Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

e-Konsel, 1 July 2010, Volume 2010, No. 211

Mengenal dan Membimbing Anak Prasekolah
Editorial

Menolong Anak Menyongsong Masa Depan

Edisi C3I: e-Konsel 211 - Mengenal dan Membimbing Anak Prasekolah

Salam kasih, Bulan Juli merupakan bulan yang istimewa bagi anak-anak Indonesia. Pemerintah telah menetapkan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Indonesia. Setiap tahun pemerintah mengagendakan sejumlah acara untuk memperingati acara tersebut. Publikasi e-Konsel pun tidak ingin ketinggalan untuk meramaikan Hari Anak Nasional yang tahun ini bertema: "Anak Indonesia Belajar untuk Masa Depan". Sepanjang bulan Juli, redaksi e-Konsel -- yang baru saja berganti formasi -- menyajikan tema Konseling Anak, secara
Artikel

Mengenal Anak Prasekolah (Usia 3 -- 6 Tahun)

Edisi C3I: e-Konsel 211 - Mengenal dan Membimbing Anak Prasekolah

Emosi anak-anak prasekolah diungkapkan secara bebas. Dalam usia 3 tahun, anak-anak mengalami banyak rasa takut -- terhadap binatang, monster dan mungkin juga terhadap "serigala besar yang jahat". Karena mereka memunyai kesulitan untuk membedakan antara fakta dengan khayalan, mereka perlu diyakinkan berulang-ulang oleh orang tua mereka. Anak usia prasekolah juga sering merasa khawatir, iri hati, ingin tahu, senang, dan sayang. ... baca selengkapnya »

Sumber
Halaman: 
25 -- 29
Judul Buku: 
Pengantar Psikologi dan Konseling Kristen (2)
Pengarang: 
Paul D. Meier; Frank B. Minirth, M.D.; Frank B. Wichern, PH.D; Donald E. Ratcliff, PH.D
Penerbit: 
PBMR ANDI
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
2004
Tips

Memahami Bagaimana Anak-Anak Prasekolah Menghadapi Tekanan

Edisi C3I: e-Konsel 211 - Mengenal dan Membimbing Anak Prasekolah

Anak-anak berumur 3 sampai 5 tahun mengalami rasa kehilangan, ketakutan, dan situasi-situasi yang tidak biasa, jauh berbeda dengan orang-orang dewasa. Setiap anak prasekolah memiliki fase-fase perkembangan tersendiri. Jika Anda memahami bagaimana anak prasekolah Anda memikirkan tentang dunianya, Anda dapat menolongnya menghadapi masa-masa sulit dengan lebih baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat anak Anda tumbuh secara sosial dan emosional. Anak prasekolah belajar:
Sumber
Judul Artikel: 
Understanding How Preschoolers Handle Stress

Menolong Anak Prasekolah yang Berkebutuhan Khusus

ANAK HIPERAKTIF

Anak hiperaktif secara klinis berbeda dengan anak yang tidak dapat duduk diam dalam waktu yang lama. Anak hiperaktif sering memiliki perasaan seperti orang yang terkurung dalam kamar dengan televisi, radio, dan dua mesin penyedot debu yang semuanya dinyalakan secara maksimal dalam waktu bersamaan. Bisakah Anda bayangkan betapa berisiknya hal itu? Sebuah kelas sering kali menjadi "terlalu berisik" bagi anak hiperaktif. ... baca selengkapnya »

Komentar