Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Buku ke-2 Kemerdekaan di dalam Kristus


Pendahuluan: KEMERDEKAAN DI DALAM KRISTUS

PENDAHULUAN

Sahabat Terkasih, MENGAPA BUKU INI PENTING BAGI ANDA?

Buku KEMERDEKAAN DI DALAM KRISTUS akan menolong anda, yang telah menaruh percaya kepada Kristus, untuk mengerti, memegang, dan menerapkan identitas baru anda yang indah dan unik di dalam Kristus. Kitab Suci mengatakan bahwa di dalam Kristus, anda telah "dipindahkan dari kegelapan ke dalam kerajaan terang", "didamaikan dengan Allah", "diangkat menjadi anak Allah", dan "dilengkapi". Kepada Anda "telah dikaruniakan segala berkat rohani di dalam sorga", dan anda beroleh "bagian di dalam kodrat ilahi", dan dapat "menanggung segala perkara di dalam Dia yang telah memberi kekuatan kepada anda".

Tetapi kadang-kadang pengalaman anda tidak sejalan dengan kebenaran-kebenaran di atas - oleh karena anda tidak memegang kuat identitas anda yang baru di dalam Kristus. Anda mendengar bisikan di telinga anda, "Sebenarnya anda belum berubah. Apakah anda menyangka bahwa Allah mengampuni dosa semacam itu? Anda sudah jatuh satu kali - dapatkah anda menjamin bahwa anda tidak akan jatuh lagi? Apakah anda berpikir bahwa Allah, yang katanya sangat mengasihi anda, tega mengizinkan hal itu terjadi dalam kehidupan anda? Menurut anda, apakah anda senang membiarkan seseorang bergumul dengan hal itu?" Tipu muslihat yang dilancarkan Iblis berulang kali (tipu muslihat adalah senjata yang paling diandalkannya), dapat menyebabkan keyakinan anda mengenai identitas anda yang baru di dalam Kristus terkikis. Jika anda tidak menyadari hal ini, pikiran anda dapat diputarbalikkan. Jika hal ini terjadi, sebenarnya Iblis sedang mengendalikan kehidupan anda sebab anda hidup berdasarkan apa yang anda pikirkan.

Pada saat anda lebur "di dalam Kristus", anda diubah secara radikal. Mengapa anda mau kembali pada identitas yang lama? Pusatkanlah diri anda pada kebenaran-kebenaran yang mengelilingi identitas baru anda di dalam Kristus. Kalau anda menggunakan buku ini dan berpegang kuat pada identitas anda yang baru di dalam Kristus, anda akan mengalami sukacita, kemerdekaan, dan kuasa yang baru. Hal-hal tersebut menjadi hak alami ketika anda dilahirkan "di dalam Kristus". Buku ini akan menolong anda untuk "diubah oleh pembaharuan budi anda" hari demi hari. Saya yakin bahwa identitas kita di dalam Kristus merupakan satu- satunya fondasi yang dapat memerdekakan kita dari masa lalu serta memampukan kita untuk menjalani kehidupan yang penuh arti dan produktif.

Setelah anda menggunakan buku ini selama satu atau dua bulan secara pribadi, anda dapat menggunakannya sebagai sumber untuk memuridkan orang-orang lain. Baik para pekerja Kristen maupun kaum awam dapat menggunakan sumber yang sederhana ini untuk melatih orang-orang lain dalam disiplin-disiplin rohani seperti

doa, perenungan, penghafalan ayat, dan pengakuan.

Sebagai hasilnya, mereka yang dimuridkan akan mengalami sukacita, kemerdekaan, hidup yang penuh arti, dan kekuatan rohani sebagai hak alami yang mereka peroleh dari kelahiran baru.

Semoga orang-orang "di dalam Kristus" yang bersorak memuji Dia bertambah-tambah jumlahnya.

[Lanjutan]



Pendahuluan: KEMERDEKAAN DI DALAM KRISTUS

BAGAIMANA SEBAIKNYA ANDA MENGGUNAKAN BUKU INI?

