Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Editorial

Edisi C3I: e-Konsel 034 - Jenis/Bentuk Konseling

Ada banyak cara atau teknik konseling yang dapat digunakan oleh konselor untuk menolong konselenya. Sebelum mempelajari macam-macam jenis teknik konseling, seorang konselor harus sadar bahwa tidak ada teknik konseling tertentu yang mujarab yang pasti cocok untuk setiap orang. Dr. Gary R. Collins, Ph.D. dalam pendahuluan artikel yang kami sajikan dalam kolom Cakrawala di bawah ini memberikan contoh tentang kasus raja Saul. Pada saat raja Saul mengalami susah hati dan gangguan kejiwaan, dicatat dalam Alkitab bahwa, Daud berhasil menenangkan raja ini dengan memperdengarkan permainan kecapinya yang sangat indah. Cara atau teknik seperti yang digunakan Daud ini, mungkin oleh para psikolog sekarang akan disebut sebagai "musik terapi".

Teknik yang digunakan oleh Daud ini sangat manjur untuk raja Saul, namun cara ini tentu tidak selalu dapat diterapkan pada setiap orang yang sedang mengalami masalah. Untuk itu seorang konselor harus membuka wawasan yang luas dan mengetahui berbagai bentuk konseling yang ada supaya pada saat yang tepat ia dapat memilih jenis konseling yang tepat, sesuai dengan kebutuhan konselenya. Nah, silakan membaca artikel utama edisi ini agar wawasan kita diperluas.

Kolom Tips akan membahas tentang etika dalam melakukan pelayanan Hotline, yaitu salah satu bentuk pelayanan konseling dengan menggunakan telepon. Kiranya Tuhan memberkati Anda melalui pelayanan konseling yang Anda lakukan.

Selamat melayani. Staf Redaksi

Komentar