Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

BAB 8 Beberapa Pendekatan

Pembicaraan tentang profesi dokter beralih ke pembicaraan tentang seorang dokter yaitu dr. Lukas, lalu ke Injil Lukas. Anda dapat melanjutkan dengan pembicaraan tentang Injil, tentang Tuhan Yesus yang kisah kehidupanNya ditulis dalam Injil.


VIII.3 Metoda Ilmu Pengetahuan

Pembicaraan dimulai dengan berbincang-bincang tentang ilmu pengetahuan. Ini dapat anda lakukan jika anda terlibat dalam pembicaraan dengan seorang intelek. Berikut ini diberikan beberapa contoh.


VIII.3.1 Bumi adalah satu-satunya planet yang dapat dihuni

"Tahukah anda bahwa bumi merupakan satu-satunya planet yang didiami? Sekarang ini para ahli ilmu pengetahuan sedang menyelidiki kalau-kalau ada makhluk angkasa luar. Para ahli mengirimkan alat-alat pengindera jarak jauh untuk memonitor kegiatan di angkasa luar. Mereka mengirimkan alat-alat komunikasi ... dan hasilnya dikirimkan ke bumi untuk dianalisa."
"Saya yakin bahwa bumi adalah satu-satunya planet yang berpenghuni. Mengapa demikian? Karena saya memandang dari sudut pandang Alkitab. Alkitab mengatakan bahwa umat manusia berdosa. Dosa terjadi karena adanya setan-setan yang menjatuhkan sehingga berdosa ..."

Pada umumnya orang-orang mengetahui cerita tentang kejatuhan Adam dan Hawa.

"Setan-setan menjatuhkan manusia di bumi sedemikian hingga manusia tidak dapat kembali kepada Allah. Karena itu Allah lalu mengulurkan tanganNya, mengirimkan bagi manusia-manusia di bumi ini seorang Juru Selamat, namaNya Yesus. Yesus Kristus mati untuk menebus dosa manusia kira-kira dua ribu tahun yang lalu dan ini dituliskan dalam Alkitab. Andaikata planet lain juga berpenghuni, tentu setan-setan tidak puas hanya mengacau di planet bumi. Mereka akan ke planet lain dan mengacau di sana ... Dan dengan demikian, Yesus yang telah mati di bumi untuk menebus dosa manusia bumi, setelah bangkit harus pindah ke planet lain dan menebus dosa penghuni planet lain, sedangkan Alkitab berkata: Setelah bangkit, Ia naik ke sorga dan duduk di sebelah kanan Allah, menunggu musuh-musuhNya ditaklukkan di bawah kakiNya ...
Dari pernyataan firman Allah ini saya percaya bahwa bumi adalah satu-satunya planet berpenghuni ...."
"Oh, saya belum pernah memikirkan gabungan antara pernyataan ilmu pengetahuan dan pernyataan firman Tuhan seperti itu."

Hal itu dapat membawa orang itu kepada percakapan yang akan membawa orang itu kepada kelahiran baru.



VIII.3.2 Bila tubuh manusia dipadatkan

Benda-benda di alam ini tersusun dari molekul-molekul. Molekul terdiri dari sejumlah atom-atom yang tersusun dalam suatu ikatan kimia tertentu. Atom, yang merupakan bagian terkecil dari susunan suatu zat, terdiri dari inti atom berupa proton dan neutron serta sejumlah elektron yang bergerak mengelilinginya. Sifat perputaran elektron-elektron di sekitar inti atom ini analog dengan gerakan planet-planet mengelilingi matahari dalam sistem tata surya kita. Ada ruang kosong antara inti atom dan elektron-elektron di sekitarnya.

Secara jasmani, tubuh seorang manusia tersusun dari sejumlah besar sel-sel yang menyusun jaringan tubuh manusia. Sel sendiri tersusun dari molekul-molekul. Jika ruang antara inti atom dan elektron-elektron ini dapat dihilangkan atau dipadatkan, maka ukuran tubuh jasmani seorang manusia akan hanya tinggal satu sendok makan saja. Banyak ruang hampa dalam tubuh manusia!

Setelah menerangkan hal di atas, anda dapat melanjutkan:

"Tetapi Allah memandang manusia tidak dari segi manusia sebagai suatu materi atau suatu susunan zat yang membentuk sel-sel hidup yang membangun jaringan tubuh manusia, Ia menghargai ma nusia karena ada yang lebih berharga dalam diri manusia."

"Manusia sudah jatuh ke dalam dosa. Allah mengirimkan Yesus Kristus sebagai Juru Selamat kare na dalam pandangan Allah, manusia sangat berharga. Pernahkah anda mendengar tentang Yesus Kristus Sang Juru Selamat ini?"


