Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Tips Mendidik Anak yang Berkata Kotor

Asumsi Dasar

Sebelum berbicara mengenai masalah, kita harus bersyukur terlebih dahulu jika anak laki-laki kita tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan perempuan; dan anak perempuan kita tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan laki-laki. Hal tersebut menunjukkan bahwa anak kita tumbuh normal.

Prinsip

  1. Mendengar sampai selesai
    Biarkan anak-anak bercerita sampai selesai. Jangan menghentikan atau menginterupsi ceritanya, karena jendela komunikasi itu harus terbuka. Jangan cepat marah, biarkan ia bercerita sampai habis.

  2. Cari sumber
    Setelah Anda menunjukkan perhatian dengan cara mendengarkan sampai selesai, berusahalah untuk menemukan sumber cerita tersebut tanpa membuat anak takut terbuka pada masa mendatang.

  3. Hubungi pihak terkait
    Setelah menemukan sumber, coba bicarakan dengan pihak terkait: guru, teman, pembimbing, dll.. Diskusikan kemungkinan-kemungkinan untuk menghentikan kebiasaan berkata kotor tersebut.

  4. Jaga hubungan dekat
    Hubungan yang akrab dengan orang tua dapat menyelesaikan 75% masalah kenakalan anak-anak dan remaja. Peliharalah hubungan tersebut. Jangan biarkan anak memunyai hubungan dekat dengan pihak yang kurang dapat dipercaya.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Judul buku : How To Enjoy Your Parenting Time
Judul bab : Ragam Tips untuk Keluarga
Judul asli artikel : Berkata Kotor
Penulis : Thomas
Penerbit : Gloria Graffa, Yogyakarta 2006
Halaman : 76 -- 78

Komentar