Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Fokus C3I Februari 2011 - Kasih Agape

Fokus C3I Februari 2011 - Kasih Agape

Shalom,

Ada empat macam kasih yang familiar di telinga kita, yaitu kasih Agape, Eros, Storge, dan Phileo. Setiap kasih ini memiliki peranan masing-masing menurut arti katanya. Kasih yang tertinggi adalah kasih Agape -- kasih yang tidak bersyarat/kasih Ilahi. Fokus bulan ini mengangkat tema Kasih Agape. Mari kita belajar tentang kasih Agape sehingga kita dapat menunjukkan kasih itu kepada Tuhan dan sesama kita. Selamat belajar. Tuhan memberkati.

Shalom,

Ada empat macam kasih yang familiar di telinga kita, yaitu kasih Agape, Eros, Storge, dan Phileo. Setiap kasih ini memiliki peranan masing-masing menurut arti katanya. Kasih yang tertinggi adalah kasih Agape -- kasih yang tidak bersyarat/kasih Ilahi. Fokus bulan ini mengangkat tema Kasih Agape. Mari kita belajar tentang kasih Agape sehingga kita dapat menunjukkan kasih itu kepada Tuhan dan sesama kita. Selamat belajar. Tuhan memberkati.

Kasih (Agape) -- Ps. Thomas Sands

"Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing. Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna. Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku." (1 Korintus 13:1–3)

Kasih agape adalah kasih yang tertinggi. Kasih ini adalah kasih yang rela berkorban bagi obyek yang dikasihi.

"Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa." (Roma 5:8) ... baca selengkapnya »

Pelajaran tentang Kasih: Apa Itu Kasih?

Hal apa yang akan Anda pikirkan apabila Anda mendengar kata kasih? Banyak orang akan memikirkan tentang suatu hubungan. Dan itu adalah benar. Ada beberapa macam kasih:

  1. Kasih yang tidak bersyarat/kasih Ilahi (Agape)
  2. Kasih antara suami dan istri atau antara pasangan (Eros)
  3. Kasih dalam keluarga terutama antara anak dan orang tua (Storge)
  4. Kasih sesama teman atau kasih persaudaraan (Phileo)

Bahkan sesungguhnya dalam suatu kasih harus ada objek di mana seseorang dapat menunjukkan kasih dan sayang terhadap objek itu.

Dalam beberapa minggu yang akan datang, kita akan memulai belajar mengenai kasih. Kita akan melihat bagaimana dan kapan kita dapat mempraktikkan kasih yang lemah lebut, kasih yang teguh, kasih setia dan kasih yang radikal. Minggu ini kita akan membahas apa arti kasih itu. ... baca selengkapnya »

Kasih AGAPE (Kasih Tak Bersyarat, Kasih Tak Sebanding)

Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang. (Mrk. 10:45) ... baca selengkapnya »

Empat Jenis Kasih

Ada empat kata Yunani untuk kasih yang penting dimengerti orang Kristen. Kata-kata itu adalah agape, phileo, storge, dan eros. Tiga kata di antaranya muncul di dalam Alkitab. Jika kita hendak mengerti Alkitab dan dunia alkitabiah, penting bagi kita untuk mengerti apakah arti kata-kata ini dan di manakah perbedaannya.

Kata Yunani untuk kasih seksual atau hasrat kasih adalah eros, dan kita memperoleh kata Inggris seperti "erotic." Ketika eros dipakai sebagai kata benda, kata itu menunjuk kepada dewa kasih Yunani. Kata Yunani eros tidak muncul dalam teks alkitabiah, jadi kita tidak akan meluangkan waktu dalam artikel ini mengenai itu, tetapi kata ini sudah memiliki dampak terhadap bahasa Inggris dan pandangan kita tentang kasih seksual sehingga itu penting untuk disinggung. ... baca selengkapnya »

Kasih Agape Dalam Keluarga

Iklim dalam keluarga Kristen, sebagaimana seharusnya iklim dalam gereja, adalah suasana "saling mengasihi", "saling menerima", "saling mengampuni". Setiap manusia, setiap kita, memerlukan ke-3 hal ini untuk tercapainya keutuhan kehidupan kita, dan kita memerlukannya baik dalam kehidupan keluarga, maupun dalam kehidupan gereja.

Ketiga hal ini hanya dapat diperoleh selengkapnya di dalam keluarga di mana baik suami maupun istri menaati Yesus Kristus sebagai Tuhan atas kehidupan. Sebagaimana suatu keluarga tidak lengkap dengan adanya seorang ayah saja, atau seorang ibu saja, maka demikian pula suasana kasih dalam keluarga tidaklah lengkap dengan hanya ayah atau ibu yang menaati Yesus Kristus. Kehendak Allah adalah agar setiap keluarga Kristen berupa keluarga dalam mana baik suami maupun istri menaati Yesus Kristus. Tidak jarang terjadi keretakan atau kehancuran kehidupan keluarga di kala suami atau istri, atau kedua-duanya tidak lagi menaati Yesus Kristus. Untuk tercapainya dan terpeliharanya "suasana saling mengasihi", "saling menerima" dan "saling mengampuni" dalam keluarga, syaratnya adalah baik suami maupun istri bersedia menaati Yesus Kristus. ... baca selengkapnya »

Komentar


Syndicate content