Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Sesuai Porsi

Edisi C3I: e-Konsel 166 - Konflik Antara Orang Tua dan Anak

Salam dalam kasih Kristus,

Dalam hal-hal tertentu, sesuatu yang melebihi porsi dapat memberikan dampak yang tidak baik. Misalnya, terlalu banyak tidur justru membuat badan kita tidak sehat, terlalu banyak membaca malah membuat mata kita lelah, atau terlalu banyak bekerja dapat menurunkan kondisi kesehatan tubuh. Demikian pula dalam hal pengasuhan anak. Bila kita terlalu berlebihan dalam memberikan perlindungan kepada anak, hasilnya bisa jadi anak malah tidak bisa mandiri. Sebaliknya, bila terlalu memberi kebebasan, anak pun dapat lepas kendali. Hal-hal tersebut dapat memicu konflik antara orang tua dan anak karena dapat muncul perselisihan dengan orang tua ketika anak tidak bisa mandiri atau terlalu lepas kendali.

Sebelum konflik antara orang tua dan anak terjadi, tentunya diperlukan cara untuk mencegahnya atau paling tidak menguranginya. Disiplin merupakan salah satu cara untuk mengurangi konflik antara orang tua dan anak. Jika orang tua dapat menerapkan disiplin yang sesuai dengan gaya dan karakter anak, maka konflik mungkin dapat dihindari, paling tidak dikurangi. Oleh karena itu, dalam edisi ini, kami mengajak Anda melihat bagaimana cara mengatasi perselisihan akibat masalah disiplin dan cara Anda menyikapi anak-anak Anda.

Akhir kata, segenap Redaksi e-Konsel mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan RI yang ke-63. Kiranya Tuhan senantiasa menuntun perjalanan bangsa ini ke arah yang lebih baik. Dirgahayu Indonesiaku!

Pimpinan Redaksi e-Konsel,
Christiana Ratri Yuliani

Komentar