Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

Menangani Orang Tua yang Menuntut

Edisi C3I: e-Konsel 366 - Mendampingi Lansia

Untuk memperoleh semacam kepuasan dalam relasi dengan orang tua Anda yang sulit dan berusia lanjut, Anda perlu "kejam" dalam tindakan dan penuh kasih sayang dalam sikap Anda.

Anak-anak dewasa dari orang tua yang menuntut sering kali mendapati diri mereka berada dalam dilema yang sangat sulit: Mereka berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan orang tua mereka yang bertambah tua dan memastikan bahwa kualitas hidup mereka setinggi mungkin; di sisi lain, tugas tersebut membuahkan sedikit penghargaan. Anak-anak dewasa ini terus-menerus ditantang oleh tuntutan yang bodoh, sering kali tidak perlu, dari orang tua yang frustrasi, yang menghukum mereka karena tidak hidup seperti harapan mereka atau menuduh mereka sebagai anak-anak yang tidak berguna dan tidak bisa diandalkan. Orang tua yang sangat kolot ini (yang sebenarnya memiliki kasih yang melimpah untuk anak-anak mereka) melekat pada kebenaran masa lampau dan sangat tidak terkontrol. Mereka menggeliat dalam nasib mereka sendiri dan akan menyalahkan semua orang, kecuali diri mereka sendiri, untuk hal itu. Mereka tidak bertindak berdasarkan kepentingan mereka atau Anda, melainkan "bereaksi" terhadap keadaan mereka yang tidak terkendali. Mereka tidak mau menerima hal-hal yang "normal" mengenai "kehidupan tua" mereka, dan melampiaskannya pada anak-anak mereka karena mereka tidak mengenal orang lain untuk dimaki. Mereka tidak memercayai siapa pun dan merasa takut pada apa saja, mulai dari dokter sampai hal makan malam. Mereka telah kehilangan kecakapan persuasi yang ramah dan menggantikannya dengan tipuan yang tersamar. Kekesalan mereka yang terbesar adalah bahwa mereka telah kehilangan kendali atas hidup mereka. Kemampuan mereka untuk menghasilkan uang, membuat keputusan, dan membuat Anda bahagia sudah usang dan mati. Mereka tidak suka berada dalam kondisi tunduk lebih dari seperti saat Anda berada di kereta dorong.

Namun, sesedih apa pun melihat orang tua Anda melalui masa yang tidak berdaya ini dalam hidup mereka, jangan terpancing dengan cara mereka yang kekanak-kanakan dan merendahkan martabat tersebut. Ingatlah, hidup Anda yang lebih utama. Semakin bahagia dan puas hidup Anda, semakin efektif juga Anda dapat merawat mereka. Jangan biarkan mereka memperlakukan Anda dengan kejam atau mengatur-atur Anda. Tangani mereka sama persis seperti Anda menangani anak-anak Anda. Izinkan diri Anda sendiri untuk mengatakan tidak! Kadang-kadang, ini memang menyakitkan, tetapi jika Anda mengetahui hal terdalam di dalamnya, ini demi kebaikan orang tua Anda, Anda harus kuat. Jika dia mengingatkan Anda, "Aku ini masih orang tua kamu," setujulah, lalu bela diri Anda dan lakukan hal yang benar. Untuk mencapai segala kepuasan dalam relasi dengan orang tua Anda yang sulit dan berusia lanjut, Anda perlu "kejam" dalam tindakan dan penuh kasih sayang dalam sikap Anda.

