Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Editorial

Edisi C3I: e-Konsel 160 - Konseling bagi Korban Bencana

Salam sejahtera,

Gempa bumi, gelombang pasang, banjir, gunung meletus, dan angin ribut, sejak kurang lebih dua tahun ini silih berganti "mengunjungi" Indonesia. Ribuan jiwa menjadi korban dan mereka yang selamat harus rela kehilangan orang-orang yang mereka kasihi, juga harta benda yang selama ini mereka miliki. Berbagai bantuan untuk menolong mereka pun tak henti-hentinya diberikan, dari bantuan untuk keperluan sehari-hari hingga bantuan dana untuk memerbaiki tempat tinggal, serta modal untuk mereka kembali bangkit dari keterpurukan. Harapannya, melalui bantuan tersebut keadaan mereka perlahan-lahan membaik dan kehidupan dapat berjalan seperti semula.

Apakah hanya bantuan seperti itu saja yang mereka perlukan? Tentu saja tidak. Keadaan yang berubah drastis dalam sekejap tentu membuat kondisi kejiwaan mereka turut terguncang dan tidak menutup kemungkinan menimbulkan trauma pada diri mereka. Menolong mereka dalam mengatasi trauma atas peristiwa ini juga merupakan langkah yang bisa diambil untuk meringankan beban mereka. Namun ingat, ada hal-hal tertentu yang harus diperhatikan dalam melakukannya.

Dalam edisi "Konseling bagi Korban Bencana" ini, e-Konsel mengajak Pembaca untuk bersama-sama menimba pengetahuan dari artikel, ringkasan artikel, dan tanya jawab yang tersaji. Selamat menyimak, Tuhan memberkati.

Pimpinan Redaksi e-Konsel, Christiana Ratri Yuliani

Komentar