Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Siapa Dan Bagaimana Seharusnya Seorang Konselor

Edisi C3I: Edisi 328 - Motivasi Konselor

Pada dasarnya, siapa saja bisa menjadi konselor. Namun, untuk menjadi konselor alkitabiah yang berdedikasi tinggi dan menjadi berkat bagi konseli, Anda tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Lalu, hal- hal apa yang harus dimiliki seseorang sebelum menjadi konselor yang benar? Berikut pendapat dari Sahabat e-Konsel beberapa waktu yang lalu.

e-Konsel: Menurut Anda, siapakah yang bisa menjadi konselor dan apa saja kriteria yang harus dimiliki seorang konselor?

Komentar:

Regar Arnold: Mereka yang memakai hati dan telinga untuk mendengar. Terima kasih.

e-Konsel: Seberapa besar faktor pendidikan mendukung kemampuan seseorang untuk menjadi konselor, Regar Arnold?

Twinny Singal: Buat saya pribadi, kriteria yang baik bagi seorang konselor, salah satunya ialah dia pernah memiliki pengalaman "mengalami" dan tentunya pernah berhasil dalam "mengalami" pengalaman tersebut. Dia dapat memberikan langkah-langkah kemajuan/peningkatan (improvement) secara signifikan dan bijaksana terhadap konseli. Plus, didukung dengan latar belakang pendidikan yang sesuai dan memadai, ditambah dengan kematangan dari sisi kerohanian, maka hasil konseling diharapkan mencapai sasaran (ke arah perbaikan positif) yang diinginkan oleh pihak konseli maupun dari pihak konselor juga.

e-Konsel: Betul, yang diharapkan dari seorang konselor profesional ya seperti itu ya, Twinny Kim. Namun, bisakah kita mendidik konselor awam untuk menjadi konselor seperti itu?

Twinny Singal: Menurut saya, sebelum dididik, calon konselor awam harus dites dulu kesiapan mentalnya untuk bisa menjadi konselor yang baik. Apakah dia siap untuk menggunakan hati dan telinga untuk "mendengar" seperti yang disampaikan oleh saudara Regar Arnold. Dibutuhkan mental kesabaran dan mau dididik untuk menjadi konselor yang profesional.

e-Konsel: Tepat. Untuk itu, ini menjadi PR untuk gereja-gereja dan kita semua untuk mendidik jemaat, agar dapat menolong orang lain dengan menjadi konselor kristiani yang benar ya, Twinny Kim. Terima kasih untuk komentar Anda.

Bagaimana menurut Anda? Mari sampaikan pendapat Anda di link berikut ini < http://www.facebook.com/sabdakonsel/ >.

Komentar