Kasih sayang yang "kejam" berarti bahwa Anda mengambil tindakan yang tegas mengenai apa yang benar, tetapi Anda berbelaskasihan serta menghormati dilema khusus mereka. Kasih sayang yang "kejam" merupakan cara Anda mengasihi mereka sambil melakukan hal yang benar. Hal itu memberikan izin yang melekat pada Anda untuk membuat keputusan-keputusan tersebut untuk orang tua Anda karena Anda tahu di dalam hati bahwa itu benar, meskipun mereka menantang Anda dengan perlawanan sengit. Jika orang tua Anda terlalu kasar, katakan kepadanya bahwa Anda tidak mau berkomunikasi dengan cara seperti itu dan Anda akan pergi jika itu terus berlanjut. Jika kekerasan mereka tidak berhenti, ingatkanlah orang tua Anda tentang apa yang baru saja Anda katakan dan beri tahu bahwa Anda akan membicarakannya lain waktu. Tidak seperti ketika Anda mendisiplin anak remaja Anda, pada akhirnya orang tua Anda akan ada di sekitar Anda.

Saya tahu hati Anda terbelah antara kenangan indah tentang siapa orang tua Anda, dan kenyataan menyakitkan tentang seperti apa mereka sekarang. Namun, Anda harus berbelaskasihan secara "kejam" jika Anda ingin merawat mereka dengan baik dan tetap mempertahankan kewarasan Anda. Mengkhawatirkan dan memerhatikan mereka sudah cukup, tidak perlu semakin stres karena menghiraukan hinaan/makiannya. Anda benar-benar tidak perlu memerhatikan hinaan/makiannya. Apa pun kondisi fisik dan mental mereka, Anda tidak perlu menghiraukan hinaan/makiannya. Bela diri Anda sendiri, dan pada saat yang sama, lakukanlah apa yang menurut Anda benar untuk dia. Situasi Anda ini khusus, dan dibutuhkan tangan yang kuat/penuh kasih untuk menanganinya.

Rekomendasi berikut ini dibuat untuk membantu Anda menangani orang tua Anda yang menuntut:

  1. Kemarahan hanya menimbulkan kemarahan lain; reaksi satu menyebabkan reaksi yang lain. Sampai saat mereka menyinggung, Anda sebaiknya tetap ramah. Sampai saat mereka berbuat kasar, Anda sebaiknya tetap lembut. Sampai saat mereka berteriak, Anda sebaiknya tetap tenang.
  2. Jika orang tua Anda terus-menerus memaki, katakan kepada mereka bahwa Anda tidak mau berkomunikasi seperti ini dan Anda akan pergi, atau orang tua Anda yang harus pergi, jika ini terus berlanjut. Jika makian tersebut tidak berhenti, ingatkanlah dia tentang apa yang baru saja Anda katakan dan beri tahu mereka bahwa Anda akan membicarakannya lain waktu.
  3. Berkomunikasilah dengan mereka. Dorong mereka untuk membicarakan tentang monster yang disebut kehilangan kendali.
  4. Jangan terjatuh ke dalam perangkap "Saya masih orang tuamu". Ia memang masih orang tua Anda, tetapi ia tidak lagi memiliki hak untuk main perintah terhadap Anda, menyuruh-nyuruh Anda, atau menyiksa Anda secara emosional.
  5. Mungkin mereka kecewa karena hidup mereka tidak seperti yang mereka inginkan. Dengan memaki Anda, mereka sebenarnya sedang menghukum diri mereka sendiri. Doronglah mereka untuk membicarakan masa lampau mereka dan akuilah keberhasilan-keberhasilan mereka.
  6. Milikilah kebiasaan memakai kesabaran untuk membuat sumber penggerak kekejaman mereka kehabisan bahan bakar.
  7. Jika mereka berbuat kasar terhadap Anda secara fisik, atau menjadi kejam, segeralah mencari bantuan dari seorang ahli.
  8. Jika Anda diperlakukan kasar secara verbal, jangan bereaksi -- jadilah lebih tegar daripada makian tersebut dan biarkanlah hal itu berlalu.
  9. Jika Anda diperlakukan kasar secara emosional, segeralah mencari bantuan dari seorang ahli. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:

Judul asli buku : How to Care for Your Aging Parents and Still Have A Life of Your Own!
Judul bab : Handling A Demanding Parent
Judul asli artikel : Handling A Demanding Parent
Penulis : J. Michael Dolan
Penerbit : Mulholland Pacific, Los Angeles 1992
Halaman : 59 -- 62

Komentar