Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

e-konsel 268 - Lawatan Pastoral

Gembala dan Konseling Pastoral

Edisi C3I: e-konsel 268 - Lawatan Pastoral

Judul buku : Gembala dan Konseling Pastoral
Judul asli : --
Penulis/Penyusun : E.P. Gintings
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : Yayasan ANDI, Yogyakarta 2002
Ukuran buku : 12 x 19 cm
Tebal : 121 halaman
ISBN : --
Buku Online : --
Download : --

Pada zaman modern seperti saat ini, semakin banyak orang di kota-kota atau sentra-sentra ekonomi yang merasakan ketidaktenteraman jiwa, termasuk jemaat gereja. Untuk itu, keberadaan seorang gembala gereja yang dapat membina jemaat khususnya dalam menolong mereka yang sedang mengalami masalah kerohanian atau mental kejiwaan sangat dibutuhkan. ... baca selengkapnya »

Bagaimana Mendampingi Orang Sakit yang Menjelang Ajal

Edisi C3I: e-konsel 268 - Lawatan Pastoral

Dokter perlu memberitahukan kepada pihak keluarga, bahwa pasien sudah tidak memiliki harapan untuk hidup lebih lama lagi. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan keluarga dan pasien itu sendiri. Jika pihak keluarga tidak diberi tahu mengenai keadaan pasien yang sebenarnya dan akhirnya sang pasien meninggal, maka dokter bisa saja disalahkan oleh pihak keluarga. Dokter tidak perlu menutupi keadaan pasien, jika memang yang bersangkutan sudah tidak bisa ditolong. Setelah mendiagnosis dan kelihatannya tidak ada harapan, sebaiknya dokter memberitahukan kebenarannya. ... baca selengkapnya »

Perlawatan Orang Sakit

Edisi C3I: e-konsel 268 - Lawatan Pastoral

Dirangkum oleh: Sri Setyawati

Orang sakit kerap kali berkeluh kesah, lebih-lebih kalau sakitnya sudah cukup lama. Yang cukup berat, kalau kondisi tubuhnya merosot pelan-pelan. Karena itu, keluh kesah, kekecewaan, putus asa, marah, tidak mau lagi berdoa, menumpuk menjadi satu. Tidak hanya yang sakit yang mengalami hal itu, tetapi juga keluarganya. Kemungkinan besar, mereka pun ikut hanyut dalam situasi itu. ... baca selengkapnya »

Lawatan Pastoral

Edisi C3I: e-konsel 268 - Lawatan Pastoral

Salam sejahtera,

Dalam konseling pastoral, selain menguatkan konseli, seorang gembala atau pelayan Tuhan, seharusnya juga melakukan perlawatan/mengunjungi jemaat-jemaat yang sedang mengalami kelemahan fisik. Perlu kita ketahui bahwa di balik kunjungan yang kita berikan, ada kuasa yang bekerja dan hasil yang manis. Apa sebenarnya manfaat dari kunjungan gembala atau pelayan Tuhan bagi jemaat yang sedang mengalami kelemahan fisik? Bagaimana mendampingi orang-orang yang sedang mengalami kelemahan fisik? Redaksi e-Konsel sudah menyiapkan bahan untuk menjawab pertanyaan tersebut dalam edisi ini. Bahkan, di kolom terakhir, Anda juga bisa menyimak sebuah ulasan buku yang masih terkait dengan konseling pastoral. Segeralah menyimak sajian kami, selamat melayani.

Pemimpin Redaksi e-Konsel,
Sri Setyawati
< setya(at)in-christ.net >

Komentar


Syndicate content