Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Editorial

Edisi C3I: e-Konsel 155 - Mengendalikan Emosi

Salam sejahtera,

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengungkapkan emosi. Ada yang diam dan memendam emosinya, ada yang menangis, tetapi ada pula yang meluapkannya dengan tindakan-tindakan yang kasar, misalnya marah-marah, memukul, mengumpat, merusak, atau tindakan lain yang bisa merugikan diri sendiri, bahkan orang lain.

Sebenarnya mengungkapkan emosi bukanlah tindakan yang buruk. Emosi memang perlu diungkapkan, namun hendaknya kita bisa mengungkapkannya di tempat yang tepat dan dengan cara yang tepat pula. Karena kegagalan mengendalikan emosi tidak hanya akan merugikan diri sendiri, tetapi juga dapat melukai orang lain. Saat ini ada banyak orang yang gagal dalam mengendalikan emosi mereka. Baca, lihat, dan dengar saja di media massa. Di sana sering diberitakan perusakan atau tindak kejahatan yang dilatarbelakangi oleh masalah emosi.

Bila mengungkapkan emosi adalah tindakan yang sah-sah saja, lalu bagaimana caranya kita bisa mengungkapkannya tanpa melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri dan orang lain? Melalui edisi awal Maret ini, kita maupun anak-anak kita dapat bersama-sama belajar mengendalikan emosi. Kiranya artikel yang kami sajikan menjadi berkat bagi pembaca sekalian.

Pimpinan Redaksi, Christiana Ratri Yuliani

Komentar