Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Siapakah Konseli Anda?

Edisi C3I: e-Konsel 206 - Memahami Konseli

Paulus menyebut tiga golongan manusia dalam 1 Korintus 2:12-3:4, yaitu manusia duniawi (2:14), manusia rohani yang bertabiat duniawi (3:2), dan manusia yang dewasa di dalam Kristus (2:15). Seorang konselor harus dapat mengerti siapakah konseli yang ia hadapi. Si konseli mungkin termasuk salah satu klasifikasi berikut:

1. Orang duniawi:

- orang yang bukan Kristen (orang yang belum menerima Kristus sebagai Juru Selamat).

- orang Kristen duniawi (KTP/Kristen Tanpa Pertobatan).

2. Bayi dan kanak-kanak rohani:

- orang Kristen yang lahir baru (bayi rohani).

- orang Kristen "kanak-kanak", satu ciri khasnya ialah ia sering bertengkar seperti kanak-kanak.

3. Orang Kristen dewasa:

Orang Kristen yang mengenal tindakan-tindakan Tuhan dan ia hidup bergaul dengan Tuhan. Sepanjang pengalaman Anda sebagai konselor, Anda akan menjumpai banyak orang Kristen dewasa yang tidak terus bertumbuh, melainkan orang Kristen dewasa yang sudah mundur. Ia mundur mungkin karena kecewa atau patah hati. Ada juga orang Kristen yang pernah mundur tetapi telah menyerahkan dirinya kembali kepada Tuhan atau penyerahan diri ulang. Selain itu, Anda juga akan menjumpai orang Kristen yang matang, stabil, dan terus berjalan bersama dengan Tuhan melalui berbagai persoalan.

Anda sebaiknya mengerti konseli yang Anda layani itu termasuk golongan yang mana. Jangan terkelabuhi oleh usia dan penampilan seseorang. Ada perbedaan di antara usia rohani dan usia jasmani. Seorang konselor harus memiliki mata yang jeli. Janganlah heran jika Anda bertemu dengan rohaniwan yang belum lahir baru.

Bahan diambil dan disunting dari buku online:

Sumber
Judul Buku: 
Kursus Pelayanan Pribadi
Situs: 

http://c3i.sabda.org/bab_3_siapakah_konselee_anda (Christian Counseling Center Indonesia)

Komentar