Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

Tips

Tips

Tips

Tips

Tip-Tip Alkitabiah tentang Anugerah bagi Pertumbuhan Iman Kristen Konseli

Pujian dan Penyembahan

Panggilan yang jujur tetapi sangat agung, "Mari kita menyembah Allah", kemungkinan merupakan sebuah bentuk pertolongan yang paling kurang dimanfaatkan dalam membantu orang-orang yang mengalami gangguan jiwa meskipun Alkitab sangat jelas mengungkapkan manfaat penyembahan bagi kesehatan jiwa kita. Kitab Mazmur memberikan bukti yang mengesankan bahwa datang ke rumah Tuhan mendatangkan keajaiban untuk mengubah gangguan jiwa menjadi mental yang stabil (Mazmur 42:5). Sebagai contoh, kitab Daniel mengingatkan kita bahwa Raja Nebukadnezar, setidaknya, menderita gangguan jiwa karena kesombongannya yang luar biasa sampai-sampai tidak menghormati kemuliaan Allah (Daniel 4:28-33). Apa obatnya? Raja itu bersaksi (Mazmur 4:34), "Kepada pemimpin pujian: Dengan kecapi. Nyanyian Daud. Jawablah ketika aku memanggil, ya Allah kebenaranku! Engkau telah melegakan kesesakanku. Kasihanilah dan dengarlah doaku". Ini bukan episode terpisah karena Asaf dalam Mazmur 73:16-17 bersaksi, "Ketika aku berpikir-pikir untuk mengetahui ini, hal ini sulit di mataku. Hingga aku masuk ke tempat kudus Allah, kemudian aku mengerti kesudahan mereka". Bagaimana hal itu menekannya? Dia menjawab dalam Mazmur 73:21-22, "Ketika hatiku berduka, dan buah pinggangku tertusuk-tusuk, aku bodoh dan tidak tahu, seperti binatang di hadapan-Mu". Penyembuhan untuk tekanan mental ini adalah datang ke rumah Tuhan untuk belajar dari Allah (Mazmur 73:23-28). ... baca selengkapnya »

Cara Merayakan Paskah Bersama Keluarga

Pembimbingan adalah Pekerjaan Roh Kudus

Edisi C3I: e-Konsel 016 - Peranan Roh Kudus dalam Konseling

Pembimbingan yang efektif tidak dapat dilakukan tanpa pimpinan-Nya. Dia disebut paraclete (pendamping) yang menggantikan Kristus bagi murid-murid-Nya. Pembimbing-pembimbing yang belum selamat tidak mengenal Roh Kudus. Mereka mengabaikan kegiatan bimbingan-Nya sehingga gagal memperoleh pimpinan dan kuasa yang mereka butuhkan. ... baca selengkapnya »

Membangun Hidup Anak Muda dalam Tantangan Generasi Abad ke-21

Edisi C3I: e-Konsel 415 - Konseling Kristen Abad ke-21

Kehidupan anak muda zaman sekarang sering kali identik dengan segala sesuatu yang instan, semua serba cepat dan ringkas, sehingga mereka cenderung memiliki daya juang yang lemah. Fenomena yang kita lihat dalam kehidupan anak muda masa kini memang mengkhawatirkan karena justru pesan utama dari kehidupan kekristenan dalam mengikut Kristus adalah menyangkal diri dan memikul salib. ... baca selengkapnya »

Berpeganglah dengan Erat Ketika Remaja Anda Memberontak

Edisi C3I: edisi - 402 Menghadapi Remaja Pemberontak

Mimpi terburuk dari banyak orangtua adalah memiliki pemberontak -- seorang anak yang memilih sendiri jalan hidupnya yang rusak, mengabaikan segala sesuatu yang sudah diajarkan kepadanya, menolak untuk mematuhi aturan apa pun, dan menyebabkan kekacauan dalam kehidupan yang dia sentuh. Ketakutan tersebut begitu besar sehingga beberapa orangtua stres dengan segala yang terjadi pada usia remaja, menganggap perilaku yang bahkan normal sebagai tanda yang pasti bahwa anak-anak mereka menuju ke tepi tebing. ... baca selengkapnya »

MEMBIMBING REMAJA

1. Prinsip-Prinsip Umum ... baca selengkapnya »

Apakah Anak Anda Dibully? Inilah 9 Langkah yang Bisa Anda Lakukan sebagai Orangtua

Seperti yang kita semua tahu dengan sangat baik, sebutan yang bersifat mengejek, ejekan kejam, gangguan lewat media internet, dan gangguan secara fisik terjadi setiap hari terhadap anak-anak di seluruh negeri. Ketika anak Anda sedang diganggu, sulit untuk berkonsentrasi pada hal lain —- yang Anda ingin lakukan hanyalah segera menghentikannya. Janet Lehman, MSW menjelaskan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak —- dan apa yang bisa menyakiti mereka dalam jangka panjang.

Pelajaran bagi putra kami adalah bahwa meskipun ia tidak dapat menghentikan orang untuk mengatakan hal-hal yang buruk, ia memiliki beberapa kontrol atas bagaimana caranya menanggapi hal itu. ... baca selengkapnya »

Cara Membantu Mengembangkan Keterampilan Sosial dan Komunikasi

Edisi C3I: e-Konsel 394 - Mengembangkan Keterampilan Sosial

Ada begitu banyak hal yang bisa dicantumkan dalam daftar keterampilan penting yang perlu kita kembangkan untuk membangun atau membuat sebuah hubungan. Saya telah melakukan konseling lebih dari 10 tahun, dan semua kata bijaksana yang seharusnya saya ucapkan sejak hari itu tidak terlalu berarti dibandingkan dengan keuntungan yang dihasilkan dari satu keterampilan ini dalam konseling dan dalam hubungan-hubungan pribadi saya. Keterampilan sosial apa yang paling penting? Ini dia: seni mendengarkan. ... baca selengkapnya »

Tips dan Doa untuk Mengatasi Rasa Kesepian di Masa Natal

Natal dan Tahun Baru adalah suatu masa ketika rasa kesepian, depresi dan kesedihan dapat tertancap kuat dalam kehidupan orang-orang Kristen

Sendirian di hari Natal

Sendirian di saat Natal serta perasaan sedih dapat menguasai kehidupan dari orang-orang Kristen.

Kita tahu dari firman Allah bahwa kita tidak harus merasa seperti ini. Akan tetapi, kita adalah manusia dan hal itu dapat dan akan terjadi jika kita tidak mengambil langkah yang diperlukan untuk menjaga hati dan pikiran kita. ... baca selengkapnya »

Mengatasi Stress di Tempat Kerja

Dengarkan audio artikel: ... baca selengkapnya »

Komentar


Syndicate content