Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Langkah Untuk Berdamai dengan Allah

Dosa membuat hubungan antara manusia dengan Allah menjadi rusak. Untuk memperbaiki hubungan tersebut, satu-satunya jalan adalah dengan mengadakan pendamaian. Bagaimana caranya berdamai dengan Allah? Berdamai merupakan tindakan yang melibatkan dua pihak. Jika salah satu pihak tidak setuju dengan apa yang ditawarkan pihak lain, niscaya perdamaian keduanya tidak akan terwujud. Allah menawarkan jalan damai kepada manusia, sekalipun sebenarnya manusialah yang telah berbuat dosa. Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk menyambut tawaran pendamaian dari Allah? Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ambil.

1. Pahami tujuan Allah.

Tuhan mengasihi dan menghendaki kita memperoleh damai sejahtera dan hidup kekal (Roma 5:1; Yohanes 3:16; Yohanes 10:10).

2. Sadari bahwa dosa merupakan pemisah antara kita dengan Allah.

Tuhan menciptakan kita menurut rupa dan gambar-Nya agar kita memperoleh hidup yang kekal. Dia tidak menciptakan kita seperti robot. Tuhan memberikan kita keinginan dan kebebasan untuk memilih. Kita bebas memilih untuk menuruti Tuhan dan menuruti kemauan diri kita sendiri. Namun, jika kita salah memilih kita bisa jatuh dalam dosa. Inilah yang memisahkan kita dari Tuhan (Roma 3:23; Yesaya 59:2). Dosa itu juga yang membawa kita ke dalam kematian kekal (Roma 6:23).

Orang-orang telah melakukan banyak cara untuk menjembatani jurang pemisah antara mereka dan Tuhan. Namun, tidak ada jembatan yang dapat mencapai Tuhan kecuali Tuhan Yesus.

3. Jalanilah jembatan Allah -- salib Yesus.

Yesus Kristus mati di kayu salib dan mengalahkan maut. Dia membayar hukuman untuk dosa kita dan menjembatani jurang pemisah antara Allah dan manusia. Yesus telah menanggung dosa manusia satu kali dan untuk selamanya (1 Timotius 2:5; 1 Petrus 3:18; Roma 5:8). Tuhan telah menyediakan satu-satunya jalan dan masing-masing orang harus membuat keputusan.

4. Terimalah Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.

Kita harus percaya kepada Yesus Kristus dan menerimanya sebagai Tuhan dan Juru Selamat secara pribadi (Wahyu 3:20; Yohanes 1:12; Roma 10:9).

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda mau menerima Yesus Kristus sekarang? Berikut langkah untuk menerima Yesus sebagai Juru Selamat pribadi.

  1. Akui siapa diri Anda (Aku adalah seorang yang berdosa).
  2. Miliki keinginan untuk berbalik dari dosa (bertobat).
  3. Percaya bahwa Yesus telah menebus dosa Anda di kayu salib dan mengalahkan maut.
  4. Berdoa dan undanglah Yesus masuk ke dalam kehidupan Anda, dan mengambil alih seluruh hidup Anda melalui Roh Kudus.

Di bawah ini adalah contoh doa untuk berdamai dengan Allah.

"Ya Tuhan, Aku tahu bahwa aku adalah orang berdosa dan aku butuh pengampunanmu. Aku percaya bahwa Engkau telah mati untuk menanggung dosa-dosaku. Aku ingin berbalik dari semua dosa-dosaku. Sekarang aku ingin mengundang-Mu masuk ke dalam hati dan kehidupanku. Aku ingin memercayai dan mengikuti-Mu sebagai Tuhan dan Juru Selamatku. Dalam nama Tuhan Yesus." Amin.

Percayalah bahwa Anda dan Allah sudah didamaikan karena anugerah Allah melalui pencurahan darah Yesus untuk menyucikan Anda dari dosa (Efesus 2:8-9).

Setelah menerima Yesus, kita pun dilahirkan kembali dalam keluarga Tuhan, melalui karya-Nya yang ajaib dan Roh Kudus yang berdiam di dalam diri orang percaya. Apa yang harus kita lakukan selanjutnya? Tetap berdamai dengan Tuhan. Caranya:

  1. Membaca Alkitab setiap hari untuk mengenal Tuhan lebih lagi.
  2. Bercakap-cakap dengan Tuhan melalui doa setiap hari.
  3. Bersaksi kepada orang lain tentang Tuhan.
  4. Persekutuan, pujian penyembahan, dan melayani Tuhan dengan orang-orang percaya lainnya di gereja.
  5. Sebagai wakil Allah di dunia yang butuh akan kebenaran ini, tunjukkan kehidupan baru Anda melalui kasih dan pengertian kepada orang-orang di sekitar Anda.

Diambil dan diringkas dari:

Nama situs : Webs
Alamat URL : http://www.freewebs.com/alvinsui/langkahutkberdamaiden.htm
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 10 Februari 2011

Komentar