Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Waktu Utama

  • Cobalah tips ini selama 7 hari.
  • Jangan nyalakan televisi Anda.
  • Gunakan tips ini atau ide Anda sendiri.
  • Jadikan minggu ini sebagai minggu terbaik Anda.

Ide:

Alasan mengapa pihak stasiun televisi menyebut malam hari sebagai waktu utama (bahasa Inggris: "prime time") adalah karena sore hari merupakan bagian dari sepanjang hari yang digunakan oleh hampir semua anggota keluarga untuk berkumpul bersama di ruang televisi. Apa yang terjadi jika Anda dan setiap anggota keluarga Anda di rumah berkomitmen untuk tidak menyalakan televisi selama 1 minggu? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengisi waktu itu?

Mengapa tidak menghabiskan waktu bersama orang yang Anda kasihi! Dalam setahun, anak-anak membuang waktu mereka di depan televisi sebanyak waktu yang mereka habiskan di depan guru-guru mereka. Bahkan banyak orang-orang dewasa yang menghabiskan lebih banyak waktu di depan televisi dibandingkan anak-anak. Jadi, mengapa kita tidak menyempatkan waktu untuk berbicara, bermain, dan mendengarkan satu sama lain?

Jadi, apa yang harus kita lakukan?

Berikut ini adalah jadwal yang kami sarankan untuk Anda selama 7 hari tanpa televisi.

Hari ke-1:

Sediakanlah waktu untuk jalan-jalan santai bersama-sama dan rencanakan apa yang akan Anda lakukan untuk mengisi waktu yang biasanya Anda gunakan untuk menonton televisi. Jika Anda sudah punya anak, ajak juga mereka. Biarkan mereka menjadi bagian dari proses perencanaan.

Hari ke-2:

Bermainlah bersama-sama. Bila Anda tidak suka permainan kartu, maka keluarkanlah permainan papan. Scrabble, monopoli, Clue, atau isilah teka-teki silang bersama-sama.

Hari ke-3:

Lakukan kunjungan dadakan kepada teman dekat Anda, mungkin tetangga atau seseorang yang sedang membutuhkan teman.

Hari ke-4:

Bersama keluarga Anda, nyalakanlah api unggun di halaman belakang atau bakarlah jagung. Gunakan waktu untuk saling menikmati kebersamaan.

Hari ke-5:

Kerjakanlah tugas-tugas di sekitar rumah Anda bersama-sama atau selesaikanlah beberapa tugas yang harus segera dikerjakan. Berusahalah untuk aktif!

Hari ke-6:

Carilah salah satu cara untuk mengatakan "Aku mengasihimu" dengan cara yang berbeda.

Hari ke-7:

Jadikan hari ini sebagai hari istirahat. Bersantailah di sekitar rumah, pergilah ke taman dan berbaringlah di rerumputan, atau pergilah ke pantai atau danau terdekat. Lalu, pulanglah dan bercakap-cakaplah. Diskusikanlah dengan seluruh anggota keluarga waktu yang dapat Anda habiskan bersama-sama daripada membuangnya untuk menonton TV. Anda akan menyadari betapa "utama" waktu itu sesungguhnya!(t/Uly)

Diterjemahkan dari:

Sumber
Halaman: 
67 -- 68
Judul Artikel: 
Prime Time
Judul Buku: 
Ways to Say I Love You
Pengarang: 
Stephen Arterburn, Carl Dreizler, dan Jan Dargatz
Penerbit: 
Galahad Books
Kota: 
New York
Tahun: 
1994

Komentar