Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

Editorial

Memandang Berkat Tuhan dengan Benar

Edisi C3I: e-Konsel 408 - Memandang Berkat Tuhan dengan Benar

Salam konseling,

Disadari atau tidak, saat berdoa, kita cenderung berkata, "Tuhan, berkatilah pekerjaan kami; Tuhan, berkatilah kehidupan kami; Tuhan, berkatilah pelayanan dan gereja kami." Kata "berkat" itu seolah menjadi hal yang sangat penting ketika diucapkan dalam kegiatan yang bersifat rohani meski dalam kata-kata religius tersebut, berkat yang kita pikirkan adalah berkat yang bersifat materi. Jika tidak berhati-hati dan memandang berkat Tuhan dalam cara pandang yang benar, banyak masalah yang dapat kita alami karena hal ini. ... baca selengkapnya »

Pencobaan di Tengah Kejayaan

Edisi C3I: e-Konsel 407 - Pencobaan di Tengah Kejayaan

Salam konseling,

Banyak orang berpikir bahwa ketika kita sudah jaya dalam hal materi dan status sosial, beberapa masalah dalam hidup ini pun akan berkurang. Tidak ada yang perlu terlalu kita takutkan karena kebutuhan hidup ini pun dapat tercukupi, dan kita akan memiliki banyak teman yang siap sedia untuk menolong kita. Padahal, kenyataannya, ada cukup banyak masalah dalam masa kejayaan seseorang jika orang tersebut tidak berhati-hati dalam menjaga hati dan dirinya. ... baca selengkapnya »

Paskah

Edisi C3I: e-Konsel 406 - Paskah

Salam konseling,

Saat ini, kita memasuki masa-masa persiapan untuk merayakan kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. Apa saja yang dapat kita lakukan sebagai persiapan hati untuk memaknai dengan benar dua peristiwa agung tersebut? Salah satunya dengan menyediakan waktu untuk membaca firman Tuhan seputar kematian dan kebangkitan Kristus. Kita juga dapat membaca renungan-renungan Alkitab, seperti yang kami sajikan dalam edisi ini. ... baca selengkapnya »

Integritas Orang Percaya

Edisi C3I: e-Konsel 404 - Integritas Orang Percaya

Salam konseling,

Selamat Tahun Baru 2018! Apa saja resolusi tahun baru Anda? Apakah menjadi orang yang lebih berintegritas termasuk salah satu di antaranya? Jika ya, seluruh sajian dalam edisi perdana e-Konsel 2018 ini dapat menolong Anda untuk membangun sikap integritas di atas fondasi yang benar, yaitu firman Tuhan. Melalui firman Tuhan, kita dapat melihat ... baca selengkapnya »

Natal: Allah Beserta Kita

Edisi C3I: e-Konsel 403 - Natal: Allah Beserta Kita

Salam konseling,

Dalam dunia yang kian dipengaruhi oleh budaya konsumerisme dan hedonisme, Natal sering kali menjadi momen untuk memuaskan keinginan atau kegiatan akhir tahun untuk bersenang-senang semata. Ada banyak diskon serta agenda dari pusat-pusat perbelanjaan atau katalog belanja untuk mendukung hal tersebut. Dan, karena film-film serta acara-acara televisi juga menayangkan semangat Natal dengan nada sama, kita pun semakin larut dalam hiruk-pikuk perayaan Natal. Kebaktian dan acara perayaan Natal gereja juga kian menjadi semacam seremonial belaka, tanpa mengajak jemaat untuk berpikir lebih kritis mengenai apa arti kehadiran Kristus bagi dunia. ... baca selengkapnya »

Menghadapi Remaja Pemberontak

Edisi C3I: edisi - 402 Menghadapi Remaja Pemberontak

Salam konseling,

Memiliki anak remaja, terutama yang cenderung memberontak, merupakan pergumulan tersendiri bagi setiap orangtua. Di satu sisi, anak remaja ini sedang dalam proses pencarian jati dirinya, tetapi di sisi lain, perilaku yang sulit dikendalikan dan kecenderungan untuk mengabaikan orangtua adalah sesuatu yang tidak ingin dihadapi oleh orangtua mana pun. Pada zaman ini, ketika perkembangan teknologi informasi kian deras dan nilai-nilai moral serta etika menjadi semakin bersifat relatif, tantangan yang dihadapi oleh orangtua pun kian berat untuk mendidik anak remaja. Lalu, apa yang harus kita lakukan jika kita berada dalam posisi sebagai orangtua dari remaja pemberontak? ... baca selengkapnya »

Pelayanan kepada Jiwa yang Hancur

Mengatasi Kelelahan Psikis

Edisi C3I: e-Konsel 399 - Mengatasi Kelelahan Psikis

Salam konseling,

Kelelahan psikis, kewalahan, dan burnout. Siapa yang tidak akrab dengan kata-kata tersebut? Kita semua, pada satu titik dalam hidup ini, pernah mengalaminya meski mungkin dalam tingkatan yang berbeda. Kelelahan atau kewalahan secara psikis ini bisa disebabkan oleh faktor internal (dari diri sendiri) atau faktor eksternal (dari luar/lingkungan/orang lain). Ketika mengalaminya, sudah pasti sukacita dan damai sejahtera yang dari Tuhan sulit untuk tinggal dalam hati dan pikiran kita. Yang ada hanyalah perasaan kering, kosong, lelah, bahkan tak jarang meningkat menjadi perasaan putus asa. Jika kita tidak mengatasinya secara tepat dalam terang firman Tuhan, perasaan stres dan depresi pelan-pelan akan mengambil alih, dan dengan cepat memengaruhi relasi dan aspek-aspek kehidupan kita yang lain. ... baca selengkapnya »

Konseling untuk Korban Tindak Kekerasan Seksual

Komentar


Syndicate content