Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Konseling dengan Orang Tua

Sekolah Kristen akan memanggil orang tua untuk datang konseling ke sekolah guna membicarakan bagaimana membesarkan anak mereka atau apa yang dapat dilakukan bila ada masalah khusus. Personel sekolah dapat melihat bahwa murid tertentu memunyai kebutuhan khusus, dan perlu mengomunikasikannya dengan orang tuanya. Sering kali orang tua mengabaikan prinsip-prinsip perkembangan anak dalam pendidikan dan disiplin. Merupakan ide yang baik bila sekolah dapat menyediakan buku-buku yang dapat membantu orang tua di perpustakaan. Kepala sekolah dan guru dapat mengadakan konseling dengan orang tua bila pendeta setempat tidak dapat melakukannya, oleh karena banyaknya kesibukan. Beberapa orang tua mungkin tidak ke gereja. Apa pun yang Anda lakukan, Anda akan sering terlibat dalam satu atau dua hal untuk membantu dan berkonseling dengan orang tua. Beberapa materi konseling dapat dipersiapkan terlebih dulu oleh kepala sekolah dan guru. Satu hal di mana orang tua sering membutuhkan bantuan adalah masalah disiplin.

Program Perkenalan dan Pelatihan bagi Orang Tua

Program sekolah yang perlu dilakukan secara teratur dengan orang tua:

  1. Menjadwalkan pertemuan perkenalan pada awal semester adalah baik. Filosofi dasar sekolah dapat dibagikan, dan orang tua dapat diperkenalkan dengan bagaimana cara sekolah bekerja serta apa yang diharapkan selama setahun. Pertemuan ini seharusnya tidak perlu terlalu lama melainkan "to the point" (langsung ke pokok pembicaraan). Staf pengajar dapat diperkenalkan pula pada pertemuan ini.
  2. Pertemuan dengan orang tua secara teratur dapat dijadwalkan selama satu semester, dan pembicara khusus dapat dijadwalkan pula untuk memberikan informasi yang berguna bagi orang tua. Bila mungkin, para guru seharusnya berpartisipasi dalam pertemuan ini, dan mereka seharusnya didorong untuk menemui orang tua seusai pertemuan. Orang tua menikmati kesempatan untuk bercakap-cakap dengan guru atau bertanya beberapa pertanyaan. Penting untuk mengingat bahwa Allah telah memberi tanggung jawab pendidikan kepada orang tua, dan sekolah sedang berusaha untuk membantu orang tua dalam melaksanakan tugas yang diberikan Allah ini.
  3. Pelatihan orang tua. Beberapa orang tua mungkin menemui kesulitan dalam mengikuti pelajaran dan pekerjaan rumah anak mereka. Anda mungkin tertarik untuk memberikan pelatihan sore hari mengenai matematika, bahasa, maupun pendidikan dari perspektif Kristen, termasuk apakah wawasan Kristen itu dan seperti apakah keluarga Kristen itu.
  4. Laporan yang teratur kepada orang tua adalah suatu keharusan. Pertemuan dengan orang tua perlu dijadwal paling sedikit dua kali selama satu semester. Pertemuan ini akan memberikan kesempatan bagi guru untuk menerangkan apa yang telah dia amati dari si anak dan karakter positif apa yang anak miliki maupun yang perlu dikembangkan. Dalam hal ini, penting untuk menyepakati suatu strategi untuk menolong anak dalam bidang yang ia butuhkan. Laporan guru dan kesepakatan strategi dapat dicatat dan ditanda tangani oleh orang tua pada akhir pertemuan. Dapat dibuat sebuah formulir untuk tujuan ini.

Diambil dari:

Sumber
Halaman: 
99
Judul Artikel: 
Konseling dengan Orang Tua
Judul Buku: 
How to Start & Develop a Christian School (Bagaimana Memulai dan Mengembangkan Sekolah Kristen)
Pengarang: 
James W. Braley
Penerbit: 
ACSI Indonesia
Kota: 
Surabaya
Tahun: 
2004

Komentar