Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Kesulitan Membaca

Edisi C3I: e-Konsel 167 - Menangani Anak Sulit Membaca

Umur dan kecepatan anak-anak dalam belajar membaca sangat beraneka, seperti juga dalam kebanyakan aspek perkembangan lainnya. Kebanyakan anak belajar membaca antara usia 3 dan 8 tahun. Bagi beberapa orang, proses untuk menjadi pembaca dapat memerlukan waktu 2 atau 3 tahun. Bagi yang lainnya, segala-galanya berjalan lancar sehingga dalam enam bulan mereka dapat menjadi pembaca yang bersemangat dan tidak bergantung kepada orang lain.

Tetapi persentase kecil anak-anak memang mengalami kesulitan-kesulitan tertentu dalam belajar membaca. Ada sejumlah sebab yang memungkinkannya.

Kapan Harus Kuatir?

Karena banyaknya variasi dalam umur dan kecepatan anak-anak dalam belajar membaca, sering kali sukar bagi orang tua untuk mengetahui kapan harus memprihatinkan ketidakmajuan anaknya dalam pelajaran.

Jangan risau bila anak Anda belum berumur tujuh tahun. Jika pada usia ini tidak ada kemajuan, Anda perlu mengambil beberapa langkah. Tidaklah masuk akal untuk menganggap bahwa jika masalah ini diabaikan, maka akan hilang dengan sendirinya. Dengan bertambahnya usia, akan makin sulit untuk menangani masalah mereka dalam membaca.

Apa yang Harus Dilakukan?

Periksa daftar pengecekan di bawah ini untuk memastikan bahwa Anda memberikan dukungan dan dorongan yang benar kepada anak Anda dan jangan mengharapkan yang tidak mungkin mengenai anak Anda. Jika Anda masih risau, beritahu guru anak Anda dan buatlah janji untuk bertemu dengan kepala sekolah untuk membahas situasi ini dengannya.

Jika tampaknya ada masalah baca yang parah, ia mungkin menyarankan, atau Anda dapat meminta, suatu penilaian oleh seorang pakar psikologi pendidikan.

Daftar Pengecekan untuk Orang Tua

Jika tampaknya anak Anda menghadapi kesulitan dalam pelajaran membaca, tanyalah diri sendiri apakah Anda memberikan cukup bantuan yang benar. Bacalah daftar ini untuk membantu Anda memutuskan.

  • Apakah Anda memberikan bantuan yang teratur dengan pembacaan di rumah? Lima menit tiap hari akan jauh lebih baik daripada setengah jam, seminggu sekali.

  • Apakah Anda memberikan banyak waktu kepada anak Anda untuk melihat-lihat buku sebelum memintanya mencoba membacakannya untuk Anda?

  • Apakah Anda menggunakan buku-buku dari tingkat yang benar untuk anak Anda? Anda memerlukan buku yang mudah untuk mendorong kelancaran dan pemahaman cerita, tetapi bukan sesuatu yang kebayi-bayian yang akan meremehkan harga diri. Sebuah buku yang terlalu sukar dan memerlambat pembacaan akan sulit dipahami.

  • Apakah Anda menyediakan banyak kesempatan bagi anak Anda untuk menulis? Ingat bahwa menulis akan membantu baik membaca maupun mengeja, namun diperlukan suatu tujuan untuk menulis.

  • Apakah anak Anda memahami bahwa Anda yakin akan kemampuannya dalam membaca? Usahakan agar tidak memberitahu dia akan kekuatiran apapun yang Anda punyai mengenai kekurangmajuannya, jangan pernah menyebabkan ia merasa bahwa Anda memastikan dia akan gagal.

  • Pernahkah Anda berbicara dengan guru anak Anda? Ia sendiri mungkin prihatin mengenai kemajuan anak Anda dan mampu menyarankan cara-cara lebih lanjut di mana Anda dapat membantu di rumah, atau mungkin ia merasa bahwa Anda terlalu banyak mengharapkan padahal anak Anda maju sesuai dengan kemampuannya.

  • Masihkah Anda membaca untuk anak Anda dengan teratur? Menikmati buku-buku bersama-sama akan memberinya motivasi untuk belajar membaca.

  • Sudahkah Anda memeriksakan anak Anda kepada dokter pendengaran dan penglihatan? Masalah penglihatan atau pendengaran jelas akan memengaruhi kemampuan belajarnya.

Pengajaran Istimewa

Anak-anak yang merasa sangat sulit membaca sering kali dapat dibantu oleh seorang guru spesialis mereka di sekolah.

Biasanya guru-guru ini mengajar kelompok kecil, atau bahkan hanya satu anak, tiap kali. Sangat diperhatikan untuk menggunakan buku-buku yang sangat menarik, tetapi teksnya sederhana. Dengan bantuan ekstra semacam ini, kebanyakan anak dapat mengatasi kesulitan mereka dalam membaca.

Kadang-kadang anak yang besar, orang tua, dan orang lain direkrut untuk ikut serta dan memberikan bantuan ekstra bagi pembaca lamban, di bawah pengawasan seorang guru spesialis.

Disleksia

Beberapa anak yang mengalami kesukaran dalam pelajaran membaca dapat berprestasi normal dalam semua mata pelajaran lainnya. (Meskipun pada waktunya ketidakmampuan membaca yang tak terhindarkan itu akan menghambat hampir semua tugas sekolah.) Anak-anak ini sering didiagnosis sebagai disleksik, meskipun tidak semua anak dengan masalah baca dapat dinilai dengan tepat secara demikian.

Anak-anak disleksik sering mengeja dengan cara yang sangat aneh dan umumnya memunyai masalah dalam setiap tugas yang menuntut pengurutan. Mereka tahu huruf-huruf apa yang harus dituliskan, namun mereka menuliskannya dalam urutan yang keliru.

Merupakan perjuangan yang sukar bagi anak-anak disleksik untuk belajar membaca dan mengeja, dan sering ini diperparah oleh orang-orang yang tidak memahami kondisi itu, yang yakin bahwa anak-anak ini malas dan bodoh.

Tetapi sekarang lebih banyak yang diketahui mengenai bagaimana membantu para penderita disleksia. Mereka membutuhkan pengajaran istimewa, dengan suatu program yang sangat terstruktur yang digunakan tiap harinya. Mereka yang menderita disleksia ringan sering menanggapi sangat cepat terhadap penanganan ini. Mereka yang menderita disleksia berat memerlukan lebih banyak waktu dan kesabaran. Hampir semua dari mereka memang belajar, meskipun mungkin mereka selalu membaca dengan perlahan dan memerlukan suatu kamus yang baik untuk membantu mereka.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Sumber
Halaman: 
44 -- 45
Judul Buku: 
Membantu Putra Anda Belajar Membaca
Pengarang: 
Betty Root
Penerbit: 
Periplus
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
2003

Komentar