Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

Relasi -- Hubungan

Teman Hidup yang Dikenan Allah

Edisi C3I: e-Konsel 129 - Pasangan yang Tidak Seiman

"Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?" (2 Korintus 6:14)

Seiring dengan bertambahnya usia, kebutuhan emosional manusia semakin bertambah. Ketika seseorang memasuki usia remaja, ia mulai mendambakan kasih yang lain selain dari orang tuanya. Oleh karena itu, ketertarikan kepada lawan jenis adalah hal yang wajar. ... baca selengkapnya »

Ujaran Kebencian

Edisi C3I: e-Konsel 414 - Menyikapi Ujaran Kebencian

Maraknya ujaran kebencian di masyarakat Indonesia telah menimbulkan beberapa konflik horizontal. Rasa benci membuat banyak informasi menjadi bias, palsu, dan terjadi penyebaran fitnah. Tenggang rasa, empati, dan persaudaraan menjadi terkoyak hanya karena berbeda pandangan. Bahkan, serangan fisik dan bentrokan terjadi di beberapa daerah karena ujaran kebencian di media sosial. ... baca selengkapnya »

Bagaimana Seharusnya Orang Kristen Memandang Ujaran Kebencian?

Edisi C3I: e-Konsel 414 - Menyikapi Ujaran Kebencian

Apa yang Alkitab Katakan?

Tidak ada definisi universal resmi mengenai ujaran kebencian. Umumnya, ujaran kebencian merupakan komunikasi yang digunakan untuk secara sengaja menyakiti kelompok apa pun yang ada, termasuk kelompok-kelompok yang dikategorikan berdasarkan etnis, gender, orientasi seksual, atau agama. Tanggapan orang Kristen bergantung pada definisi yang mana yang digunakan untuk mengartikan ujaran kebencian itu.

Komunikasi yang digunakan untuk menghasut kebencian, kekerasan, dan/atau tindakan prasangka. ... baca selengkapnya »

Ketika Merasa Hampa

Edisi C3I: e-Konsel 411 - Menjadi Kosong untuk Diisi

Tanya: Saya tahu bahwa saya seharusnya bahagia, tetapi dalam hati, saya tidak bahagia. Saya memiliki karier yang baik dan pernikahan yang cukup bahagia, tetapi saya masih merasa seperti ada sesuatu yang hilang dalam hidup saya, dan saya tidak tahu apa itu. Mungkinkah itu Tuhan, seperti yang dikatakan teman saya? ... baca selengkapnya »

Bersyukur dalam Segala Hal

Edisi C3I: e-Konsel 409 - Mengembangkan Sikap Bersyukur

Apakah kita dapat bersyukur tidak peduli apa pun yang terjadi? Barangkali kita telah kehilangan pekerjaan kita baru-baru ini karena situasi ekonomi yang bergejolak. Barangkali kita mengalami penurunan kesehatan, atau kehilangan orang yang kita cintai. Keadaan seperti itu bisa sangat sulit. Meski demikian, kita semua masih punya banyak hal yang bisa disyukuri. Mari kita melihat bersama kisah seorang pria yang seharusnya punya semua hak untuk mengalami kepahitan, tetapi dia tidak demikian! ... baca selengkapnya »

Kemenangan atas Rasa Malu dari Pelecehan Seksual

Edisi C3I: e-Konsel 398 - Konseling untuk Korban Tindak Kekerasan Seksual

Pada beberapa kesempatan, saya berbicara tentang topik pelecehan seksual dan rasa malu yang terkait dengannya. Rasa malu adalah bagian yang meluas dari segala bentuk pelecehan atau dosa apa pun. Apa yang telah sangat memengaruhi saya saat saya memikirkan semua ini adalah bagaimana saudara-saudari seiman saya diliputi oleh dosa pelecehan seksual dan rasa malu yang menyertainya.

Dipengaruhi secara Tidak Kentara oleh Rasa Malu ... baca selengkapnya »

7 Cara untuk Menanggapi Para Pelaku Bullying

Para pelaku bullying sering memiliki stereotipe sebagai seorang anak yang lebih besar daripada anak-anak lainnya dan memiliki rambut bermodel spiky. Mereka juga memiliki cara-cara mengganggu yang stereotip yaitu "mencuri uang makan siang, mencuri dari tas, dan bahkan sesekali barang-barang di loker".

Namun, beberapa hal telah berubah, jadi mari kita lihat pelaku bullying modern. Mereka ada dalam segala bentuk dan ukuran dan sekarang, karena media sosial, mereka masuk lebih jauh terlibat dalam kehidupan sehari-hari, dan kadang-kadang hampir mustahil untuk dijauhi. ... baca selengkapnya »

Mengerti (Berempati)

Edisi C3I: e-Konsel 394 - Mengembangkan Keterampilan Sosial

Dalam rangka menurunkan kolesterol, akhir-akhir ini, saya sering bersepeda dari rumah ke pusat konseling Pastorium, terus ke SAAT, dan akhirnya pulang ke rumah. Karena bersepeda inilah, saya lebih mengerti beberapa hal yang sebelumnya tidak saya pahami. Pertama, saya baru mengerti mengapa ada kalanya sepeda motor, sepeda, dan becak berjalan di jalur yang berlawanan arah. Terkadang, penyebabnya adalah menyeberang atau memotong jalan merupakan suatu tugas yang susah. Jadi, lebih mudah dan lebih aman bagi si pengendara sepeda atau becak untuk membelok jika ia tetap di jalur yang salah itu. ... baca selengkapnya »

Cara Membantu Mengembangkan Keterampilan Sosial dan Komunikasi

Edisi C3I: e-Konsel 394 - Mengembangkan Keterampilan Sosial

Ada begitu banyak hal yang bisa dicantumkan dalam daftar keterampilan penting yang perlu kita kembangkan untuk membangun atau membuat sebuah hubungan. Saya telah melakukan konseling lebih dari 10 tahun, dan semua kata bijaksana yang seharusnya saya ucapkan sejak hari itu tidak terlalu berarti dibandingkan dengan keuntungan yang dihasilkan dari satu keterampilan ini dalam konseling dan dalam hubungan-hubungan pribadi saya. Keterampilan sosial apa yang paling penting? Ini dia: seni mendengarkan. ... baca selengkapnya »

Hidup Melajang yang Bermakna

Edisi C3I: e-Konsel 393 - Panggilan Hidup Melajang

Berapa kali Anda mendengar seseorang berkata, "Dia orang yang begitu hebat, bagaimana mungkin dia masih melajang?" Atau, "Dia tipe istri idaman. Kapan dia akan menikah?" Implikasi di balik pertanyaan tersebut adalah bahwa pria dan wanita yang hebat itu menikah, dan mereka yang tidak hebat tidak menikah. Banyak orang menilai, menjadi seorang lajang identik dengan hal-hal seperti ini: mereka kurang baik, lebih rendah, entah bagaimana "kurang" dari orang lain yang menikah. Menanggapi pernyataan ini, Alkitab mengajarkan bahwa orang Kristen lajang tidak dinilai dari status lajang mereka, tetapi oleh kesatuan mereka dengan Yesus Kristus. ... baca selengkapnya »

Komentar


Syndicate content