Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

Undangan untuk Pemulihan

Undangan untuk Pemulihan

Penuntun pemulihan kehidupan berlandaskan atas empat keyakinan dasar.

Pertama, kita membutuhkan pemulihan. Kata "pemulihan" menyiratkan adanya sesuatu yang salah dan yang tidak seharusnya terjadi.

Kita telah berdosa, dan menjadi korban dosa orang lain. Kita dijerat, dihambat, direndahkan, dibelenggu, dan dihancurkan. Kita perlu disembuhkan.

Kedua, pemulihan adalah komitmen untuk berubah. Karena itu, pemulihan merupakan proses yang tidak mudah dan sering kali memakan waktu. Tidak ada penyembuhan yang instan di dalam pemulihan. Pemulihan berarti menghadapi kenyataan mengenai diri sendiri sebagaimana adanya, meskipun kenyataan itu menyakitkan. Pemulihan berarti membuang pola-pola kehidupan kita yang merusak dan belajar pola kehidupan baru yang diberikan. Pemulihan berarti bertanggung jawab atas kehidupan kita. Ini bukan hal yang mudah; kadangkala menyakitkan dan membutuhkan waktu.

Ketiga, pemulihan adalah hal yang mungkin terjadi. Meskipun tampaknya sudah tidak ada harapan, meskipun kita telah mengalami luka-luka yang sangat dalam, atau meskipun kita sering mengalami kegagalan, pemulihan itu tetap mungkin terjadi. Dasar pengharapan kita yang utama dalam pemulihan adalah Allah yang mampu melakukan hal-hal yang kita tidak mampu lakukan sendiri. Pemulihan dimungkinkan terjadi karena Allah telah menyerahkan diri-Nya bagi kita.

Akhirnya, pelajaran-pelajaran ini berakar pada keyakinan bahwa Alkitab dapat menjadi sumber penting untuk pemulihan. Banyak orang yang telah melalui pengalaman-pengalaman hidup yang sulit, memakai potongan-potongan ayat Alkitab sebagai penyembuhan yang instan atau pemecahan yang sederhana. Akibatnya, banyak orang beranggapan Alkitab menjadi suatu penghalang bukannya menjadi suatu sumber pemulihan. Pelajaran-pelajaran ini didasarkan atas keyakinan bahwa Alkitab bukan suatu buku yang memberikan resep pemulihan yang seketika dan sederhana. Sebaliknya, Alkitab adalah sumber yang praktis dan menolong untuk pemulihan.

Kami secara pribadi sungguh-sungguh telah tersentuh oleh ayat-ayat Alkitab yang kami gali ketika kami mengerjakan seri pelajaran ini. Kami diyakinkan bahwa Allah yang dinyatakan dalam Alkitab dapat membawa ketenangan pada orang-orang yang hidupnya telah rusak. Jika Anda sedang mencari sumber-sumber yang dapat menolong Anda dalam pemulihan, kami mengundang Anda untuk mempelajari Alkitab dengan pikiran dan hati yang terbuka.

Pemanfaatan yang Maksimal dari Penuntun Pemulihan Kehidupan

Penuntun pemulihan kehidupan dirancang untuk membantu Anda menemukan apa yang Alkitab katakan mengenai aspek-aspek pemulihan. Teks-teks Alkitab yang akan Anda pelajari ini akan merangsang pikiran, menantang, memberi inspirasi dan bersifat sangat pribadi. Jelaslah bahwa pelajaran-pelajaran ini tidak dirancang semata-mata untuk meyakinkan Anda tentang kebenaran dari suatu gagasan. Sebaliknya, pelajaran-pelajaran ini dirancang agar kebenaran-kebenaran Alkitab memperbarui hati dan pikiran Anda.

Kami ingin memberikan pengharapan-pengharapan realistis dari petunjuk-petunjuk diskusi ini. Pertama, diskusi ini tidak bermaksud untuk membicarakan semua yang Alkitab katakan tentang suatu masalah. Diskusi ini tidak bermaksud memberikan penyajian yang sistematis dari teologi alkitabiah.

Kedua, kami ingin menekankan bahwa petunjuk-petunjuk ini tidak bermaksud memberikan program pemulihan atau menjadi pengganti dari konseling yang profesional. Jika Anda sedang menjalani hubungan konseling atau terlibat dalam suatu kelompok pemulihan, kami berdoa agar pelajaran-pelajaran ini akan memperkaya Anda. Jika Anda tidak sedang menjalani hubungan konseling dan pemulihan, Anda melibatkan pokok-pokok persoalan yang berjangka panjang, kami menganjurkan Anda untuk mencari bantuan dari seorang ahli kesehatan mental.

Penuntun ini telah dirancang untuk menolong Anda mempelajari teks-teks Alkitab yang berseri yang berhubungan dengan proses pemulihan. Kami berharap teks-teks tersebut menuntun Anda yang sedang berjuang untuk mendapatkan pemulihan menemukan Kabar Baik.

Petunjuk-petunjuk yang dimaksud mencakup:

  • Ketakutan Abram dan Kesetiaan Allah

  • Ketakutan Gideon dan Dorongan Allah

  • Ketakutan Petrus dan Pemberian Kuasa dari Allah

  • Ketakutan Ester dan Umat Allah

  • Ketakutan Musa dan Penyediaan Allah

  • Ketakutan Daud dan Perlindungan Allah

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang petunjuk di atas, silakan bacalah buku "Pemulihan dari Ketakutan".

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Judul asli buku : Recovery from Fear
Judul buku terjemahan : Pemulihan dari Ketakutan
Penulis : Juanita dan Dale Ryan
Penerjemah : Tim Mahasiswa Seminari Alkitab Asia Tenggara
Penerbit : Departemen Literatur SAAT
Halaman : 4 -- 6

Komentar