Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Konseling Klinis

Edisi C3I: e-konsel 269 - Konseling Pastoral bagi Orang Sakit

Dalam menjalankan konseling pastoral, terkadang kita juga diminta untuk memberikan konseling bagi orang-orang sakit yang ada di rumah sakit. Konseling yang terkait dengan klinik/rumah sakit/kesehatan ini disebut konseling klinis. Nah, untuk saling berbagi dengan Sahabat Konsel yang mungkin sudah memiliki pengalaman dalam hal ini, e-Konsel membuka pertanyaan di dinding Facebook e-Konsel. Puji Tuhan, respons yang diberikan para Sahabat cukup beragam. Simak komentar mereka berikut ini.

e-Konsel: Apakah Anda pernah memunyai pengalaman dalam proses konseling klinis?

Komentar:

Frisca Vie: Iya punya, Vie konselor bersertifikat untuk para penderita ODHA dan OHIDA.

Shmily Tilestian: Belum pernah...

e-Konsel:

@Vie: Wow, sepertinya menantang ya... kesulitan apa yang sering Anda hadapi, Vie?

@Shmily: Oke, tak apa.

Frisca Vie: Yang paling sulit, di saat Vie musti memberi tahu ke mereka kalau ternyata mereka positif HIV, rasa prihatin tapi kita dituntut untuk tidak bersimpati terhadap pasien, melainkan berempati, apalagi kalau melihat reaksi mereka... mau menangis tapi tidak boleh, itulah momen yang paling sulit dilalui. Momen untuk memberitahukan/menyampaikan hasil VCT positif terhadap pasien.

Theresia S. Setyawati: Belum pernah sih, selama ini. Cuma waktu itu, pernah ikut seminar konseling klinis.

e-Konsel:

@Vie: Saya bisa membayangkan dan mengerti perasaan Anda. Sebagai konselor memang kita dituntut untuk tegas dan tegar sekaligus tetap memiliki kasih. Bersyukurlah Anda akhirnya bisa melewatinya.

@Theresia: Oya? Paling tidak dengan begitu, Anda memiliki latar belakang teorinya, kan? Tinggal dipraktikkan.

Frisca Vie: Iya benar, bisa bertahan sampai sekarang ini hanya karena pertolongan Tuhan Yesus, tanpa Dia saya tidak mampu. Praise the Lord.

e-Konsel: @Vie: Segala puji hanya bagi Tuhan. Selamat! Anda menjadi alat-Nya yang berharga... selamat melayani, semoga Anda tidak mudah lelah dan menyerah.

Frisca Vie: Amin, terima kasih e-Konsel. GBU.

e-Konsel: @Vie: Kembali kasih, Nona.

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda pernah terlibat dalam konseling klinis? Mari kita berbagi cerita di Facebook e-Konsel dengan alamat: < http://www.facebook.com/sabdakonsel/posts/10150329374828755 >. Kami tunggu partisipasi Anda.

Komentar