Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Komunikasi

Komunikasi

artikel tentang komunikasi dan yang berkiatan dengan komunikasi

artikel tentang komunikasi dan yang berkiatan dengan komunikasi

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

Edisi C3I: e-Konsel 388 - Pendekatan terhadap Konseli

Mendengarkan dengan berkualitas akan membawa hasil yang baik. Namun, dibutuhkan kesadaran akan betapa perlunya orang didengarkan yang ditambah dengan waktu dan latihan.

Ketika kelelahan emosional yang berat memaksa saya pulang dari ladang misi, saya tahu saya membutuhkan bantuan. Takut, tetapi sangat membutuhkan jawaban, saya pun memutuskan untuk pergi ke kantor seorang konselor Kristen. ... baca selengkapnya »

Memberikan Saran dengan Sangat Hati-Hati

Memberikan saran sering kali dilakukan dengan buruk. Sangatlah penting untuk memikirkan dengan lebih berhati-hati tentang bagaimana kita memberikannya. Kita semua membutuhkan saran. Kita mencarinya setiap hari. Itu adalah bagian yang bijaksana dan alami sebagai ciptaan, dibanding Sang Pencipta. Namun, kita juga mengetahui bahwa saran dapat membantu atau memperburuk, dan dapat memberkati atau melukai hubungan.

Apa itu saran? ... baca selengkapnya »

Mengatasi Konflik dengan Mengikuti Pola Alkitab

Jangan kaget jika perasaan yang kuat atau perbedaan pendapat dapat mengancam keharmonisan gereja. Sekalipun Alkitab menunjuk orang percaya sebagai orang "kudus", tidak berarti mereka sempurna. ... baca selengkapnya »

Mengatasi Konflik

Ini adalah bagian dari hidup. Ini memisahkan bangsa-bangsa dan memecah-belah gereja-gereja. Ini menghancurkan keluarga-keluarga dan terkadang menimbulkan kekacauan bagi kita semua. Ini dapat mengakibatkan kemarahan, kecurigaan, bahkan perang. Ini bisa jadi merupakan alat setan yang paling umum dan paling efektif untuk menciptakan kekacauan dalam kehidupan kita. Inilah konflik. ... baca selengkapnya »

Konseling yang Berhasil

Jika Anda adalah orang yang peduli, Anda pasti memberi konseling. Apabila Anda berkata, "Saya tidak pernah bisa memberi konseling!" Artinya Anda mengatakan bahwa Anda tidak mau mendengarkan orang yang berbeban berat, yang datang kepada Anda untuk meminta pertolongan. ... baca selengkapnya »

Pengampunan Bukan Melupakan

Terlalu sering orang-orang berkata bahwa bukti jika kita benar-benar telah mengampuni seseorang adalah melupakan apa yang telah dia lakukan kepada Anda. ... baca selengkapnya »

Mengubah Pasangan Tanpa Perkataan

Kami tidak tahu apa yang ada dalam pikiran Anda saat membaca tema di atas. Tema ini datang dari pengalaman konseling kami di LK3 dan Yayasan Pelikan. Kami memberikan latihan untuk beberapa istri yang suaminya menyeleweng. ... baca selengkapnya »

Kebohongan Demi Kebaikan

Tanya:

Ayah saya meninggal dunia satu tahun yang lalu. Saya mengetahuinya karena seseorang menelepon saya untuk memberi tahu saya. Saya tidak mengatakan hal itu kepada ibu saya karena saya tidak mau ia menderita. Oleh karena itu, saya berbohong.

Namun, kemudian ibu saya mengetahui hal itu, dan ia mengatakan bahwa ia tidak akan pernah memaafkan saya. Saya tidak dapat berkata apa-apa lagi. Setiap malam saya menangis dan tidak bisa tidur. Saya merasa bersalah atas keadaan yang menjadi begini. Ibu saya sekarang sering minum minuman keras. Bapak Palau, saya memerlukan nasihat Bapak.

Jawab: ... baca selengkapnya »

Saya Ingin Menjadi Teman Macam Ini

Saya ingin menjadi teman yang selalu hadir, yang mengingat setiap hari ulang tahun, yang membuat surat-surat tulisan tangan yang indah, dan yang melontarkan percakapan asyik di Pinterest. Namun sebaliknya, saya adalah teman yang lupa untuk menelepon. Saya adalah teman yang terus-menerus menghilang. Saya adalah teman yang menanyakan alamat Anda kepada Anda berulang kali karena saya tidak pernah ingat untuk mencatatnya. ... baca selengkapnya »

Mengapa Konfrontasi Begitu Menakutkan?

Jawaban termudah bagi pertanyaan ini adalah bahwa sebagai orang berdosa kita menghabiskan kebanyakan waktu kita untuk bersembunyi dari, berdalih, atau menyalahkan orang lain untuk dosa kita. Alkitab mengatakan, "Manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat." (Yohanes 3:19) Tentunya ini benar. Orang berdosa (dan itu termasuk kita semua) cenderung merasa tidak nyaman ketika kehidupan mereka diperiksa. Kita cenderung merasa lebih nyaman melihat selumbar di mata sesama kita daripada melihat balok di mata kita sendiri. ... baca selengkapnya »

Komentar


Syndicate content