VIII.4 Pendekatan dengan nama-nama

Dapat dipakai jika anda bertemu dengan orang-orang yang namanya berhubungan dengan kisah-kisah dalam Alkitab secara langsung atau tidak langsung. Contoh: Slamet, Rakhmat, Kurnia, Nugroho, Grace, Happy, David, Lidia, Jeremia, Daniel dsb.

"Hallo, perkenalkan nama saya ... (sebutkan nama anda)."
"Saya Lidia."

Gunakan kesempatan ini untuk memberitakan Injil.

"Oh, nama yang bagus. Anda tahu bahwa dalam Alkitab diceritakan tentang seorang wanita ber nama Lidia?"
"Coba ceritakan, saya belum tahu."
"Ia tinggal di kota Filipi, seorang penjual kain ungu yang terkenal. Pada zaman itu kain yang dipa kai oleh pembesar-pembesar, orang-orang kaya dan orang-orang terhormat. Lidia menjadi orang yang terkenal karena ada lagi yang istimewa dari Lidia ini, ia seorang yang percaya Yesus. Tahu kah anda siapa Yesus? Pernah mendengar tentang Yesus?"


VIII.5 Janji kuasa Allah

Dalam hal ini anda memulai pendekatan dengan menceritakan kesaksian tentang kuasa Allah yang berlaku bukan hanya pada waktu Yesus masih berada di bumi, tetapi kuasa itu masih dinyatakan sekarang. Misalkan anda bercerita tentang kesembuhan Illahi atau tentang mujizat. Anda dapat menceritakan pernyataan kuasa Allah yang anda alami atau yang anda lihat terjadi dalam diri teman anda, maupun yang anda baca dari buku-buku kesaksian. Ungkapkan bahwa janji kuasa Allah ini tetap berlaku sampai sekarang dan ajak orang itu untuk mengalaminya. Bagaimana caranya? Melalui kelahiran baru.


VIII.6 Pertanyaan langsung

- Apakah agama anda?
- Apakah di antara keluarga anda ada yang beragama Kristen?
- Apakah anda pernah mendengar tentang kelahiran baru?
- Apakah anda sudah menjadi orang Kristen?
- Pernahkah anda mendengar tentang empat hukum rohani?
Dari sini anda dapat menjelaskan kelahiran baru dari Yohanes 3.


Pertanyaan lain yang dapat anda ajukan misalnya: - Berapa lama anda menjadi orang Kristen?


Contoh percakapan:

"Oom, berapa lama anda sudah menjadi orang Kristen?"
"Oh, sudah 20 tahun."
"Sudah 20 tahun? Wah kalau dilihat dari waktu, seharusnya oom sudah menjadi seorang penga jar..."
"Ah, tentunya tidak semua orang mempunyai karunia mengajar ... Ada yang melayani di bidang bisnis, di bidang pendidikan...dll..."
"Oom, itu'kan tentang bidangnya, tetapi coba baca lihat Ibrani 5:12 ..."

Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu ma sih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari pernyataan Allah, dan kamu masih memerlukan su su, bukan makanan keras.

"Tahukan Oom, mengapa orang Kristen tidak berbuah? Penyebabnya adalah karena orang terse but belum dilahirkan baru. Maukah Oom mendengar tentang kelahiran baru?"

Setiap orang Kristen harus mempunyai ciri berbuah lebat. Jika tidak maka perlu dipertanyakan apa kah ia sudah lahir baru? Kalau ditimbang dari sudut waktu, setelah tiga tahun menjadi Kristen, se seorang seharusnya sudah matang dan reproduktif - menjadi berkat bagi orang lain.


VIII.7 Bila mendadak terjadi kecelakaan

Misalkan anda sedang berbincang-bincang dengan santai. Anda dapat mengajukan pertanyaan misalnya:

"Apakah yang terjadi jika sekarang ini tiba-tiba meledak sebuah bom? Ke mana anda 1detik se telah anda mati karena bom meledak?"
"Wah, saya tidak tahu ... Lalu kalau anda sendiri ikut mati juga, anda ke mana?"
"Oh, saya tahu ke mana saya saat itu. Saya sudah berada di sorga saat itu karena saya mempu nyai Yesus Kristus. Pernahkah anda mendengar tentang Yesus?"


