Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Ulasan Buku: Mengatasi Kecanduan

Edisi C3I: e-Konsel 251 - Penyalahgunaan Narkoba

Judul buku : Mengatasi Kecanduan
Judul asli : Overcoming Addictive Behavior
Penulis/Penyusun : Neil T. Anderson & Mike Quarles
Penerjemah : Sri Wandaningsih
Editor : Paula Allo
Penerbit : Immanuel, Jakarta 2005
Ukuran buku : 15,5 x 23 cm
Tebal : 168 halaman
ISBN : 979-3739-14-2
Buku Online : --
Download : --

Siapa pecandu itu? Pecandu adalah orang yang menyerahkan dirinya pada sesuatu karena kebiasaan (ketagihan). Jika kita merasa lemah/tidak bersemangat sebelum minum kopi/teh setiap pagi, main "games" setiap malam, atau merokok setelah makan; sebenarnya kita sudah tergolong pecandu. Para pecandu tampaknya tidak dapat melepaskan diri dari kebiasaan dosanya; dari siklus "berdosa-bertobat, berdosa-bertobat, berdosa-bertobat, dan berdosa lagi." Persoalannya, apakah benar seorang pecandu tidak bisa bebas dari candunya?

Setiap persoalan pasti memiliki jalan keluar, tidak terkecuali dengan masalah kecanduan. Neil T. Anderson dan Mike Quarles, menulis buku "Mengatasi Kecanduan" untuk membantu Anda yang saat ini sedang terikat atau kecanduan "sesuatu", maupun para konselor yang ingin membantu konseli-konselinya dengan kasus sejenis. Pertama-tama penulis memaparkan alasan manusia bisa kecanduan, lalu dilanjutkan dengan jalan menuju kecanduan (kebiasaan), dan penyebab utama kecanduan. Tidak sampai di situ saja, penulis juga memberikan kabar baik bagi para pecandu yang notabene adalah seorang pendosa untuk mendapatkan pengampunan dan kemenangan atas dosa. Selain itu, melalui buku ini Neil dan Mike mengingatkan kita tentang peperangan di dalam tubuh kita sendiri, bagaimana memisahkan diri kita dari dosa, bagaimana membentuk benteng-benteng mental yang kuat, dan meruntuhkan benteng-benteng musuh. Buku ini sangat menarik dan tepat bagi para konselor yang ingin membantu orang lain dalam mengatasi masalah yang mereka hadapi secara holistik. Berbagai ayat pun menjadi pegangan utama dalam penjelasan yang diuraikan. Di akhir setiap bab, Anda bisa menjawab pertanyaan untuk direnungkan.

Jika Anda ingin lebih efektif membantu para konseli dengan masalah kecanduan, jadikan buku ini sebagai referensi wajib Anda.

Peresensi: Sri Setyawati

Komentar