Buku ke-2 KEMERDEKAAN DI DALAM KRISTUS terdiri dari dua bagian:

BAGIAN I ~~ Penuntun Doa Alkitabiah Selama 31 Hari

Gunakanlah bagian ini dalam ibadah anda pribadi. Pada hari pertama setiap bulan, ikutilah penuntun doa dari Hari 1, pada hari kedua, Hari 2, dan seterusnya. Setelah anda membaca setiap ayat yang tercantum di sana, renungkanlah ayat itu dan bawalah di dalam doa anda pribadi kepada Allah. Pola PENUNTUN DOA ini dirancang berdasarkan TUJUH prinsip yang ada dalam Doa Bapa Kami. Penuntun ini akan mengajarkan kepada anda bagaimana anda harus berdoa supaya doa anda didengar.

Anda pun dapat menggunakan PENUNTUN DOA ini dalam kelompok kecil. Salah seorang membaca ayat yang tercantum di sana, lalu diikuti dengan doa yang berhubungan dengan ayat tersebut. Orang berikutnya membaca ayat berikutnya dan kemudian berdoa, begitu seterusnya. Pemimpin kelompok dapat menambahkan sedikit pengajaran sehubungan dengan salah satu ayat. Pemimpin pujian sebaiknya menyiapkan lagu-lagu yang berhubungan dengan ayat-ayat ini dan memimpin kelompok untuk menyanyikannya pada saat yang tepat. Cara ini adalah cara yang sederhana untuk memimpin kelompok kecil.

[Catatan: Garis Besar untuk "Penuntun Doa" ditulis pertama-tama dalam "Drawing Near", oleh Kenneth Boa, Th.M., dan Max Anders, Th.M. Isinya diubah dalam buku ini.]

BAGIAN II ~~ Program Pemuridan dengan Penghafalan Ayat

Jika anda menyimpan ayat-ayat ini di dalam ingatan anda, anda akan mempunyai banyak kesempatan untuk merenungkan ayat-ayat tersebut secara dalam setiap waktu. Posisi anda di dalam Kristus akan terpelihara dengan baik dan anda dapat mengalami kemerdekaan terus-menerus. Anda akan memiliki perbekalan untuk menangkis segala tipu muslihat dari musuh.

Anda pun dapat menggunakan ayat-ayat ini untuk memuridkan orang-orang lain. Jika anda menyiapkan diri anda, Allah akan memberikan kepada anda banyak kesempatan untuk memuridkan orang-orang lain. Firman Allah hidup dan aktif, berkuasa untuk melengkapi setiap orang di dalam Kristus. Menolong orang lain dalam menghafalkan dan memahami ayat-ayat ini merupakan cara yang sederhana untuk memuridkan mereka bagi Kristus. Petunjuk-petunjuk tentang bagaimana menghafalkan ayat dan memuridkan orang-orang lain dapat ditemukan pada Bagian II.



Bagian I: KEMERDEKAAN DI DALAM KRISTUS

BAGIAN I ~~ PENUNTUN DOA ALKITABIAH SELAMA 31 HARI

Sebuah Pola yang Dapat Diikuti

Ada begitu banyak bagian dalam Firman Tuhan yang dapat dimasukkan ke dalam TUJUH kategori ini. Doa-doa pada halaman-halaman berikut ini seluruhnya diambil dari Kitab suci dan dikategorikan menurut TUJUH prinsip yang ada dalam Doa Bapa Kami.

  1. Doa untuk Menghampiri Allah
  2. Doa Pujian
  3. Doa Penegasan
  4. Doa untuk Kebutuhan-kebutuhan
  5. Doa Pengakuan Dosa
  6. Doa untuk Kemenangan Rohani
  7. Doa Penutup

Doa-doa dan kebenaran-kebenaran yang Alkitabiah ini dituliskan dengan maksud untuk memimpin anda dalam kehidupan doa dan ibadah pribadi. Dengan membaca ke-TUJUH PENUNTUN DOA yang Alkitabiah ini setiap hari, doa-doa anda pribadi akan lebih menggairahkan. Penuntun tersebut dibuat dengan maksud agar dapat mendukung kehidupan doa anda sehingga semakin luas dan dalam.

Penuntun-penuntun Alkitabiah ini juga dituliskan sebagai dasar bagi kelompok doa dan penyembahan. Setelah penuntun ini digunakan berulang kali, maka hal itu tidak lagi semata-mata menjadi sebuah contoh doa, tetapi pola pikir serta keyakinan orang-orang tentang hidup yang bisa dinikmati sebagai "ciptaan-ciptaan baru di dalam Kristus" akan terbentuk. Hal itupun akan menguatkan mereka sehubungan dengan hak-hak istimewa yang mereka miliki di dalam Kristus.


Komentar