Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Buat Catatan Harian Adven

O datanglah, Immanuel,
Tebus umatmu Israel
Yang dalam berkeluh kesah,
Menantikan Penolongnya,
Bersoraklah, hai Israel,
Menyambut sang Imanuel!

(Kidung Jemaat 81:1)

Catatan harian Adven adalah cara yang sangat baik untuk merekam perenungan, harapan, dan doa-doa Anda sepanjang masa Adven.

  • Mungkin Anda ingin memunyai catatan harian dari tahun ke tahun dengan hanya menulis sedikit setiap masa Adven.

  • Mungkin Anda ingin memunyai catatan harian hanya untuk satu tahun saja. Anda bisa menambah catatan untuk masa perayaan Natal dan Epifania untuk mendapatkan sudut pandang yang utuh sepanjang masa Natal.

  • Mungkin Anda ingin membuat catatan harian Adven keluarga dengan mengajak tiap anggota keluarga mengisinya.

  • Mungkin Anda ingin menghiasi catatan harian Anda dengan potongan dari kartu-kartu Natal kesayangan Anda.

  • Mungkin Anda ingin mengajak tiap anak Anda untuk membuat catatan harian Natal. Doronglah anak Anda untuk mencatat kenangan favorit mereka, daftar doa Natal mereka, bahkan mungkin surat untuk Bayi Yesus.

  • Mungkin Anda ingin menyisipkan benda pengingat dari musim Natal dalam catatan harian Adven Anda -- setangkai daun holly kering, daftar acara kejadian istimewa, foto, atau lukisan Natal dan lukisan musim dingin.

Pribadi Jaga agar catatan harian Anda bersifat pribadi. Jadikan ini sebagai cara bagi Anda untuk menyatakan diri dengan cara yang pribadi dan akrab. Gunakan catatan harian Anda sebagai cara merekam:

  • hasil perenungan Anda pada kisah-kisah Natal dan masa Adven;
  • kerinduan dan keinginan spiritual Anda;
  • harapan dan penantian Anda tentang apa yang akan dilakukan Kristus dalam dan melalui hidup Anda; dan
  • perenungan Anda akan simbol-simbol musim Natal ini.

Berpusat pada Kristus

Jaga agar catatan harian Anda berpusat pada Kristus. Mungkin Anda merasa kurang setuju dengan materialisme dan komersialisme di sekeliling Anda. Mungkin Anda merasa kesepian dan kecewa pada impian dan harapan yang tidak terpenuhi, atau mungkin Anda merasa agak sedih saat mengalami hari-hari kelabu yang dingin. Nyatakan perasaan Anda dengan memikirkan apa maksud Kristus bagi Anda dalam perasaan seperti itu. Apa artinya bagi Yesus untuk lahir di tengah kandang kesunyian Anda? Apa artinya bagi Yesus untuk hadir di tengah kesibukan Natal Anda yang tidak terkendali?

Catatan Anda dalam catatan harian Adven tidak perlu panjang. Mungkin hanya beberapa kata. Catatan Anda tidak perlu seperti prosa atau puisi kelas wahid. Yang penting itu adalah pernyataan yang tulus dari hati Anda. Sebenarnya memang Adven adalah masa untuk membiarkan hati Anda merasakan debar jantung Tuhan.

Sumber
Halaman: 
19 -- 21
Judul Artikel: 
The Magic of Christmas Miracle
Penerbit: 
Interaksara, Batam 1999

Komentar