Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Langkah 7 Pilihlah Penolakan Bukan Penyerahan


LANGKAH 7: PILIHLAH PENOLAKAN BUKAN PENYERAHAN

Penyerahan yang dimaksud di sini adalah secara tidak sengaja memberikan diri atau menyetujui tanpa persetujuan (menyerah). Langkah terakhir menuju kemerdekaan adalah melepaskan semua dosa dari nenek moyang anda dan kutukan apapun bentuknya yang barangkali sudah ditujukan pada anda. Dalam memberikan Sepuluh Hukum Allah berfirman: "Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, Tuhan Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku!" (Kel 20:4-5*).

Roh-roh yang demikian itu dapat diturunkan dari satu angkatan ke angkatan berikutnya jika tidak dilepaskan ditolak dan jika warisan rohani anda yang baru dalam Kristus tidak dinyatakan. Anda tidak bersalah karena dosa nenek-moyang, tetapi karena dosa mereka, Iblis telah mendapat peluang untuk masuk ke dalam keluarga anda. Ini tidak untuk menyangkal bahwa banyak persoalan diturunkan secara alami ataupun terjadi karena suasana lingkungan yang tidak bersusila. Ketiga keadaan tersebut (Iblis, keturunan alami dan lingkungan) secara keseluruhan dapat mempengaruhi seseorang pada dosa tertentu. Sebagai tambahan, orang-orang yang disesatkan bisa saja berusaha untuk mengutuk anda atau satu kelompok pengikut Setan menjadikan anda sebagai sasaran dari serangan mereka. Anda memiliki semua otoritas dan perlindungan yang anda butuhkan di dalam Kristus untuk berdiri teguh melawan kutukan-kutukan dan penugasan dari roh jahat. Untuk bisa mengalami kebebasan dari pengaruh-pengaruh masa lalu, bacalah pernyataan dan doa berikut, pertama-tama untuk diri anda sendiri agar dengan demikian anda tahu dengan pasti apa yang anda nyatakan dan mohonkan. Kemudian akui bahwa anda telah menerima kedudukan dan perlindungan baru di dalam Kristus dengan mengucapkan secara lisan pernyataan tersebut dan rendahkan diri anda di hadapan Allah dalam doa.

Pernyataan

Saya saat ini menolak dan memutuskan ikatan dengan
semua dosa-dosa dari nenek-moyang saya. Sebagai
orang yang telah dilepaskan dari kuasa kegelapan
dan dipindahkan ke dalam kerajaan Anak Allah yang
kekasih, saya membatalkan semua perbuatan kuasa
kegelapan yang sudah diturunkan kepada saya dari
nenek-moyang saya. Sebagai orang yang sudah
disalibkan dan dibangkitkan bersama Yesus Kristus
dan yang sudah ditempatkan bersama Dia di surga,
saya melepaskan semua pekerjaan Iblis yang
ditujukan kepada saya dan pelayanan saya, dan saya
batalkan setiap kutukan Setan dan pekerja-pekerjanya
yang sudah ditempatkan pada saya. Saya umumkan
pada Setan dan semua kekuatannya bahwa Kristus
sudah dijadikan kutuk untuk saya (Gal 3:13*)
ketika Dia mati untuk dosa-dosa saya di kayu salib.
Saya menolak segala bentuk dan macam cara yang dipakai
Setan untuk menuntut pemilikannya atas diri saya.
Saya menjadi milik Tuhan Yesus Kristus yang sudah
membeli saya dengan darahNya sendiri. Saya
menolak semua korban penumpahan darah lainnya
yang melaluinya, Iblis mau menuntut pemilikannya
atas diri saya. Saya menyatakan bahwa selama-lamanya
dan secara penuh saya telah menyerahkan
dan mengabdi pada Tuhan Yesus Kristus. Dengan
melalui otoritas yang saya punyai dalam Yesus Kristus,
sekarang saya perintahkan setiap roh-roh jahat dan
setiap musuh Tuhan Yesus Kristus yang berada di
dalam diri saya dan sekeliling saya untuk pergi dari
hadapan saya. Saya menyerahkan diri saya pada
Bapa Sorgawi untuk melakukan kehendakNya mulai
hari ini dan seterusnya.

Doa

Bapa Surgawi. Saya datang kepada-Mu sebagai anak-Mu
yang dibeli dengan darah Tuhan Yesus Kristus.
Engkau adalah Tuhan dari alam semesta dan Tuhan
dari kehidupan saya. Saya menyerahkan tubuh saya
kepada-Mu sebagai alat untuk kebenaran, sebagai
satu korban persembahan yang hidup, agar saya
dapat memuliakan-Mu dalam tubuh saya. Sekarang
saya mohon kepadaMu untuk memenuhi saya dengan
Roh Kudus-Mu. Saya menyerahkan diri saya pada
pembaharuan pikiran untuk membuktikan bahwa
kehendak-Mu bagi saya adalah baik, sempurna dan
dapat saya terima. Semua ini saya lakukan dalam
nama dan kuasa dari Tuhan Yesus Kristus. Amin.

Jika anda telah sungguh-sungguh dimerdekakan melalui ketujuh langkah ini, mungkin beberapa hari atau beberapa bulan kemudian anda akan mengalami bahwa pengaruh-pengaruh si jahat berusaha untuk masuk lagi ke dalam diri dan kehidupan anda. Seseorang menceritakan bahwa dua hari setelah ia dimerdekakan, ia mendengar suara roh berbisik, "Saya kembali." "Tidak, engkau tidak dapat," jawabnya dengan suara keras. Dengan segera serangan itu mundur. Kita harus memenangkan peperangan yang besar dengan cara memenangkan pertempuran-pertempuran kecil yang terjadi di dalamnya. Kemerdekaan harus dipelihara. Ada seorang wanita yang merasa sangat gembira oleh karena ia beroleh kemenangan setelah seluruh langkah ini dijalaninya. Kemudian ia bertanya, "Apakah saya akan selalu seperti ini?" Saya memberitahukan kepadanya bahwa ia akan tetap bebas selama ia tinggal di dalam hubungan yang benar dengan Allah. "Tetapi jika anda tergelincir dan jatuh, bukankah anda tahu bagaimana cara untuk memperbaiki kembali hubungan anda dengan Allah?"

Seorang korban kekejaman yang luar biasa memberikan kepada saya sebuah ilustrasi. "Seolah-olah saya dipaksa untuk melakukan sesuatu dengan seorang asing yang buruk rupa di rumah saya sendiri. Rasanya saya ingin lari, tetapi orang asing yang buruk rupa itu tidak mengizinkan saya. Akhirnya saya memanggil polisi (yang lebih berkuasa). Mereka datang, lalu mengawal orang asing itu keluar. Ia mengetuk pintu dan berusaha untuk masuk lagi, tetapi kali ini saya mengenal suaranya dan tidak mengizinkannya masuk." Ilustrasi di atas menggambarkan kemerdekaan yang diperoleh dalam Kristus dengan baik sekali. Kita memanggil Yesus, Penguasa Tertinggi, dan Ia mengawal musuh ke luar dari kehidupan kita. Raihlah kebenaran, berdirilah teguh di atasnya, dan tolaklah si jahat. Carilah persekutuan Kristen yang baik dan tetapkanlah diri anda untuk melakukan Pemahaman Alkitab dan berdoa secara teratur. Allah mengasihi anda dan tidak akan meninggalkan anda. Amin.


Komentar