Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Menjalin Hubungan Harmonis Mertua dan Menantu

Mertua adalah orangtua pasangan Anda. Anda sebagai menantu hendaknya memperlakukannya sama seperti orangtua Anda juga. Harmonisnya hubungan mertua dan menantu menjadi idaman siapa saja, karena ketidakharmonisan tersebut bisa berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah beberapa tips menjalin hubungan yang baik antara mertua dan menantu:

Kenali Sejak Awal

Saat Anda menikah, Anda bukan hanya akan bersatu dengan pasangan Anda saja, tapi juga seluruh keluarganya, termasuk orangtuanya. Jadi, sebisa mungkin kenalilah orangtuanya sebelum menikah. Paling tidak minta pendapat yang jujur dari pasangan Anda, apakah kira-kira Anda akan cocok dengan orangtuanya.

Jalin Komunikasi yang Baik

Komunikasi adalah kunci keharmonisan mertua dan menantu. Anda sebagai yang lebih muda harus mengawali. Jika Anda tidak tinggal dengan mertua, hubungilah mereka minimal seminggu sekali. Demikian juga buatlah jadwal rutin kunjungan ke rumahnya, misalnya 2 minggu atau sebulan sekali dengan membawa buah tangan sekadarnya.

Pahami Apa yang Disukai dan Tidak Disukai

Ada mertua yang bersikap terbuka kepada menantunya, namun ada juga yang tidak. Jika mertua termasuk golongan yang kedua, jadilah pengamat untuk bisa memahami apa yang disukai dan tidak disukai oleh mertua Anda. Hal ini bermanfaat untuk menjaga sikap Anda di depan mereka.

Dekati Orang Terdekatnya

Cara lain untuk memberi kesan baik di matanya adalah dengan mendekati orang terdekatnya. Perhatikanlah dengan siapa mereka sering berkomunikasi atau siapa orang yang kira-kira mertua Anda paling berharap dekat dengan Anda. Misalnya ipar Anda atau saudara mertua Anda. Jalinlah juga komunikasi yang baik dengan mereka.

Berikan Hadiah Kecil

Layaknya menjaga hubungan persahabatan, hadiah-hadiah kecil juga diperlukan. Tidak perlu menunggu hari ulangtahunnya, namun jika Anda memiliki rejeki lebih atau kebetulan sedang bertugas ke luar kota atau ke luar negeri, bawakanlah hadiah kecil untuk mertua Anda.

Sensitif Terhadap Kebutuhannya

Mertua Anda jauh lebih tua umurnya daripada Anda. Orangtua biasanya memiliki kebutuhan-kebutuhan atau keinginan-keinginan tertentu di saat tertentu. Jika Anda sedang berada di sana pada saat itu, sensitiflah terhadap kebutuhannya. Mertua akan senang jika Anda mengerti apa yang dibutuhkan atau diinginkannya.

Sumber: http://www.infobunda.com/pages/blog/showblog.php?blogid=2829

Komentar