Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

Tips: Memilih Pasangan hidup

Edisi C3I: e-Konsel 057 - Jodoh

Tips yang kami tampilkan berikut ini merupakan cuplikan/potongan artikel yang kami ambil dari sebuah artikel yang ditulis oleh Wahyu Pramudya dengan judul: "Jodoh Di Tangan Tuhan: Benar atau Salah?" yang dimuat di Situs 5roti2ikan.
Jika Anda ingin membaca artikel ini selengkapnya, silakan berkunjung ke alamat situs ini:
==> http://www.5roti2ikan.net

MEMILIH PASANGAN HIDUP

Allah menciptakan manusia dan memberinya kehendak bebas termasuk dalam memilih pasangan hidup. Allah juga menciptakan manusia dengan kemampuan untuk merasa dan berpikir dengan baik. Dengan kemampuan untuk merasa dan berpikir inilah seharusnya manusia memilih seseorang untuk menjadi pendamping hidupnya. Dalam proses pemilihan tersebut, Alkitab memberikan beberapa pedoman penting:

    1. Jangan memilih seorang yang bukan Kristen sebagai pasangan hidup.
    2. Rasul Paulus menyatakannya secara tegas dalam 2 Korintus 6:14-15,

      "Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap? Persamaan apakah yang terdapat antara Kristus dan Belial? Apakah bagian bersama orang-orang percaya dengan orang-orang tak percaya?"
      Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, oleh karena menyangkut satu hal yang sangat mendasar, yaitu dasar dan pandangan hidup. Perbedaan dasar dan pandangan hidup akan mempersulit proses komunikasi dan penerimaan satu dengan yang lain.

    3. Pertimbangkanlah kesesuaian (compatibilities) antara diri Anda dan pasangan Anda.

    4. Allah menghendaki setiap orang Kristen mendapatkan pasangan yang seimbang dan sesuai di dalam kehidupannya. Kejadian 2:20,

      "Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia."
      Kesesuaian adalah kunci untuk sebuah hubungan yang kuat. Kesesuaian tidak berarti sama persis, tetapi kesesuaian berarti berbeda tetapi bisa saling melengkapi dan menerima. Kesesuaian ini meliputi bidang-bidang: kerohanian, kemampuan rasio, dan kematangan sikap hidup. Semakin sedikit kesesuaian yang ada, semakin sulit untuk membangun relasi yang kuat dan mantap. Oleh karena itu, sebelum hubungan bergerak terlalu jauh, perhatikanlah masalah kesesuaian ini. Ingatlah, pernikahan hanyalah pengalaman sekali seumur hidup.

    5. Pertimbangkanlah karakternya.

    6. Dalam kisah Eliezer menemukan Ribka, Eliezer meminta Tuhan untuk menunjukkan kepadanya seorang wanita yang tindakannya menunjukkan kerendahan hati, ketaatan, dan sikap melayani (Kejadian 24:13-14). Martin De Haan memberikan beberapa kualitas karakter yang penting bagi orang Kristen yang akan memasuki pernikahan pada masa kini:

      1. Kesediaan untuk melayani, kerendahan hati (Yohanes 13:1-7, Roma 12:16).
      2. Kemurnian dalam hal seksual (Roma 13:13-14, Ibrani 13:4).
      3. Prioritas yang benar dalam hidup (Pengkhotbah 2:1-11).
      4. Komitmen untuk bergereja dan melayani (Ibrani 10:24-25).
      5. Sikap mengasihi (Yohanes 13:35).
      6. Penguasaan diri (Amsal 23:20-21).
      7. Tanggung jawab (1Timotius 5:8).

    Tentunya daftar ini tidak seharusnya menjadikan kita mencari orang yang sempurna. Tidak ada orang yang sempurna, tetapi kesediaan untuk terus belajar dan bertumbuh dalam karakter-karakter di atas sangatlah penting.

    Beberapa tips yang berguna

    Dari kisah Eliezer menemukan Ribka bagi Ishak, terdapat beberapa tips yang berguna dalam proses menemukan pasangan hidup yang cocok. Perhatikanlah beberapa tips sederhana berikut ini:

    1. Carilah di tempat yang tepat.
      Eliezer tidak mencari pasangan bagi Ishak di kampung orang Kanaan. Ia mencari pasangan bagi Ishak di tempat di mana orang- orang juga menyembah Tuhan yang benar. Demikian juga bagi kita sekarang. Temukanlah calon pasangan hidup kita, di tempat yang tepat.

    2. Minta pertolongan Tuhan.
      Eliezer berdoa dan memohon pimpinan Tuhan (Kejadian 24:12). Demikianlah juga hendaknya yang kita lakukan. Dengan berdoa berarti kita mengakui keterbatasan yang ada, dan sekaligus mengakui keutamaan Tuhan di dalam kehidupan kita.

    3. Jangan mendasarkan keputusan semata-mata mengikuti satu "tanda".
      Meskipun kita menyakini "tanda" itu berasal dari Allah; tetap pergunakanlah akal sehat. Eliezer terus menerus mengamati dan menilai Ribka, walaupun ia sudah mendapati bahwa "tanda" yang dimintanya telah terpenuhi (Keluaran 24:21).

    4. Meminta pertimbangan orang lain.
      Ribka pun sebelum ia akhirnya bersedia mengikuti Eliezar, terlebih dahulu mendengarkan pendapat dari keluarganya (Keluaran 24:51, 58-61). Satu hal yang perlu diingat dalam masa pencarian pasangan hidup: "True love takes time".

    Selamat mencari bersama dengan Tuhan!

    Sumber
    Halaman: 
    --
    Judul Artikel: 
    --
    Penerbit: 
    --

Komentar