Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Melangkah Menuju Kemerdekaan dalam Kristus

Saya sungguh yakin bahwa karya Yesus Kristus yang telah diselesaikan dan hadirat Allah dalam hidup kita adalah satu-satunya cara kita untuk menyelesaikan konflik pribadi dan konflik rohani. Kristus adalah satu-satunya pengharapan kita (Kolose 1:27), dan hanya Dia yang sanggup memenuhi kebutuhan kita yang terdalam: kebutuhan untuk diterima, identitas, rasa aman, dan arti diri. Jangan berpikir bahwa proses konseling pemuridan yang mendasari langkah-langkah ini semata-mata adalah teknik konseling lain yang kita pelajari. Ini adalah perjumpaan dengan Allah. Dia adalah Penasihat Ajaib. Dialah yang mengaruniakan pertobatan yang menuntun kita menuju pengetahuan mengenai kebenaran yang memerdekakan kita (2 Timotius 2:25-26).

Langkah-langkah menuju kemerdekaan dalam Kristus ini tidak memerdekakan Anda. Kristuslah yang memerdekakan Anda, dan apa yang memerdekakan Anda adalah tanggapan Anda kepada-Nya dalam pertobatan dan iman. Langkah-langkah ini hanyalah sarana untuk membantu Anda berserah kepada Allah dan melawan Iblis (Yakobus 4:7). Maka, Anda dapat mulai memiliki hidup yang berbuah dengan tinggal dalam Kristus dan menjadi ciptaan yang sesuai dengan rencana-Nya. Banyak orang Kristen akan mampu melewati langkah-langkah ini seorang diri dan mendapatkan kemerdekaan luar biasa yang telah dibeli Kristus bagi mereka di atas kayu salib. Maka mereka akan mengalami damai sejahtera Allah yang melampaui segala akal, dan akan memelihara hati dan pikiran mereka (Filipi 4:7).

Sebelum Anda Memulai

Kesempatan untuk memperoleh kemerdekaan dan mempertahankannya akan menjadi jauh lebih besar bila Anda terlebih dulu membaca "Victory Over the Darkness" dan "The Bondage Breaker". Banyak orang Kristen di dunia Barat harus memahami dunia rohani dan hubungan kita dengannya. Sebagian di antaranya tidak dapat membaca buku-buku tersebut dan bahkan Alkitab karena dalam pikiran mereka terjadi peperangan. Mereka membutuhkan bantuan orang lain yang telah terlatih. Teologi dan proses yang praktis dalam konseling pemuridan disajikan dalam buku saya, "Helping Others Find Freedom in Christ", dan "Training Manual and Study Guide" dan "Program Pelatihan Video". Secara alkitabiah buku ini berusaha memadukan kenyataan dunia rohani dan dunia natural agar kita dapat memiliki jawaban yang lengkap untuk semua orang. Dengan berbuat demikian, kita tidak dapat mempertentangkan pelayanan psikoterapi yang tidak memedulikan kenyataan dunia rohani atau berusaha melakukan pelayanan pelepasan yang tidak memedulikan masalah perkembangan dan tanggung jawab manusia.

Mungkin Anda Membutuhkan Bantuan

Idealnya, yang terbaik adalah bila semua orang memiliki sahabat, pendeta, atau konselor yang dipercaya yang akan membantu mereka melewati proses tersebut. Ini adalah penerapan hikmat dalam Yakobus 5:16: "Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya." Seseorang dapat mendukung Anda dalam doa dengan memberikan nasihat yang objektif. Saya pernah mendapatkan kehormatan membantu banyak pemimpin Kristen yang tidak mampu menyelesaikan hal ini seorang diri. Banyak kelompok Kristen di seluruh penjuru dunia menggunakan pendekatan ini dalam berbagai bahasa dan melahirkan hasil-hasil luar biasa karena Tuhan rindu melihat semua orang bertobat (2 Petrus 3:9) dan mengetahui kebenaran yang memerdekakan kita dalam Kristus (Yohanes 8:32).

Menggunakan dan Mempertahankan Kemerdekaan

Kristus telah memerdekakan kita melalui kemenangan-Nya atas dosa dan maut di atas kayu salib. Namun menggunakan kemerdekaan dalam Kristus melalui pertobatan dan iman berbeda dengan mempertahankan kemerdekaan hidup kita dalam Kristus. Kristus telah membebaskan kita agar kita dimerdekakan dari dosa, namun kita diperingatkan jangan kembali pada kuk perhambaan, yang dalam konteks ini adalah legalisme (Galatia 5:1), atau mengubah kemerdekaan kita menjadi kesempatan bagi kedagingan (Galatia 5:13). Menjadikan orang lain merdeka dalam Kristus memungkinkan mereka berjalan dengan iman yang menurut firman Allah adalah benar, untuk hidup dengan kuasa Roh Kudus dan tidak menuruti keinginan daging (Galatia 5:16). Kehidupan Kristen yang sejati menghindari legalisme dan kebebasan.

