Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

e-Konsel 240 - Mengenali Masalah Belajar Anak

Total Life Ministries

Edisi C3I: e-Konsel 240 - Mengenali Masalah Belajar Anak

Situs Total Life Ministries adalah sebuah situs berbahasa Inggris yang lahir sebagai media pelayanan konseling Kristen yang berlandaskan Alkitab. Situs ini tidak hanya menyediakan bahan-bahan konseling, namun juga pelayanan konseling langsung secara perseorangan, pasangan pranikah, dan pasangan menikah. Sayangnya, situs ini tidak memberikan akses bagi konseli yang ingin berkonseling via email. Jangan khawatir! Anda tetap bisa mendapatkan pertolongan dari artikel-artikel yang ada di situs ini. Artikel-artikel yang ada di situs ini dikategorikan dengan rapi, sehingga memudahkan Anda untuk mendapatkan artikel yang Anda inginkan. Menariknya lagi, selain artikel-artikel tersebut mudah dicetak (friendly print), Anda juga bisa menikmatinya secara audio. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi yang kesulitan membaca tulisan kecil. Semoga situs ini memberi manfaat bagi Anda. (SS)

< www.wordbasedcounseling.org/ >

Hakikat Anak dengan Problema Belajar

Edisi C3I: e-Konsel 240 - Mengenali Masalah Belajar Anak

A. Cakupan Pengertian Anak dengan Problema Belajar

Di sekolah-sekolah umum, kita menemukan kondisi siswa yang beragam. Ada siswa yang cepat tanggap dalam belajar, ada siswa yang lamban dalam belajar di hampir semua mata pelajaran, ada siswa yang mengalami kesulitan belajar untuk mata pelajaran tertentu, ada siswa yang dasar potensinya sebenarnya bagus tetapi prestasi belajarnya sangat rendah, dan ada juga yang perkembangan prestasinya biasa-biasa saja. Menghadapi kondisi ini, pada umumnya guru kelas cenderung hanya mendasarkan pada pemenuhan kebutuhan siswa rata-rata, sedangkan siswa dengan kebutuhan belajar cepat atau lambat cenderung diabaikan. Murid-murid inilah yang akhirnya menjadi kelompok siswa yang berpotensi untuk tinggal kelas/putus sekolah. Jadi, anak yang tinggal kelas/putus sekolah belum tentu disebabkan oleh dasar potensinya yang rendah, tetapi bisa juga karena faktor lain. Faktor lain itu bisa timbul dari diri anak (kondisi fisik, kesehatan, dan motivasi belajar) dan dari luar (kondisi sekolah, lingkungan rumah, dan masyarakat). ... baca selengkapnya »

Mengenali Masalah Belajar Anak

Edisi C3I: e-Konsel 240 - Mengenali Masalah Belajar Anak

Salam kasih,

Setiap orang tua pasti mengharapkan anak-anaknya tumbuh dengan kepribadian dan kemampuan diri yang baik, sehingga pada masa yang akan datang mereka menjadi orang yang berhasil. Tidak ada satu pun orang tua yang berharap anaknya menjadi orang yang bodoh, gagal, atau tidak memiliki masa depan yang baik. Oleh karena itu, orang tua akan mengusahakan berbagai cara agar anaknya bisa meraih prestasi yang baik. Bahkan, segala upaya akan ditempuh jika mengetahui anaknya mengalami kesulitan dalam belajar.

Edisi 240 ini, e-Konsel membahas tentang mengenali pokok permasalahan dalam belajar yang dialami anak. Semoga dengan mengetahui hal-hal yang melatarbelakangi permasalahan belajar anak, Anda dapat memberikan penanganan bagi anak Anda saat dia mengalami masalah dalam belajar. Bukan hanya itu. Dalam edisi ini, e-Konsel juga memperkenalkan sebuah situs konseling manca, yang pantas dikunjungi untuk memperlengkapi keterampilan Anda dalam memberikan konseling. Ingin tahu ulasannya? Silakan baca selengkapnya di edisi ini.

Pimpinan Redaksi e-Konsel,
Sri Setyawati
< setya(at)in-christ.net >

Komentar


Syndicate content