Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Tim Kerja Keluarga

Alat Peraga: Sekawanan semut tanah.

Ayat Alkitab: 1Korintus 12:12-26

Tema: Keluarga-keluarga harus bekerja sebagai tim.

Cerita: Saya membawa beberapa ekor hewan pagi ini. Mari kita lihat.

Lihat semut tanah ini! Semua semut ini adalah makhluk ciptaan Tuhan. Dan semut-semut ini memiliki tugas-tugasnya sendiri. Semut-semut bekerja keras dalam kumpulannya.

Ada semut-semut yang bertanggung jawab mencari makanan. Kadang- kadang mereka mebawa benda-benda yang jauh lebih besar dan lebih berat dari pada tubuh mereka sendiri. Ada sebagian semut yang menggali kamar-kamar baru. Ada semut-semut yang menyingkirkan sampah. Ada semut-semut yang membawa benih-benih. Sementara semut- semut yang lain mengumpulkan makanan. Kawanan semut ini bekerja sama sebagai satu tim.

Keluarga-keluarga kita juga perlu bekerja sama sebagai satu tim. Masing-masing keluarga berbeda-beda. Ada keluarga-keluarga dengan ibu, ayah, dan anak-anaknya. Ada keluarga-keluarga dengan kakek, nenek, dan anak-anak. Ada keluarga-keluarga yang terdiri dari ibu saja dengn anak-anak, atau ayah saja dengna anak-anak. Ada keluarga- keluarga yang tidak punya anak.

Siapa pun yang ada dalam keluarga itu, atau terdiri dari siapa pun anggota keluarga itu, setiap anggota keluarga harus bekerja sama sebagai satu tim dengan memikul tanggung jawab masing-masing.

Kita memiliki keluarga yang tinggal bersama kita, tetapi kita juga adalah anggota dari suatu keluarga penting lainnya. Keluarga itu adalah keluarga Tuhan. Keluarga gereja kita ini bekerja sama di gereja untuk melayani Tuhan.

Ada sebagian anggota keluarga gereja yang pandai bermain musik. Ada anggota-anggota yang menjadi guru. Ada anggota-anggota yang menjadi perencana dan pemimpin. Kita semua adalah anggota keluarga Tuhan. Kita harus bekerja sebagai satu tim dalam melayani Tuhan.

Menyenangkan sekali menjadi bagian dari suatu keluarga dan bekerja sama sebagai satu tim. Dan, menjadi anggota keluarga Tuhan dengan kasih Tuhan yang agung itu lebih menyenangkan lagi.

Doa: Ya, Tuhan, kami bersyukur atas keluarga-keluarga kami. Dan kami juga senang menjadi anggota dari keluarga besar-Mu. Tolong kami untuk dapat bekerja sama sebagai satu tim dalam kasih-Mu. Amin.

Sumber
Halaman: 
119 - 121
Judul Buku: 
Ceritakan untuk Anak-anak Sekolah Minggu (Buku I): Sebuah Sumber Ibadah
Pengarang: 
Donna McKee Rhodes
Penerbit: 
Gospel Press
Kota: 
Batam

Komentar