Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

Memahami Orang Tua

MEMAHAMI ORANG TUA

Anak-anak yang bijak tentu ingin menyenangkan orang tua. Namun, mula-mula, mereka harus memahami orang tua mereka. Sekalipun seperti pendapat kebanyakan remaja, orang tua sangatlah sukar dimengerti. Kiranya ketujuh petunjuk di bawah ini dapat membantu Anda:

  1. Jangan malu berbicara dalam bahasa mereka. Cobalah mengucapkan perkataan yang tampaknya aneh bagi anak muda, seperti "Biar saya bantu mencuci piring," atau "Ya."
  2. Cobalah untuk memahami musik mereka. Putarlah lagu favorit mereka di tape hingga Anda terbiasa.
  3. Sabarlah menghadapi kelemahan mereka. Jika Anda kebetulan melihat kelemahan itu, janganlah marah. Tak ada salahnya Anda menjadi contoh yang baik bagi mereka.
  4. Doronglah orang tua Anda untuk membicarakan masalah mereka. Ingatlah bahwa hal-hal seperti mencari nafkah atau membayar hipotek sangat penting bagi mereka.
  5. Bertoleransilah terhadap penampilan mereka. Jika ayah Anda baru saja potong rambut, jangan sembunyikan dia dari teman-teman Anda. Ingatlah bahwa sangat penting baginya untuk tampak serupa dengan teman-temannya.
  6. Jika mereka melakukan sesuatu yang Anda anggap salah, beritahu mereka bahwa perilaku merekalah yang tidak Anda sukai, bukan pribadi mereka.
  7. Yang terpenting, berdoalah bagi mereka. Mungkin dari luar mereka tampak penuh percaya diri padahal sesungguhnya mereka merasa lemah. Mereka membutuhkan Allah untuk membantu mereka melewati tahun-tahun yang sulit ini. --HWR

Sumber diambil dari:
Publikasi e-RH Edisi 14 Oktober 2001
==> http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2001/10/14/
==> < subscribe-i-kan-akar-renungan-harian(at)xc.org > [Berlangganan]

Sumber

Komentar