklah hati raja itu oleh belas kasihan akan hamba itu, sehingga ia membebaskannya dan menghapuskan hutangnya.

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

I. MENCARI PENGAMPUNAN

Roma 8:1*
1Yohanes 1:9*
Matius 5:23-24*

[Lanjutan]



Kemerdekaan ~~ Ayat Hafalan:

I. MENCARI PENGAMPUNAN

Roma 8:1* Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.

1Yohanes 1:9* Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Matius 5:23-24* Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.


Komentar