Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Memanfaatkan Waktu Libur

Pikirkanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dan luangkanlah waktu untuk mendapatkan jawabannya. Apa yang paling berarti bagi Anda tentang liburan? Seperti apa "Hari Ucapan Syukur" dan Natal yang luar biasa bagi Anda? Banyak orang berkata bahwa yang membuat hari libur ini hebat adalah waktu untuk menikmati hubungan dengan keluarga dan teman-teman Anda, waktu untuk berfokus kembali dengan hal-hal yang sangat penting, merayakan kelahiran Yesus, dan melakukan kebaikan untuk orang lain dan seterusnya.

Sebaliknya, apa yang membuat liburan Anda berbalik menjadi buruk? Mungkinkah Anda terlalu banyak menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman-teman Anda? Kurangnya waktu untuk berfokus pada hal-hal yang benar-benar penting? Membuat jadwal liburan yang terlalu padat? Kebanyakan orang menganggap film "Christmas Vacation" sangat lucu karena film ini sangat mirip dengan keadaan di rumah. Film tersebut bercerita tentang rencana Natal yang gagal. Tokoh dalam film tersebut membangun harapan akan "momen spesial sepanjang tahun" dan mereka menjadi frustrasi ketika apa yang terjadi tidak seperti yang mereka bayangkan.

Untuk menghindari Natal seperti ini dan merasakan liburan yang menyenangkan, ingatlah tip-tip penting berikut ini yang akan membantu Anda menyegarkan pikiran Anda dan seluruh keluarga.

  1. Bertanggungjawablah atas harapan, pilihan, dan emosi Anda sendiri. Jika Anda mengharapkan Natal yang bersalju dan ternyata tidak bersalju, janganlah merusak hari libur orang lain dengan kekesalan Anda. Terkadang Anda mendapatkan tekanan dari keluarga untuk melakukan sesuatu yang enggan atau tidak bisa Anda lakukan. Jika Anda memutuskan untuk melakukannya, maka laksanakanlah keputusan Anda dan lakukanlah dengan sikap yang baik.

  2. Kerjakanlah dengan "baik" saat Anda membuat rencana, persiapan, beres-beres, dan membuat dekorasi. Tidak ada yang sempurna dan orang lain tidak akan memerhatikannya.

  3. Seimbangkan tidur, nutrisi, dan olahraga. Anda perlu menjaga ketiganya.

  4. Bersikaplah realistis dalam mengatur jadwal Anda. Belajarlah berkata "tidak" untuk beberapa hal. Berhentilah berusaha membuat semua orang bahagia. Jika Anda dapat membuat puas sebagian besar orang saja, Anda sudah hebat.

  5. Jika anak-anak Anda tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan, tidak apa-apa. Sebenarnya, sangatlah baik jika Anda dapat mendorong anak-anak Anda untuk memikirkan orang lain di saat-saat seperti ini. Ajaklah mereka membantu tetangga Anda yang sudah tua yang kesepian dengan membawakan makanan. Ajaklah mereka berbelanja di sebuah acara bakti sosial. Kegiatan ini akan menolong mereka bersemangat dengan hari libur mereka bukan berfokus pada "Aku", "Aku", dan "Aku".

  6. Jika Anda kedatangan tamu-tamu yang tidak bisa membaca isyarat Anda untuk pergi, tegaslah. Buatlah perencanaan saat Anda tahu sepupu Anda akan bertamu sampai larut dan berbincang-bincang bersama. Buatlah rencana yang mampu membuatnya pulang tepat waktu.

  7. Tentang kesedihan. Anda mungkin sedang bersedih selama liburan karena orang yang kita kasihi meninggal. Luangkanlah beberapa waktu untuk membiarkan diri Anda bersedih. Bicarakanlah dengan pasangan/keluarga. Kenanglah orang yang telah meninggal selama liburan.

  8. Tentang masalah-masalah lama keluarga. Jangan gunakan hari libur Anda sebagai kesempatan untuk berkonfrontasi mengenai kesalahpahaman yang telah lama terjadi antara Anda dan orang lain. Carilah saat lain yang tepat.

  9. Tentang uang. Buatlah anggaran dana untuk pengeluaran hari libur. Jika Anda terlalu banyak mengeluarkan uang pada bulan Desember, Anda akan mengalami "sakit" finansial pada bulan Januari.

  10. Setelah semuanya berakhir, janganlah bersedih. Hargailah kenangan yang telah Anda ciptakan dan ambillah segala keindahan dari momen Ucapan Syukur dan Natal. Jangan hanya fokus pada momen klimaks seperti kemeriahan tukar kado, tetapi berfokuslah pada hubungan yang Anda miliki. Ingatlah kehidupan orang-orang yang telah menyentuh Anda dan Anda dapat memberkati orang lain selama hari libur ini. Jika Anda melakukannya, Anda akan sangat menikmati hari libur Anda. (t/Uly)

"Aku akan menghargai Natal di hatiku, dan berusaha mengenangnya sepanjang tahun."-- Ebenezer Scrooge

Diterjemahkan dari:

Alamat URL: http://www.patrickwardphd.com/2009/11/16/
Tanggal akses: 25 Oktober 2010

Sumber
Judul Artikel: 
Tips for the Holidays
Situs: 

Patrick Ward, PhD

Komentar