Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Pilihlah Pertempuran Anda

Meraih kemenangan sering kali menuntut perjuangan, demikian juga dalam kehidupan setiap pemain tim -- ia perlu berjuang. Tetapi kalau Anda terus berjuang, bisa-bisa Anda kelelahan. Itulah sebabnya, Anda perlu memilih pertempuran Anda.

Untuk mendapatkan perspektif yang lebih baik tentang kapan Anda harus melawan dan kapan harus mengorbankan diri, praktikkanlah disiplin-disiplin berikut.

  1. Luangkanlah waktu dengan orang-orang yang berbeda dari Anda. Itu membantu Anda menghargai dan memahami cara berpikir dan cara kerja sesama. Lebih kecil kemungkinannya Anda menghakimi atau memerangi sesama.
  2. Dalam soal preferensi pribadi atau selera, mengalahlah. Utamakanlah hal yang utama. Kalau Anda tidak menghemat energi untuk hal-hal yang benar-benar penting, bisa-bisa Anda kelelahan dan menjadi kurang simpatik.
  3. Jangan terlalu mengambil hati. Ingatlah selalu, orang yang terluka cenderung melukai sesamanya. Mereka juga mudah terluka oleh sesamanya.
  4. Praktikkanlah prinsip 101 persen. Apabila mungkin, temukanlah 1 persen yang Anda setujui dalam suatu situasi yang sulit dan kerahkanlah 100 upaya Anda pada hal itu.
  5. Jadilah pemimpin yang melayani. Kalau pola berpikir Anda adalah melayani ketimbang dilayani, kecil kemungkinannya Anda menjumpai konflik.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Sumber
Halaman: 
43 -- 45
Bab: 
Pengorbanan Pribadi
Judul Buku: 
Teamwork Makes the Dream Work -- Kerjasama Membuat Impian Menjadi Kenyataan
Pengarang: 
John C. Maxwell
Penerbit: 
Interaksara
Kota: 
Batam

Komentar