Jika Anda belum memiliki kemerdekaan, mungkin itu adalah karena Anda belum berdiri teguh dalam iman atau tidak aktif mengambil tempat Anda dalam Kristus. Tanggung jawab setiap orang Kristen adalah melakukan segala yang diperlukan demi mempertahankan hubungan yang benar dengan Allah dan sesama. Nasib kekekalan Anda tidak dipertaruhkan. Allah tidak akan pernah meninggalkan dan membiarkan Anda (lihat Ibrani 13:5), namun, kemenangan Anda setiap hari akan dipertaruhkan bila Anda gagal menuntut dan mempertahankan kedudukan Anda dalam Kristus.

Kedudukan Anda dalam Kristus

Anda bukan korban tak berdaya yang terjepit di antara dua kekuatan surgawi yang luar biasa yang hampir sama tetapi bertentangan. Setan adalah penipu. Hanya Allah yang Mahakuasa, Mahahadir, dan Mahatahu. Kadangkala, dosa dan kejahatan mungkin tampak lebih nyata dibanding hadirat Allah, tetapi itu adalah bagian tipu daya Iblis. Iblis adalah musuh yang telah dikalahkan dan kita ada di dalam Kristus. Pengetahuan yang benar mengenai Allah, mengenal identitas, dan kedudukan kita dalam Kristus adalah faktor penentu terbesar bagi kesehatan mental kita. Konsep yang salah mengenai Allah, pemahaman yang keliru mengenai diri kita sebagai anak Allah, dan pendewaan yang salah terhadap Iblis adalah penyebab terbesar terjadinya sakit jiwa.

Banyak penyakit kita yang berkaitan dengan penyakit jiwa. Bila semua ini diselesaikan dalam Kristus, tubuh kita akan berfungsi lebih baik dan kesehatan kita akan jauh lebih baik. Masalah-masalah lainnya jelas bersifat jasmani dan kita membutuhkan dokter. Anda bisa meminta saran dan resep dari dokter Anda. Kita adalah makhluk rohani dan jasmani yang membutuhkan pelayanan gereja dan dokter.

Memenangkan Peperangan dalam Pikiran Anda

Peperangan terjadi dalam pikiran kita. Pikiran kita adalah pusat pengendalian dari semua yang kita pikirkan dan lakukan. Pikiran yang bertentangan yang mungkin Anda alami ketika Anda menyelesaikan langkah-langkah ini dapat menguasai Anda hanya bila Anda memercayainya. Jika Anda melewati langkah-langkah ini seorang diri, jangan tertipu oleh pemikiran apa pun yang mengintimidasi dan berdusta dalam benak Anda. Jika ada pendeta atau konselor membantu Anda untuk memperoleh kemerdekaan Anda dalam Kristus, dia harus bekerja sama dengan Anda. Anda harus menceritakan semua pemikiran Anda yang bertentangan dengan yang sedang Anda lakukan. Segera setelah Anda memperlihatkan dusta itu, kuasa Iblis akan dipatahkan. Anda dapat kehilangan kendali dalam proses ini hanya bila Anda memerhatikan roh yang menipu dan memercayai dusta.

Anda Harus Memilih

Prosedur berikut merupakan cara menyelesaikan konflik pribadi dan rohani yang mengakibatkan Anda tidak dapat mengalami kemerdekaan dan kemenangan yang telah dibeli Kristus bagi Anda di atas kayu salib. Kemerdekaan Anda akan lahir sebagai hasil dari apa yang mau Anda percayai, akui, ampuni, tinggalkan, dan tanggalkan. Tidak seorang pun dapat melakukannya bagi Anda. Anda hanya dapat memenangkan peperangan dalam diri Anda bila secara pribadi Anda memilih kebenaran. Saat melalui proses ini, pahamilah bahwa Iblis sama sekali tidak wajib menaati pemikiran Anda. Hanya Allah yang telah menyempurnakan pengetahuan pikiran Anda karena Dia Mahatahu -- mengetahui segalanya. Jadi kita dapat berserah kepada Allah dalam batin, namun kita harus melawan Iblis dengan membaca setiap doa dengan suara nyaring dan secara verbal kita menolak, mengampuni, mengakui, dan lain-lain.

Proses meraih kembali kemerdekaan kita dalam Kristus tidak lebih dari inventarisasi moral yang dahsyat dan komitmen seteguh batu karang terhadap kebenaran. Ini adalah langkah pertama dalam proses pemuridan yang berkelanjutan. Tidak ada kedewasaan secara instan. Perlu waktu seumur hidup untuk memperbarui pemikiran Anda dan menjadi serupa dengan citra Allah. Jika sumber masalah Anda adalah hal lain yang tidak dibahas dalam langkah-langkah ini, Anda membutuhkan bantuan seorang ahli.

Kiranya Tuhan mengaruniakan hadirat-Nya kepada Anda saat Anda mencari wajah-Nya dan membantu orang lain mengalami sukacita keselamatan mereka.

Diambil dari:

Sumber
Halaman: 
143 -- 147
Judul Artikel: 
Langkah-Langkah menuju Kemerdekaan di dalam Kristus
Judul Buku: 
Berjalan dalam Kemerdekaan
Pengarang: 
Neil T. Anderson dan Rich Miller
Penerbit: 
Metanoia
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
2001

Komentar