Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Saran Khusus Untuk Perjalanan: Perjalanan yang Kristiani

Edisi C3I: e-Konsel 209 - Waktu untuk Berlibur

Meskipun melakukan perjalanan bisa menjadi tantangan bagi iman Kristen, Anda tidak boleh mengabaikan nilai-nilai Kristen supaya bisa bersenang-senang.

Melakukan perjalanan merupakan hal yang disukai banyak orang. Tempat-tempat yang bisa kunjungi dan hal-hal yang bisa Anda lakukan sangatlah banyak. Namun, bila Anda adalah orang Kristen, kemungkinannya tidaklah tak terbatas. Banyak orang Kristen yang meskipun berpendirian teguh berulangkali merasa dibatasi oleh pendirian yang sama ketika mencoba melakukan perjalanan dan menikmati hal-hal yang ditawarkan oleh dunia. Meskipun demikian, banyak tempat dan banyak hal yang bisa mereka lakukan dan tetap akan membuat mereka menikmati segala ciptaan Tuhan. Berikut beberapa saran bagi orang-orang Kristen yang ingin melakukan perjalanan:

  1. Kunjungilah tempat-tempat yang tidak akan menggoda Anda untuk tidak menghormati kepercayaan Anda. Disneyland boleh saja dikunjungi, tapi tidak untuk Las Vegas.

  2. Carilah tema untuk liburan Anda. Tempat-tempat rekreasi keluarga paling banyak memberikan variasi. Ada juga kelompok-kelompok orang Kristen yang mengadakan perjalanan ke beberapa tempat.

  3. Kunjungi tempat-tempat yang bernilai spiritual. Roma, Israel, dan beberapa tempat lain memiliki tur-tur wisata yang mengunjungi gereja-gereja terkenal.

  4. Lakukan penelitian terlebih dahulu. Carilah informasi mengenai apa yang akan ada di tempat liburan tersebut selama Anda berada di sana. Ke New Orleans selama festival Mardi Gras mungkin bukan saat yang tepat bagi orang Kristen.

  5. Buatlah rencana. Ketika Anda memutuskan untuk mengunjungi suatu kota dan telah meneliti tempat yang akan Anda kunjungi, rencanakan kegiatan Anda sehingga Anda bisa memaksimalkan liburan Anda.

  6. Ketahuilah batasan Anda. Bila Anda tahu bahwa tempat tertentu punya pertunjukkan atau hiburan yang bertentangan dengan iman Anda, Anda harus menghindarinya, sekalipun pertunjukkan atau hiburan tersebut diadakan di restoran terkenal atau tempat lain.

  7. Kegiatan di malam hari juga bisa menyenangkan. Tidak semua tempat dan kegiatan yang dilakukan pada malam hari bertentangan dengan gaya hidup Kristen. Konser jazz atau taman-taman tertentu menawarkan kegiatan dan hiburan yang menyenangkan pula.

  8. Bukalah pikiran. Cobalah olah raga baru, berkemah, atau kunjungi suatu tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Melakukan sesuatu yang berbeda bisa menjadi kesenangan tersendiri bagi Anda. Keragaman merupakan warna dalam hidup ini.

  9. Santai. Ke mana pun Anda pergi, akan selalu ada satu atau beberapa hal yang bertentangan dengan nilai-nilai kekristenan Anda. Anda tidak harus berpartisipasi di dalamnya. Sebagian besar kegiatan liburan itu sendiri pada dasarnya tidaklah buruk—yang buruk adalah jika Anda berpartisipasi di dalamnya. Meskipun demikian Anda masih tetap bisa bersenang-senang.

  10. Ambil alih. Bila Anda terganggu dengan film yang ditayangkan selama di pesawat terbang, bawalah pemutar DVD sendiri.

  11. Detail. Tanyakan kepada pramusaji atau pelayan tentang minuman yang tidak memabukkan. Bila Anda menyewa tempat penginapan, tanyakan secara rinci pada pegawai penginapan itu tentang kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan oleh penginapan tersebut.

  12. Kreatif. Anda bisa pergi ke suatu pulau dan menyewa penginapan atau bungalow pribadi dan rencanakan kegiatan Anda sendiri. Membiarkan kreativitas Anda mengalir membantu Anda menemukan diri Anda lebih dalam lagi.

  13. Hadiri konferensi atau pertemuan Kristen. Di beberapa negara terdapat konferensi nasional Kristen yang semua kegiatannya diperuntukkan bagi orang Kristen. Sebagian besar acara tahunan dilakukan di kota-kota yang berbeda sehingga memudahkan Anda untuk memutuskan ke mana berlibur.(t/Ratri)

Diterjemahkan dan disesuaikan dari:

Sumber
Judul Artikel: 
Speciality Travel Tips: Christian Travel
Situs: 

http://www.essortment.com/travel (essortment.com)

Komentar