Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Editorial

Edisi C3I: e-Konsel 042 - Peran Seorang Ayah

Setiap hari Minggu ketiga bulan Juni (tahun ini jatuh pada tanggal 15 Juni), rakyat Amerika memperingati "Hari Ayah" atau "the Father's Day". Di Indonesia kita memiliki Hari Ibu, untuk menghormati para ibu, tapi sayang sekali belum ada hari khusus untuk para ayah. Oleh karena itu bertepatan dengan "Hari Ayah" ala Amerika ini, kami menyajikan tema "Peran Seorang Ayah", terutama dalam tugasnya untuk mendidik anak secara kristiani.

Salah satu tugas orang tua adalah mendidik anak-anaknya. Tetapi pada kenyataannya tugas ini sering dilimpahkan hanya kepada ibu saja karena ayah sangat disibukkan dengan tugas utamanya yaitu mencari nafkah untuk menghidupi keluarga. Dampak dari pola kehidupan yang seperti ini adalah anak lambat laun menjadi kehilangan sosok seorang ayah yang bisa menjadi contoh dalam bersikap, berpikir, bertindak, dsb. Memang dibutuhkan waktu dan kedekatan untuk mendidik anak tetapi sebenarnya hal ini tidak akan menjadi masalah jika ayah mau menyediakan waktunya, walaupun kadang hanya sedikit saja, untuk melakukan hal-hal kecil bersama dengan anak mereka, misalnya bermain bersama. Dengan demikian ayah akan tahu sifat-sifat dan kebutuhan anaknya sehingga menjadi lebih mudah baginya untuk mengajarkan hal- hal yang harus diketahui oleh anaknya

Nah, bagaimana seharusnya peran seorang ayah Kristen dalam hal mendidik anak-anak ini? Sajian kami pada edisi ini diharapkan dapat menolong para ayah untuk ikut bertanggung jawab dalam mendidik anak. Semoga sajian kami menjadi berkat.

Selamat menyimak dan Tuhan memberkati!

Tim Redaksi

Komentar