Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Pendahuluan

PENDAHULUAN

Buku ini merupakan kumpulan naskah yang sebagian besar pernah dimuat di dalam majalah "Immanuel" yang diterbitkan oleh Indonesian Evangelical Church of Fresno. Juga terdapat naskah-naskah yang pernah dipakai sebagai bahan diskusi dalam pelbagai retreat mahasiswa Indonesia dan youth camp di California.

Buku ini diberi judul "MENJAWAB PERTANYAAN-PERTANYAAN KONTEMPORER", sebab penulis berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sedang digumuli oleh umat Kristen pada masa kini. Walaupun buku ini tidak mencakup keseluruhan pertanyaan tentang iman Kristiani, tetapi ia cukup relevan untuk mencerminkan problema-problema yang terkandung di antara mahasiswa-mahasiswa Indonesia.

Buku ini dibagi menjadi lima bagian:

Bagian pertama membahas DOKTRIN DAN TEOLOGI. Sebagian besar dari bagian ini merupakan bahan kuliah tatkala penulis menggajar di CWC (Christian Witness Center) di Missouri.

Hal mempelajari doktrin dan teologi Kristen bukan monopoli para pendeta, setiap orang Kristen yang disebut kaum awam pun hendaknya sanggup membaca dan memahami perkembangan teologi Kristiani.

Bagian kedua membahas pribadi YESUS KRISTUS. Banyak skeptisme, bidat atau ajaran sesat yang bermunculan, karena mereka mempunyai interpretasi yang salah terhadap pribadi Kristus. Sebab itu, bagian ini sangat penting untuk lebih mengenal siapakah Kristus Yesus itu dan mengapa Ia datang ke dalam dunia ini.

Bagian ketiga berisi tentang GEREJA DAN PELAYANAN. Konsep tentang gereja merupakan hal yang hakiki dalam sejarah agama Kristen. Namun masih banyak ajaran yang simpang-siur sehingga mengaburkan pandangan orang Kristen. Dengan demikian kita wajib menyelidiki secara seksama doktrin gereja yang terdapat di dalam Perjanjian Baru.

Bagian keempat memuat PEMBAHASAN ALKITAB, yang merupakan otoritas tertinggi dalam kehidupan dan pelayanan orang Kristen. Kita wajib membaca, menyelidiki, dan memberitakan kebenaran yang terkandung dalam Alkitab. Kita harus menerima semua kebenaran Alkitab dengan iman. Jangan karena kesukaran-kesukaran yang kita hadapi dalam mempelajari Alkitab, kita menjadi bimbang terhadap otoritasnya dan berusaha mengubah inti beritanya.

Bagian kelima mengulas KEHIDUPAN ORANG KRISTEN. Banyak kasus dalam masyarakat yang membingungkan umat Kristen, misalnya tentang seks, perceraian, standar moral, dan lain-lain. Di antara seribu satu pertanyaan yang pernah diajukan, telah kami coba untuk menjawab beberapa di antaranya yang kami anggap penting.

Dalam kesempatan ini Penulis juga menaikkan puji syukur kepada Tuhan yang telah memanggil penulis terjun dalam pelayanan-Nya selama 20 tahun, di mana berkat-Nya sering mengalir melalui hamba-Nya yang lemah ini untuk menjadi berkat bagi orang lain. Penulis juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pdt. Phebe Purnomo, yang sudah menjadi teman hidup dan rekan kerja selama 21 tahun. Ia telah mendorong penulis sehingga buku ini dapat diterbitkan.

Rasul Petrus pada masa tuanya menasihati umat Kristen agar "sungguh-sungguh berusaha" untuk menuntut kemajuan rohani. Ia mengatakan: ".... untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan dan kepada kebajikan PENGETAHUAN, ...." (2Petrus 1:5-7*). Semoga buku ini dapat membantu para pembaca di dalam proses peningkatan kemajuan rohani masing-masing.

BIBLIOGRAFI : Pan Purnono, David. 1994. Menjawab Pertanyaan-pertanyaan Kontemporer. Malang: Seminari Alkitab Asia Tenggara.

DESKRIPSI :

Buku berjudul "Menjawab Pertanyaan-pertanyaan Kontemporer` ini merupakan kumpulan naskah yang sebagian besar pernah dimuat di dalam majalah "Immanuel" yang diterbitkan oleh Indonesian Evangelical Churh of Fresno. Buku ini berusaha menjawab pertanyaan- pertanyaan yang sedang digumuli oleh umat Kristen pada masa kini. Walaupun buku ini tidak mencakup keseluruhan pertanyaan tentang iman Kristen, tetapi cukup relevan untuk mencerminkan problema-problema yang terkandung di antara mahasiswa-mahasiswa Indonesia.


Komentar