VIII.8 Tentang penghakiman

Setiap orang pada dasarnya menyadari adanya pertanggungjawaban yang harus diberikannya setelah kematian. Anda dapat mengarahkan pembicaraan sehingga ia mulai berpikir tentang apa yang akan terjadi jika mati kelak. Sesuai dengan apa yang diketahuinya, anda boleh meneguhkan dengan ayat dari Alkitab, misalnya dalam Ibrani 9:27 dikatakan: ...Manusia... mati... satu kali... dan sesudah itu dihakimi.

"Tahukah anda siapa hakim yang akan menghakimi anda kelak?"

Orang itu mungkin tahu, mungkin tidak. Tetapi anda tetap dapat mengatakan: "Hakim itu adalah Yesus Kristus atau Isa. Alangkah bahagianya saya karena saya sudah kenal Ha kim itu sekarang. Maukah anda mengenal Hakim itu?"


VIII.9 Definisi orang Kristen (Roma 8:9)

Biasanya dipakai jika anda bertemu dengan seorang pemeluk agama Kristen dari denominasi manapun. Misalkan anda dapat mengarahkan pembicaraan sehingga sampai pada:

"Nah, begini...bukankah semua agama sama?"
"Memang semua agama sama."
"Lalu mengapa yang satu mengatakan agamanya lebih benar dari pada yang lain?"
"Sebenarnya semua agama itu sama, sama salahnya."
"Lalu bagaimana dengan agama Kristen?"
"Tahukah anda apakah yang disebut orang Kristen? Atau apa definisi orang Kristen?"
"Ya orang yang percaya Tuhan Yesus, orang yang sudah dibaptis dan setia ke gereja; lalu menurut anda, siapa yang disebut orang Kristen?"
"Coba buka Alkitab dan mari membaca dari Roma 8:9 ..."

Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.

"Siapa yang disebut 'orang Kristen'? Orang yang menjadi milik Kristus yaitu orang memiliki Roh Kristus. Kekristenan adalah masalah seseorang memiliki Roh Yesus. Jika seorang meng aku Kristen tetapi tidak memiliki Yesus maka ia bukan Kristen. Begitulah menurut Alkitab. An da sendiri sudah mempunyai Yesus atau belum?"

Dari sini anda dapat melanjutkannya dengan menerangkan bahwa Yesus harus ada dalam hati.


VIII.10 Nabi-nabi Allah

Sering kita jumpai orang yang mengaku beragama Islam. Pendekatan seperti ini sering membawa hasil yang sangat baik.

"Tahukah anda bahwa Allah mengasihi manusia? Ia berbicara kepada manusia deng an perantaraan nabi-nabiNya. Nabi-nabi ini masing-masing mempunyai tugas khusus. Nabi Musa diutus Allah untuk menurunkan Taurat yakni aturan-aturan Allah. Bila kita mau belajar aturan Allah, pergilah kepada Musa. Nabi Daud ditugaskan untuk menga jar manusia menyembah Allah dengan Zabur dan perkataan puji-pujian. Kalau kita hen dak belajar menyembah Allah dengan benar, belajarlah kepada nabi Daud.
Nabi Muhammad ditugaskan untuk mengajar manusia tentang akhlak. Ia berhasil meng ubah bangsa yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kalau mau belajar tentang perubahan akhlak, belajarlah kepada nabi Muhammad. Nabi Isa atau Yesus itu diutus Allah dengan tugas khusus menebus dosa manusia dan membayar penyakit manusia. Jadi untuk urusan dosa dan penyakit kita mau tidak mau harus pergi kepada Isa.
Bila kita sakit perut atau sakit kepala kita dapat pergi ke dokter umum. Untuk sakit jan tung misalnya, kita harus ke spesialis jantung. Untuk urusan dosa tak ada lain ahlinya a dalah Yesus.
Banyakkah dosa anda?"
"Ya tentu banyak!"
"Nah anda perlu pergi kepada Yesus untuk menyelesaikannya."


VIII.11 Pemuja Berhala / Orang Mati

Sukar sekali memberitakan Injil kepada para pemuja berhala atau dewa-dewa karena roh-roh itu akan memakai mulut orang tersebut untuk berbantah-bantah dengan anda. Pikiran mereka digelapkan sehingga berita yang anda sampaikan tertutup bagi mereka.

Bila salah satu anggota keluarga ada yang telah menerima Tuhan Yesus, ia dapat melakukan "perang gerilya", yakni dengan minyak urapan kudus, ia dapat mentahirkan patung-patung/meja sembahyang pujaan di rumah itu. Selama minyak itu ada atas berhala-berhala itu, roh-roh itu akan meninggalkan rumah itu dan penghuninya sementara waktu. Ini memberi kesempatan untuk seluruh keluarga itu dapat mengerti berita Injil yang anda beritakan.

Komentar